ANALISIS FRAMING KOMODIFIKASI KEMISKINAN DALAM KONTEN VIDEO PADA AKUN @Baimpaula

Authors

  • Endah Purwitasari Akademi Komunikasi Media Radio & Televisi Jakarta
  • Muhammad Althaf Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
  • Choirul Umam Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma

Keywords:

Framing, @Baimpaula, Keprihatinan, Youtube, Konten

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana analisis framing (pembingkaian) pada konten video dalam media sosial youtube pada akun @Baimpaula. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan model teori dari Robert N. Entman, dimana pada metode ini menggunakan 4 (empat) teknik pembingkaian yaitu define problem, diagnose causes, make moral judgement dan treatment recomendation. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konstruksi realitas sosial. Hasil penelitian yang didapatkan berdasarkan analisis peneliti dan wawancara dengan ahli adalah Baim Wong sebagai pemilik konten dan akun youtube @Baimpaula melakukan pembingkaian pada kedua scene yang ditampilkan dengan mengangkat pedagang yang sedang kesusahan dalam menjajakan dagangannya di masa pandemi covid-19. Keadaan tersebut dibuat dramatis, sehingga menimbulkan simpati dan empati dari penonton video tersebut. Hal ini termasuk ke dalam setiap elemen dari framing yang digunakan. Dimana semua diatur sedemikian jelas oleh pembuat konten untuk menampilkan nilai keprihatinan yang akan menggugah rasa iba bagi yang menonton. Berdasarkan teori konstruksi realitas sosial, kedua scene merupakan hasil ciptaan pembuat konten yang memasukan nilai kreativitas melalui kekuatan konstruksi sosial disekelilingnya, dimana hal ini tentunya banyak ditemukan disekitar kita ketika pandemi covid-19 melanda dan berdampak pada perekonomian khususnya pada subjek yang ada di dalam konten video yang dibuat oleh akun youtube @Baimpaula.

References

Apriani, Vina, dkk. (2021). Konstruksi Realitas Sosial dan Makna Diri Penyintas Covid-19 di Jakarta. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, Volume 20, No.1 Juni 2021, Hal: 81-96. Doi: https://doi.org/10.32509/wacana.v20i1.1395

Ariska, Yogi, dkk. (2021). Komodifikasi ODGJ pada Kanal Youtube dalam Perspektif Ekonomi Politik di Media Baru. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 8, No.1 April 2021

Dharma, Ferry Adhi. (2018). Konstruksi Realitas Sosial: Pemikiran Peter L. Berger Tentang Kenyataan Sosial. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 7, Issue 1. Doi: 10.21070/kanal.v%vi%i.3024

Faiqah, Fatty, dkk. (2016). Youtube Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Komunitas Makassarvidgram. Jurnal Komunikasi KAREBA, Vol.5 No. 2 Juli-Desember 2016

Hanana, Alna, dkk. (2020). Transformasi Media Youtube dan Televisi (Analisis Fungsi dan Konsumsi Media Youtube dan Televisi di Kota Padang). Jurnal Ranah Komunikasi, Vol. 4, No. 2

https://kbbi.kemdikbud.go.id/ di akses pada 10 Agustus 2022

McQuail, Denis. (2011). Teori Komunikasi Massa McQuail, Edisi 6. Jakarta: Salemba Humanika.

Putra, Dio. (2021). Analisis Framing Pemberitaan Hoaks Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 Pada Portal Berita Media Online. Diakom: Jurnal Media dan Komunikasi, Vol. 4 No.2, Desember 2021: Hal. 139-150. Doi : 10.17933/diakom.v4i2.249

Surahman, Sigit, dkk. (2019). Komodifikasi Konten, Khalayak, dan Pekerja pada Akun Instagram @salman_al_jugjawy. Nyimak Journal of Communication, Vol.3, No.1, Maret 2019, Hal: 15-29

Utami, Atika Budhi dan Assagaf, Aviska Ahmad. (2020). Kemiskinan dalam Tayangan TV Indonesia. Jurnal Konvergensi, Vol. 2, No.1 (Februari 2020), Hal: 80-161.

Wijaya, Claudia Theresia, dkk. (2021). Representasi Ayah dalam Pengasuhan Anak di Reality Show “The Return of Superman”. CALATHU: Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 3, No. 2 September 2021, Hal: 121-133.

Downloads

Published

2022-09-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

ANALISIS FRAMING KOMODIFIKASI KEMISKINAN DALAM KONTEN VIDEO PADA AKUN @Baimpaula. (2022). Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(2), 27-38. https://jurnal.akmrtv.ac.id/jk/article/view/301