PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN KUALITAS INFORMASI APLIKASI INSTAGRAM TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI SKINCARE PADA FOLLOWERS @TASYAFARASYA

Authors

  • Aimee Melven Akademi Komunikasi Media Radio & Televisi Jakarta
  • Eko Hartanto Akademi Komunikasi Media Radio & Televisi Jakarta
  • Fery Harianto Akademi Komunikasi Media Radio & Televisi Jakarta
  • Bonar S Panjaitan Akademi Komunikasi Media Radio & Televisi Jakarta

Keywords:

Penggunaan, Media Sosial, Kualitas Informasi, Instagram, Kebutuhan Informasi

Abstract

Akun Instagaram @tasyafarasya merupakan akun yang memanfaatkan media sosial Instagram untuk menyebarkan informasi seputar kecantikan, dan salah satunya adalah skincare. Informasi yang paling sering disebarkan adalah mengenai skincare. Informasi yang diunggah dalam bentuk konten-konten berupa foto, video dan caption. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media sosial dan kualitas informasi aplikasi Instagram dapat mempengaruhi khalayak untuk memenuhi kebutuhan informasi skincare. Teori yang digunakan adalah Teori Uses and Gratification. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan paradigma postivistik.Penetuan ukuran sampeldalampenelitian inimenggunakan rumusSlovin berdasarkan tingkat kesalahan 5%. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara menyebarkan kuesioner pada 400 responden yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil uji hipotesis yaitu uji t dan uji F hasil penelitian menunjukkan, variabel penggunaan media sosial dan kualitas informasi aplikasi Instagram berpengaruh positif terhadap pemenuhan kebutuhan informasi pada followers akun @tasyafarasya secara parsial dan simultan. Berdasarkan perhitungan korelasi dan koefisien determinasi kedua variabel penggunaan media sosial dan kualitas informasi menunjukkan bahwa 40,3%, sedangkan sisanya sebesar 59,7% dipengaruhi oleh faktor – fator lainnya.

References

Afifah, Nurul, Anne Maryani, 2020. Pengaruh Akun Twitter @Womanfeeds Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Skincare dan Make up Followers. Universitas Islam Bandung.

Effendy, Onong Uchjana, 2003. Ilmu, teori dan filsafat komunikasi, Bandung.

Putri, Arshinta Eka, 2020. Pengaruh Konten Akun Instagram @Jktinfo Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Lalu Lintas Followers (Survei Terhadap Followers Akun Instagram @Jktinfo). Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

Rusdi, Farid, 2018. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Akun Instagram @Jktinfo Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. UniversitasTarumanegara.

Rusdi, Farid, 2018. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Akun Instagram @Jktinfo Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Universitas Tarumanegara.

Safriana, Syahra, And Nuriyati Samatan, 2021. Pengaruh Motif Penggunaan Media

Sosial Dan Kualitas Informasi Akun Instagram @Indozone.Id Terhadap Kepuasan Followers Generasi Z Dalam Memperoleh Informasi. Universitas Gunadarma.

Siska, 2021. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Akun Instagram @Diskominfo_Sumsel Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Universitas Sriwijaya.

Internet :

DIGITAL 2022: ANOTHER YEAR OF BUMPER GROWTH - We Are Social UK ( diakses pukul 4:54 PM 23 maret 2022)

Instagram - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas ( diakses pukul 5:35 PM 23 maret 2022)

Beauty Vlogger Indonesia Terbaik dan Inspiratif, Yuk Kenalan! - Celebrities.Id (diakses pada pukul 5:55 PM 23 maret 2022)

Biodata Tasya Farasya, Lengkap Umur dan Agama, Beauty Vlogger yang Curi Perhatian (kuyou.id) ( diakses pukul 3:33 PM 5 April 2022)

Downloads

Published

2022-09-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN KUALITAS INFORMASI APLIKASI INSTAGRAM TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI SKINCARE PADA FOLLOWERS @TASYAFARASYA. (2022). Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(2), 81-90. https://jurnal.akmrtv.ac.id/jk/article/view/306