PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DALAM INTERAKSI KOMUNIKASI JUAL BELI DI PASAR TRADISIONAL GEGERKALONG, BANDUNG

Authors

  • Mochamad Whilky Rizkyanfi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Andini Kurnia Fitriana Universitas Gunadarma

Keywords:

bilingualisme, interaksi komunikasi, jual beli, pasar tradisional

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pola interaksi komunikasi jual beli yang menarik di pasar tradisional Gegerkalong, Bandung. Latar belakang suku dan bahasa daerah yang berbeda menyebabkan penjual dan pembeli harus menyesuaikan serta memilih bahasa bergantung lawan tutur yang dihadapinya. Adanya pemilihan bahasa antara penjual dan pembeli di pasar tersebut mengakibatkan proses komunikasi menjadi lebih lancar, terutama dalam proses tawar-menawar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk menjelaskan secara detail penggunaan bahasa serta pengaruhnya terhadap proses interaksi jual beli. Data didapatkan dengan wawancara kepada beberapa pedagang dan pembeli. Hasil yang didapatkan adalah bahwa pemilihan bahasa memiliki sedikit pengaruh pada proses transaksi jual beli. Sebagian pedagang menganggap bahwa penggunaan bahasa tidak banyak memberikan pengaruh terhadap harga yang diberikan, tetapi pada kemampuan pembeli dalam bernegosiasi. Namun, sebagian pedagang dan pembeli menganggap bahwa pemilihan bahasa dianggap dapat memengaruhi pada transaksi jual beli karena dianggap lebih dekat secara psikologis. Secara keseluruhan, bahasa yang dipilih oleh penjual saat interaksi dengan pembeli yang satu daerah lebih banyak menggunakan bahasa Sunda, tetapi ketika berinteraksi dengan pembeli di luar daerah ataupun pembeli dari golongan muda, bahasa yang digunakannya adalah bahasa Indonesia.

References

Alwasilah, Chaedar. (1986). Sosiologi Bahasa. Bandung: Angkasa.

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. (2014). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Effendy, Onong Uchjana. 2004. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Effendy, Onong Uchjana. 2005. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ernawati, N. (2018). Fungsi Variasi Bahasa Dalam Interaksi Jual Di Pasar Bima (Kajian Sosiolinguistik) (Doctoral dissertation, Pascasarjana).

Fata, Zayinul. (2010). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pendapatan Pedagang Batik (Studi Kasus di Pasar Klewer, Solo, Jawa Tengah). Tesis Jurusan Ekonomi Pembangunan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Geertz, Clifford. (1992). Penjaja dan Raja: Perubahan Sosial dan Modernisasi Ekonomi di Dua Kota di Indonesia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Hasbullah, M. (2020). Hubungan Bahasa, Semiotika dan Pikiran dalam Berkomunikasi. Al-Irfan: Journal of Arabic Literature and Islamic Studies, 3(1), 106—124.

Herman, H. (2013). Alih Kode Bahasa dalam Interaksi Jual Beli di Pasar Inpres Manonda Kota Palu. Bahasa Dan Sastra, 2(2).

Holmes, J. 2001. An Introduction to Sociolinguistics (edisi kedua). New York: Longman.

Ismari. 1995. Percakapan. Surabaya: Airlangga University Press.

Kartikasari, R. D. (2019). Penggunaan Bilingualisme Pada Masyarakat yang Berwirausaha. Pena Literasi, 2(1), 47-54.

Keraf, Gorys. (1980). Tata Bahasa Indonesia. Jakarta: Nusantara.

Nababan, P.W.J. (1991). Sosiolinguistik Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Nusantari, S. S. Dwibahasa dalam Perkembangan Ilmu Pengetahuan.

Robbins, Stephen. (2003). Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi. Jakarta: Erlangga. Sahril, N. F. N. (2018). Pergeseran Bahasa Daerah Pada Anak-Anak di Kuala

Tanjung Sumatra Utara. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 7(2), 210-228. Sutarso, J. (2017). Pola Komunikasi Pedagang dan Pembeli di Pasar Tradisional:

Perspektif Jender di Pasar Sidodadi Kleco Surakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna, 13(1), 1-12.

Swastha, Basu. (1996). Azas-Azas Marketing. Edisi 3. Liberty: Yogyakarta.

Wibowo, R. P. (2015). Pola-Pola Komunikasi Antara Penjual dan Pembeli di Pasar Kalipait Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi (Suatu Tinjauan Etnografi Komunikasi).

Wibowo, Wahyu. (2001). Manajemen Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2022-09-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DALAM INTERAKSI KOMUNIKASI JUAL BELI DI PASAR TRADISIONAL GEGERKALONG, BANDUNG. (2022). Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(2), 60-69. https://jurnal.akmrtv.ac.id/jk/article/view/304