HOMELESS MEDIA SEBAGAI SARANA INFORMASI DI INSTAGRAM: PREFERENSI GENERASI Z DALAM PEMILIHANNYA
Keywords:
Preferensi, Generasi Z, Homeless Media, Instagram, Teori Kekayaan MediaAbstract
Fenomena homeless media mengacu pada jenis media non-tradisional yang berkembang sebagai alternatif dalam menyampaikan dan menyebarkan informasi, khususnya di kalangan anak muda. Hal ini membuka peluang bagi homeless media untuk berkembang sebagai sumber informasi utama, karena konten yang mereka bagikan disesuaikan dengan minat dan preferensi penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi generasi Z dalam memilih homeless media sebagai media penyebaran informasi di Instagram. Penelitian ini menggunakan Media Richness Theory dan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam kepada 4 informan dengan karakteristik yang sudah ditentukan, observasi, dan dokumentasi. Paradigma dalam penelitian ini adalah konstruktivisme. Penelitian ini mengungkap bahwa akun @folkative menjadi pilihan utama Generasi Z dalam menggunakan homeless media sebagai sarana penyebaran informasi di Instagram. Penyajian informasi yang kreatif dan menarik secara visual, penggunaan bahasa yang sesuai dengan karakter Generasi Z, serta sifatnya yang interaktif membuat akun ini diminati. Selain itu, @folkative mampu mengangkat isu-isu yang jarang dibahas oleh media arus utama
References
Abdussamad, Zuchri. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV. Syakir Media Press
Adinda Marzella, Edwin Rizal, & Nuning Kurniasih. (2024). Penggunaan Instagram Sebagai Media Penyebaran Informasi Di Instagram @folkative. Journal of Scientech Research and Development, 6(1), 1929-1950
AIndrajaya dan Lukitawati (2019) Tingkat Kepercayaan Generasi Z terhadap Berita Infografis dan Berita Ringkas di Media Sosial
Agung Haryanto, Rizky (2022) Preferensi Pemilih Milenial Dalam Menentukan Pilihan Pada Pemilihan Kepala Desa Kebumen Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang. Diploma Thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.
Alexander, F., & Junaidi, A. (2022). Peran homeless media dalam melakukan penyebaran informasi di media sosial Instagram (Studi pada Opini.id). Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara.
Ardianto, E. (2011). Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Atmoko, B. D. (2012). Buku Panduan Instagram Tips Fotografi Ponsel. Media Kita.
Awaliah, L., Sarjana, G., & Komunikasi, I. (2020). Efektivitas Komunikasi dalam Penggunaan Aplikasi Taekwang Messenger Sebagai Media Komunikasi
Boyd, D. (2014). It's Complicated: The Social Lives of Networked Teens. Yale University Press.
Danaher, P.J., Wilson, I and Davis, R. (2003). A Comparison of Online and Offline Consumer Brand Loyalty, Marketing Science. Horton, Paul B dan Chestern
Estrella, N. (2021). Pengaruh Motivasi Pembaca Media Online Tempo.com Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Di Generasi Z.
Fitriani, R (2024). Media Richness Theory In The Use Of@ Youngontop Instagram Account As An Information Medium For Younger Generation. Journal Of Digital Media Communication, ejournal.gunadarma.ac.id
Giobriandi, R. (2023). Persepsi Generasi Z terhadap Pemberitaan Homeless Media Nuice Media dan Opini.Id di Media Sosial
Harmoni, A. (N.D.). Media Richness Theory Dan Potensi Website Sebagai Media Komunikasi CSR Oleh Perusahaan. Universitas Gunadarma.
Hidayatullah, B. S., & Winduwati, S. (2023). Selektivitas Generasi Z dalam Memilih Mediasi Informasi di Instagram (Studi Kasus Mahasiswa Di Jakarta). Prologia, 7(2), 398-406
Horton, P. B., & Hunt, C. L. (1996). Sosiologi Jilid 2 (Edisi 6) (Diterjemahkan oleh Amiruddin Ram & Tita Sobari). Jakarta: Erlangga.
