PENGARUH TERPAAN KONTEN YOUTUBE DAN CELEBRITY ENDORSER SUHAY SALIM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BRAND SAFI (STUDI KASUS SUBSCRIBER CHANNEL YOUTUBE SUHAY SALIM)

Authors

  • Thias Ari Handayani Fakultas Ilmu Komunkasi, Universitas Gunadarma
  • Ahmad Nasher Fakultas Ilmu Komunkasi, Universitas Gunadarma

Keywords:

The effect of exposure, Youtube, Buying Decision

Abstract

The purpose of this study is to find out how much influence the exposure and content of youtube and celebrity endorser Suhay Salim have on the decision to buy the Safi brand on Suhay Salim's youtube channel subscriber. The method used in this study is quantitative and uses a survey method to research by distributing questionnaires. This study uses the theory of S-O-R. The number of the samples in this study were 100 respondents obtained using Slovin formula. The technic of collecting every data in this study using a Likert Scale questionnaire through Google Form. Uses the IBM Statistical Product Service Solution (SPSS) VERSION 23.0 program to process the questioner's data. The results in this study with the Determination Coefficient Test (R Square) which can be said that the Influence of exposure and celebrity endorser Suhay Salim Towards the buying decision Safi Brand on Suhay Salim Youtube Subscriber Channel of is 19.2%. While the rest (100% - 19.2% = 80.1%) 62.9% is influenced by other variables not examined in this study.

References

Ardianto, Elvinaro dkk. 2009. Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Biagi, Shirley. 2010. Media/Impact Pengantar Media Massa Edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika

Еffеndy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu Tеori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti

Effendy, Onong Uchjana. 2004. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Rosdakarya.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Kertamukti, Rama. 2015. Strategi Kreatif Dalam Periklanan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Manajemen Pemasaran, Edisi Dua Belas Jilid 2, Alih Bahasa: Bob Sabran. Jakarta: PT. Indeks

Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

McQuail, Denis. 2011. Teori komunikasi massa. Jakarta: Salemba Humanika.

Moleong Lexy J. 2010. Metodelogi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja

Rosdakarya

Mulyana, Deddy. 2005. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Rеmaja Rosdakarya

Nurudin. 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Panuju, Redi. 2018. Pengantar Studi (Ilmu) Komunikasi.Jakarta : PrenadaMedia Group

Rakhmat, Jalaluddin. 2009. Mеtodе Pеnеlitian Komunikasi. Bandung: PT. Rеmaja

Rosdakarya

Royan, 2005, Marketing Celebrities, Jilid 1, Elex Media Komputindo, Jakarta.

Setyaningrum, Arie dan Udaya, Jusuf. Efendi. 2015. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Shimp, Terence A. 2003. Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terjemahan Oleh Revyani Sjahrial dan Dyah Anikasari. Edisi ke %, Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta

Suryabrata, Sumadi. 2015. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Suryani, Tatik. 2008. Perilaku Konsumen Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sutisna. 2002. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: Penerbit

PT. Remaja Rosdakarya.

Tamburaka, Apriadi. 2013. Literasi Media: Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Vera, Nawiroh. 2016. Komunikasi Massa. Cet 1. Bogor: Ghalia Indonesia

Widyatama, Rеndra. 2009. Buku Pеngantar Pеriklanan, Cеtakan 6. Yogyakarta: Pustaka Book Publishеr

Tirta Lestari, 2015. Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Yang Berjudul “Pengaruh Terpaan Iklan Telebisi Elevenia Terhadap Minat Beli Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Angkatan 2012)”

Dhea Dhestantya, 2018. Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Yang Berjudul “Pengaruh Beauty Vlogger Suhay Salim Terhadap Keputusan Pembelian Wardah (Studi Survey Pada Mahasiswa FISIP Untirta 2015)”

Dinda Yulia Hafisa, 2018. Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta Yang Berjudul “Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Halal “Wardah” (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia)

https://www.boc.web.id/statistik-pengguna-digital-dan-internet-indonesia-2019/

https://bangka.tribunnews.com/2019/04/28/indonesia-peringkat-5-dunia-pengguna-internet-terbanyak

https://andi.link/data-statistik-digital-dan-pengguna-internet-di-dunia-tahun-2019-kuartal-kedua-q2/

https://kemenperin.go.id/artikel/18957/Industri-Kosmetik-Nasional-Tumbuh-20

https://id.priceprice.com/harga-hp/news/Orang-Indonesia-Internetan-Lebih-Dari-8-Jam-Sehari-Medsos-Paling-Banyak-Diakses-4829/

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20180320094246-92-284360/masyarakat-sadar-bersolek-industri-kosmetik-naik-20-persen

https://www.boc.web.id/statistik-pengguna-digital-dan-internet-indonesia-2019/

https://pakarkomunikasi.com/komunikasi-multimedia

https://www.maxmanroe.com/vid/teknologi/internet/pengertian-media-sosial.html

https://industri.kontan.co.id/news/produk-skincare-halal-diminati-penjualan-safi-melonjak-lima-kali-lipat

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/02/23/usia-produktif-mendominasi-pengguna-internet

Downloads

Published

2019-09-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH TERPAAN KONTEN YOUTUBE DAN CELEBRITY ENDORSER SUHAY SALIM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BRAND SAFI (STUDI KASUS SUBSCRIBER CHANNEL YOUTUBE SUHAY SALIM). (2019). Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2), 79-88. https://jurnal.akmrtv.ac.id/jk/article/view/396