PERAN KOMUNIKASI INTERNAL DAN EKSTERNAL PADA ORGANISASI DEDIKASI UNTUK NEGERI
Keywords:
Komunikasi, Organisasi, Komunikasi Internal, Komunikasi Eksternal, Dedikasi untuk NegeriAbstract
Persoalan yang hendak dikaji dalam penelitian ilmiah ini adalah bagaimana cara komunikasi organisasi yang dilakukan antar anggota organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara komunikasiorganisasiyang dilakukan antaranggota,untuk memahamibagaimana proseskomunikasi organisasi berlangsung, dengan internal maupun eksternal organisasi, media yang digunakan untuk menjalin komunikasi organisasi, hambatan atau konflik yang terjadi pada suatu organisasi di dalam organisasi Dedikasi Untuk Negeri Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk memahami suatu fenomena secara alami, yang berguna untuk memberikan fakta dan data mengenai proses komunikasi organisasi baik secara internal dan eksternal. Kemudian dianalisis dengan menggunakan teori budaya organisasi, sehingga akan diperoleh data. Proses komunikasi yang terlibat pada organisasi ini adalah komunikasi eksternal dan internal. Organisasi ini juga menggunakan pola komunikasi secara langsung dengan bertatap muka pada saat kegiatan formal maupun non formal. Maupun komunikasi secara tidak langsung yang dilakukan antar eksternal dan internal organisasi yaitu dengan mengunakan media online diantaranya adalah Whatsapp, Website, Instagram dan Gmeet/Zoom. Yang menjadi budaya atau ciri khas pada organisasi ini adalah lanyard, topi dan pita biru serta memiliki kegiatan rutinan dan tahunan. hambatan yang dialami seperti miss komunikasi, berbeda jarak, perbedaan pendapat . untuk Meminimalisir konflik yang terjadi antar anggota organisasi dengan menjalin solidaritas, menyingkirkan egoisme dan memupuk selalu rasa saling menghargai dan menghormati agar organisasi Dedikasi Untuk Negeri tetap jaya.
References
Abdullah Masmuh. 2013. Komunikasi Organisasi. UMM Press
Arni muhammad. 2000. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara. Cliffors Geertz, The Interpretation of Cultures, dalam Morissan,
Eric M. Eisenberg dan Patricia Riley, Organizatonal Culture dalam The New Handbook of OrganizationalCommunication: Advancesin Theory, Research, and Methods, Fedric M. Jablin dan Linda L. Putnam (ed.), Sage, 2001.
Fia Ismatul, A. 2020 Pola Komunikasi Organisasi Gerakan Pemuda Ansor (GP ANSOR) Ranting Desa Pruwatan Dalam Membina Organisasi.
Gareth Morgan Images Of Organization, Baverly Hills, CA: Sage, 1986. Morissan. 2020. Komunikasi Organisasi. Prenada Media Group
Kholid Fauzi. 2018. Komunikasi Organisasi Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama Ikatan Pelajar Putri Nahdatul Ulama Desa Kedungturi Dalam Mempertahankan Eksistensi Anggota.
Nabila Ukhti, Ayub Ilfandy I. 2020. Analisis Komunikasi Organisasi Valdo Inc Melalui Komunikasi eksternal Customer Relation Officer (CRO) Dengan Perusahaan User. e-Proceeding of Management : Vol.7, No.1 April 2020 | Page 1574
Nurul Fajriah, P. 2021. Komunikasi Organisasi Dalam Menjalin Ukhuwah Islamiyah Di Pondok Pesantren Daarussa’adah Desa Taman Gedong Tataan Pesawaran.
Ohn van Maanen dan Stephen R. Barley, Cultural Organization : Fragment of a Theory, dalam Littlejohn dan Foss, Theories of Human Communication.
Onong Uchjana Effendy. 2000. Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. Bandung: Remaja, Rosyda Karya.
Onong, Uchana Efendy. 2005. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung Ruliana, Poppy. 2014. Komunikasi Organisasi: Teori dan Studi Kasus. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Stephen W. Littlejohn dan Karen A. Foss, Theories of Human Communicarion, 5th Edition, Thomson Wadsworth, Belmont, 2008, hal. 268.
Trisnawati Kusuma, W. 2021 Analisis Peran Komunikasi Organisasi Internal Dan Eksternal pada Kelurahan Mustikasari – Bekasi. INTEPRETASI VOl. 2 No. 1 Jun 2021
Vellya Silvana, S. 2021 Pola Komunikasi Organisasi Pengurus Organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatra Utara.
Zeco & Dance, Arni Muhammad. 2002 Komunikasi Organisasi; Ikrar Mandiri
Zulkarnain Nasution. 1993. Sosiologi Komunikasi Massa. Jakarta: Universitas Terbuka. Dedikasi untuk Negeri, diakses dari https://dedikasiuntuknegeri.org Fabrikbrands, “External Communication Strategies”, diakses dari
https://fabrikbrands.com/external-communication-strategies/ Gramedia, “Komunikasi Organisasi”, diakses dari
https://www.gramedia.com/literasi/komunikasi-organisasi/
Pakar Komunikasi, “8 Contoh Komunikasi Eksternal dalam Organisasi”, diakses dari https://pakarkomunikasi.com/8-contoh-komunikasi-eksternal-dalam- organisasi Pakar Komunikasi, “Definisi Komunikasi menurut Para Ahli”, diakses dari https://pakarkomunikasi.com/definisikomunikasi-organisasi-menurut-para- ahli
Seputar Pengetahuan, “Pengertian Komunikasi Organisasi menurut Para Ahli”, diakses dari https://www.seputarpengetahuan.co.id/2016/01/pengertiankomunikasi- organisasi-menurut-para-ahli.html
Tambah Pinter, diakses dari https://tambahpinter.com
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Abdul Malik Fajar, Emilianshah Banowo, Ari Muharif Mulyadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.