Jenkins, H. (2006). Convergence Culture: Where Old and New Media Collide. NYU Press.
Kartika Barus, Elisa (2019) Model Bisnis Homeless Media: Studi Kasus pada Opini.id. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing. USA: Pearson Education Limited.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks.
Lailiyyah, A. Y. (2023). Pemanfaatan Instagram sebagai media berita (Studi deskriptif akun Instagram @mojokdotco di Yogyakarta) (Skripsi, Universitas Islam Indonesia). Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia.
Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (1985). Naturalistic Inquiry. SAGE.
L Hunt. (1996). Sosiologi Jilid 2 (edisi 6) Diterjemahkan oleh: Amiruddin Ram dan Tita Sobari). Jakarta: Erlangga
Lister, M. et al. (2009). New Media: A Critical Introduction (2nd Edition). New York: Routledge.
Linnes, C., & Metcalf, B. (2017). iGeneration and Their Acceptance of Technology. International Journal of Management & Information System. Vol. 21. No. 2, pp. 11-26.
McQuail, (2011).Teori Komunikasi Massa: Salemba Humanika. Jakarta
Meilinda, Y. (2021). “Preferensi Politik Pemilih Milenial Dalam Pilkada Kota Padang Tahun 2018”. Jurnal Demokrasi dan Politik Lokal,Volume 3, Nomor 1, FISIP UNAND, Sumatra Barat
Mulyana, D. (2007). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Patton, M. Q. (2002). Qualitative Research & Evaluation Methods. SAGE.
Pew Research Center. (2022). How Teens and Gen Z Consume News and Information.
Prasetyo, Amanda (2024) Pengaruh Tayangan Atap Negeri Di Kanal Youtube Fiersa Besari Terhadap Minat Mengikuti Pendakian Gunung (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Malang Angkatan 2022). Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.
Pujiono, A. (2021). Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Z. Didaché: Journal Of Christian Education, 2(1), 1–19.
Puspita, Y. (2015). The Usage Of New Media To Simplify Communication And Transaction Of Gay Prostitute. Jurnal Pekommas, 18(3), 203-212.
Putri, F. K., Manalu, S. R., & Gono, J. N. S. (2024). Pola Konsumsi Informasi Melalui Media Di Kalangan Generasi Z (Studi Terhadap SMAN 4, SMAN 9, SMA MARDISISWA, dan SMA AL-AZHAR 14 Di Kota Semarang). Interaksi Online, 12(4), 279-295.
Putri, S. E. (2023). Pengaruh Fitur Instagram Sebagai Media Sosial Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi (Survey Pada Pengikut Akun@ Folkative)
Prensky, M. (2001). Digital Natives, Digital Immigrants. On The Horizon, 9(5), pp. 1-6
Romli, Khomsahrial. 2016. Komunikasi Massa. Jakarta: Gramedia
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Suci Ramadhani Nalole. (2020). Tren Media Sosial Sebagai Media Baru Dalam Penyebaran Informasi Perpustakaan.
Suryawati, I., & Alam, S. (2022). Transformasi media cetak ke platform digital (Analisis mediamorfosis Harian SOLOPOS). Jurnal Signal, 10(2), 177-361. Universitas Swadaya Gunung Jati.
Twenge, J. (2017). iGen: Why Today's Super-Connected Kids Are Growing Up Less Rebellious, More Tolerant, Less Happy—and Completely Unprepared for Adulthood. Atria Books.
Wardle, C. (2018). Information Disorder: Toward an Interdisciplinary Framework for Research and Policy Making. Council of Europe.
Zakia, F (2021). Analisis Framing Opini Larangan Alkohol di Opini. id. repository.uinjkt.ac.id

Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Marsella Jelita Azzahra, Siti Masitoh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.