PENGARUH TERPAAN IKLAN ONLINE TERHADAP IMPULSIVE BUYING MILLENIALS PADA E-COMMERCE SHOPEE

Authors

  • Karina Jayanti Akademi Komunikasi Media Radio dan TV Jakarta
  • Endah Purwitasari Akademi Komunikasi Media Radio dan TV Jakarta
  • Ramita Hapsari Akademi Komunikasi Media Radio dan TV Jakarta

Keywords:

Teori Perilaku Konsumen, Pembelian Impulsif, Generasi Milenial, Iklan Online, Shopee

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh terpaan iklan online terhadap pembelian impulsif di kalangan milenial pada platform e-commerce Shopee dan untuk mengukur sejauh mana pengaruh tersebut. Penelitian ini menggunakan teori perilaku konsumen, dengan fokus pada pendekatan kuantitatif deskriptif. Penelitian dilakukan terhadap 100 responden generasi milenial yang berusia antara 29 dan 44 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode penyebaran kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terpaan iklan online berpengaruh terhadap pembelian impulsif di kalangan millenials pada shopee sebesar 29,7% berdasarkan uji koefisien determinasi. Selain itu, hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terpaan iklan online memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pembelian impulsif di kalangan milenial di shopee.

References

Abel. J.P., Cheryl, L.B., & Sarah, A.B. (2016). Social media and the fear of missing out: scale development and assessmen. Journal of Business & Economics Research,14 (1), 33-44.

A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Çelik, Işıl Karapinar, et all (2019). The Effect of Consumers FoMO Tendencies on Impulse Buying and The Effects of Impulse Buying on Post. BRAIN Broad Research in Artificial Intelligence and Neuroscience, Vol 10, Issue 3 (September, 2019), ISSn 2067-3957.

C. Mowen, John dan Michael Minor. (2002). Perilaku Konsumen. Jakarta : Erlangga.

Efraim Turban., Judy Whiteside., David King Jon Outland., Jae Kyu Lee.,Ting-Peng Liang., Deborrah C.Turban., (2018)., Introduction to Electronic Commerce and Social Commerce., © Springer International Publishing AG.

Faridathalla, N. (2016). Hubungan Locus Of Control Dengan Impulse Buying Pada Konsumen Online Shop Instagram Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Di Telkom University.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hatane, Semuel. (2007), Pengaruh Stimulus Media Iklan, Uang Saku, Usia, dan Gender Terhadap Kecenderungan Perilaku Pembelian Impulsif (Studi Kasus Produk Pariwisata), Jurnal Manajemen Pemasaran Vol.2, No.1, April: PP 31-42.

Irawan, H. (2012). Indonesian Customer Satisfaction: Membedah Strategi Kepuasan Pelanggan Merek Pemenang ICSA, PT Alex Media Komputindo, Jakarta.

Intelligence, JWT. Fear Of Missing Out (FoMO). New York: JWT Intelligence. 2011.

J. Setiadi, Nugroho. (2008). Perilaku Konsumen. Edisi Revisi. Cetakan Pertama, Penerbit Kencana. Jakarta.

Kharis, I.F., (2011), Studi Mengenai Impulse Buying Dalam Penjualan Online (Studi Kasus di Lingkungan Universitas Dipenegoro Semarang). Semarang : Universitas Dipenegoro.

Kotler, P. & Armstrong, G. (2012), Prinsip- Prinsip Pemasaran Edisi 12. penerbit Erlangga.

Nitisusastro, Mulyadi. (2012). Perilaku Konsumen dalam Perspektif Kewirausahaan, Bandung: Alfabeta.

Rook, D.W. & Fisher R.J. (1995). A Normative Influences on Impulsive Buying Behaviour, Journal of Consumer Research 2, 305-313.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitataif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Swasta, B. Dharmmesta, (1999). “Loyalitas Pelanggan. Sebuah Kajian Konseptual Sebagai Panduan bagi Peneliti”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia. Vol 14/3: 73-88.

Tranggono, Didiek, et al. (2020). Pengaruh Terpaan Iklan Nacific di Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nacific pada Followers Akun @nacificofficial.id. Jurnal Ilmu Komunikasi Vol.10, No. 2 Oktober 2020 Hal 141-155.

Verplanken, B., & Sato, A. (2011). The psychology of impulse buying: An integrative self- regulation approach. Journal of Consumer Policy, 34(2), 197–21.

Yahmini, E. (2019). Kecenderungan Impulse Buying Pada Mahasiswa Ditinjau Latar Belakang Keluarga. EXERO Journal of Research in Business and Economics, 02(01),2655–1527.

Downloads

Published

2025-03-27

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH TERPAAN IKLAN ONLINE TERHADAP IMPULSIVE BUYING MILLENIALS PADA E-COMMERCE SHOPEE. (2025). Jurnal Ilmu Komunikasi, 15(1), 57-68. https://jurnal.akmrtv.ac.id/jk/article/view/375