PENGARUH GAYA HIDUP, ENDORSER DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SITUS BELANJA ONLINE TOKOPEDIA

Authors

  • Nasya Anggi Admelvita Fakultas Ilmu Komunkasi, Universitas Gunadarma
  • Rina Astriani Fakultas Ilmu Komunkasi, Universitas Gunadarma

Keywords:

Consumer Attitudes, Endorser, Influence Of Lifestyle, Online Shopping, Purchasing Decisions, Tokopedia

Abstract

Research it aims to find out How to Influence lifestyles, Consumer Attitudes Toward and Endorser Purchase Decisions On Online Shopping Tokopedia. This type of research uses teori New Media and Uses And Effects. The method used in Research this is a method of quantitatively. The population contained on Students and Moststudents Gunadarma Communication 2015 totalling 558 people and taken samples by using the error of 5% then If rounded gained 233 the person who will be the respondent. And for the taking of samples, the author uses techniques to calculate with the formula Slovin. a discussion which has been described, the writer can draw a conclusion that the lifestyle, Attitudes and Consumer Endorser influence on purchasing decisions in Tokopedia. The relationship between any four variables are expressed fall into the category of strong relationships, with regard to the results of the calculation of the coefficient of determination on summary output 24 SPSS software for Windows by number R square of 0.820 or of 82.0%. So the lifestyle, Attitudes and Consumer Endorser influence on purchasing decisions in Tokopedia At the University's Faculty of communication sciences Student Gunadarma 2015.

References

A, Shimp,Terence (2003). Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran. Terpadu, Jilid I ( edisi 5), Jakarta: Erlangga.

Arikunto, S. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi VI. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Creeber, G. & Martin, R (ed.). (2009), Digital Cultures: Understanding New Media, Berkshire-England: Open University Press.

Engel. James.F.Roger. D.Black Well And Paul.W.Miniard, 1995.,Perilaku Konsumen.Jakarta.Bina Rupa Aksara.Hal. 3.

Fandy Tjiptono. 2012. Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta, Andi.

Ghozali, Imam. (2015). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler and keller (2009). Manajemen Pemasaran, Diterjemahkan oleh Bob.

Kriyantono, Rachmat. 2012. Teknis Praktis Riset Komunikasi. Jakarta. Kencana

Paul, J. Peter dan Jerry C. Olson. 2000. Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Terjemahan. Jakarta: Erlangga

Shimp, Terence A.2003. Periklanan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Alih bahasa oleh Sahrian dan Diah Anikasari.Edisi Kelima Jilid 1. Jakarta: Erlangga (indicator endorsement).

Sunarto dalam Silvya (2009:93) Efektivitas Organisasi. Jakarta: Erlangga.

Sumarwan dalam Sari Listyorini, 2012;14 Analisis faktor-faktor gaya hidup dan pengaruhnya terhadap pembelian rumah sehat sederhana – studi pada pelanggan perumahaan Dinar Mas PT. Ajisaka di Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1): 12-24.

Silvya L. Mandey. 2009. Pengaruh Faktor Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Vol. 6. No. 1.

Schiffman dan Kanuk. 2008. Perilaku konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks.

Sugiyono. 2004. Statistik Untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta.

________. 2005. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

________. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta.

________. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.

Alfiyah Nuraini. 2015. Pengaruh Celebrity Endorse da Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Citra Merek Pada Kosmetik wardah di Kota Semarang.

Andryani Lestari. 2017. Pengaruh Gaya Hidup dan Sikap Konsumen Terhadap keputusan pembelian produk secara online di Kota Makassar.

Hindama Afada. 2014. Pengaruh Gaya Hidup Terhadp Keputusan Pembelian Smartphone Menurut Ekonomi Islam (Studi Kasus Mahasiswa Ekonomi Islam Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Rayza Ardian Bahri. 2012. Analisis Pengaruh Endorser di social media terhadap pengambilan keputusan pembelian produk dengan metode aisas.

Sarwo Edi. 2013. Pengaruh Citra Merek, Sikap Konsumen Dan Asosiasi Merek Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen.

Siti Zulzizah. 2017. Studi Elaboration Likehood model pada Pengaruh Food Bloger Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Instagram (Studi Eksplanatif Pada Followers Akun Instagram (@anakjajan).

Shilvy Andini Sunarto. 2017. Pengaruh Terpaan Iklan Televisi Tokopedia Versi “Semua di Muklai dari Tokopedia”Terhadap Keputusan Pembelian Masyarakat Kota Depok.

https://id.wikipedia.org/wiki/Tokopedia, 24 Juni 2019, 13.45.

https://www.dream.co.id, 9 Juni 2019, 15.09.

Downloads

Published

2019-09-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH GAYA HIDUP, ENDORSER DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SITUS BELANJA ONLINE TOKOPEDIA. (2019). Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2), 107-118. https://jurnal.akmrtv.ac.id/jk/article/view/399