SPIRAL OF SILENCE PADA KASUS PELECEHAN SEKSUAL DI MEDIA SOSIAL TWITTER

Authors

  • M Ravii Marwan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma

Keywords:

Opini Publik, Pelecehan seksual, Sosial media, Spiral of Silence, Twitter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana opini publik terhadap kasus pelecehan seksual disampaikan di media sosial Twitter. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, untuk memaparkan situasi yang terjadi dilapangan dengan lebih spesifik, transparan, dan mendalam. Hasil penelitian bagian ini memuat data (dalam bentuk ringkas), analisis data dan interpretasi terhadap hasil. Teori yang dipakai yaitu Teori Spiral of Silence. Banyak perempuan korban kekerasan menjadi korban yang pelakunya memiliki relasi kuasa dan status sosial yang lebih tinggi yang membuat mereka takut untuk melaporkan kasusnya, misalnya kekerasan terhadap perempuan. Dibutuhkan kekuatan luar biasa dan waktu bagi korban mengatasi traumanya, sehingga penting bagi orang disekitarnya untuk memberikan dukungan penuh bagi korban, termasuk menawarkan bantuan konsultasi psikologi ke profesional untuk mengatasi traumanya.

References

Hendra, Y. (2019). Spiral of Silence Theory Versus Perkembangan Masyarakat suatu Penjelasan dan Kritik Teori. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 5(2), 106-117.

Fibafitriani, (2011). Spiral of Silence Theory.

Thorvy, Mohammad, Nurcahyo, Ari, (2017). Perkembangan Teori Spiral Keheningan Dalam media Sosial.

Oktafasari, I. A. (2016). Opini Publik di Media Sosial Twitter (Studi Deskriptif Kualitatif Opini Publik Tentang Kekerasan Pada Anak di Media Sosial Twitter).

Oktaviani, R., & Azeharie, S. S. (2020). Penyingkapan Diri Perempuan Penyintas Kekerasan Seksual. Koneksi, 4(1), 98-105.

West & Turner. 2014. Buku 2, Pengantar Teori Komunikasi, Analisis dan Aplikasi. Catahu Komnas Perempuan 2014

http://hidupnyaanakkomunikasi.blogspot.com/2015/03/kebungkaman-korban-kekerasan-seksual.html

https://kumparan.com/media-publica/perkembangan-teori-spiral-keheningan-dalam-media-sosial/full

http://etheses.uin-malang.ac.id/1812/8/09410100_Bab_5.pdf http://hidupnyaanakkomunikasi.blogspot.com/2015/03/kebungkaman-korban-kekerasan-seksual.html

Downloads

Published

2022-09-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

SPIRAL OF SILENCE PADA KASUS PELECEHAN SEKSUAL DI MEDIA SOSIAL TWITTER. (2022). Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(2), 39-48. https://jurnal.akmrtv.ac.id/jk/article/view/302