SENTRALITAS AKTOR PADA KAMPANYE “PATUH PROKES” SELAMA PANDEMI COVID-19 DI TWITTER

Authors

  • Pipit Fitriyah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
  • Fabian Muhammad Zikri Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma

Keywords:

Jaringan Aktor, Kampanye Komunikasi, Social Network Analysis, Twitter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kampanye komunikasi “patuh prokes” di Twitter selama pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan teori Jaringan Aktor bahwa setiap aktor yang memiliki tujuan-tujuan tertentu berada pada tekanan atau hambatan stuktur sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, paradigma post-positivisme dengan menggunakan Social Network Analysis (SNA). Populasi yang digunakan adalah pengguna Twitter aktif, dengan sampel post N = 790 di Twitter dengan Netlytic.org. Hasil penelitian yang terdapat ditemukan 5 Aktor dengan Cluster besar yaitu @areajulid, @separoh_kumis, @jiwalemes, @hiquidsstory, @detikcom. Sentralitas actor pada In- Degree akun @areajulid, Out-degree akun @febiylu, Degree akun @areajulid. Eigenvector Centrality menemukan akun @myozhyme dengan nilai sempurna, Betweenness Centrality akun @separohkumis menjadi penghubung paling kuat dalam pendistribusian informasi “patuh prokes”, dan Closeness Centrality dengan jumlah 246 aktor memiliki tingkat kedekatan dengan aktor lainnya yang tersentralisasi. Kesimpulan penelitian ini bahwa jaringan aktor yang terbentuk pada “patuh prokes” sebagai kampanye berhasil mendapatkan respon dari pengguna sosial media Twitter.

References

Aghnina Wahdini dan Lestari Nurhajati. (2019). Implementasi Model Kampanye Komunitas Traditional Games Returns dalam Mencegah Adiksi Gawai pada Anak.

Amalia dan Nadya. (2019). Pengaruh Kampanye “Against Animal Testing” Terhadap Presepsi Mahasiswi.

Andres Kaplan & Michael HaenLein, 2010. User Of The World, Unite! The Challenges and Opportunities Of Social Media, Business Horizons.

Antar, Venus. 2004. Manajemen kampanye: panduan teoritis dan praktis dalam mengekfektifkan kampanye komunikasi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Aprillian Kartino , M. Anam , Rahmaddeni , dan Junadhi. (2019). Analisis Akun Twitter Berpengaruh terkait Covid-19 menggunakan Social Network Analysis.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Berliana Ardha. (2014). Social Media Sebagai Media Kampanye Partai Politik 2014 Di Indonesia.

Bungin, Burhan. (2007). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana.

Denzin, N.K., & Lincoln, Y.S. (2005). The discipline and practice of qualitative research. In The Sage Handbook of Qualitative Research (Denzin, N. and Lincoln, Y. eds.). Thousand Oaks CA: Sage Publication

Effendy, Onong Uchyana. (2003). Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti

Luthfiya Rochmatin. (2020). Analisis Jaringan Komunikasi Media Sosial Fenomena Viral “KKN DI DESA PENARI” Di Twitter.

Made Kevin Bratawisnu dan Andry Alamsyah. (2019). Social Network Analysis Untuk Analisa Interaksi User Di Media Sosial Mengenai Bisnis E- Commerce (Studi Kasus: Lazada, Tokopedia Dan Elevenia)

Mc Quail, Denis. (1994). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Erlangga Purba, Jonny. (2005). Penglolaan Lingkungan Sosial. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Pipit Fitriyah, Ahmad Fatoni, dan Ahmad Nasher. (2020). Communication and Network Crisis : Mapping of Important Actors in the #BersatuLawanCovid19 Campaign on Twitter.

Raihan Rafianda. (2020). Digital Opinion “Kursi Kosong” Pada Program Tv Mata Najwa Dalam Penanganan Covid-19 Di Twitter Menggunakan Social Network Analysis.

Saut Ritonga, Erwin Setiawan , dan Isman Kurniawan. (2020). Analisis Trending Topik Pada Twitter menggunakan Metode Naive Bayes dengan Pembobotan TF-IDF.

Sumaina Duku. (2011). Mengenal Kampanye Komunikasi

Rogers, E. M., dan Storey J. D. (1987). Communication Campaign. New Burry Park; Sage.

Ruslan, Rosady (2013). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Depok: PT Raja Grafindo Persada

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.

________.(2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-03-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

SENTRALITAS AKTOR PADA KAMPANYE “PATUH PROKES” SELAMA PANDEMI COVID-19 DI TWITTER. (2023). Jurnal Ilmu Komunikasi, 13(1), 38-47. https://jurnal.akmrtv.ac.id/jk/article/view/310