PENGARUH KONTEN TIKTOK DR. YESSICA TANIA (@DR.ZIEE) TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI PADA FOLLOWERS
Keywords:
Konten TikTok, Edukasi, Kebutuhan InformasiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konten TikTok dr. Yessica Tania terhadap pemenuhan kebutuhan informasi pada followers. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melakukan survey membagikan kuesioner kepada responden. Responden dalam penelitian ini adalah followers akun TikTok dr. Yessica Tania dengan keseluruhan jumlah sampel yang dihitung menggunakan rumus Slovin didapatkan angka 400 responden. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Uses and Gratification yang memiliki asumsi bahwa penggunaan media berperan aktif dalam memilih dan menggunakan media mana yang sesuai untuk memenuhi kebutuhannya, dalam hal ini adalah kebutuhan informasi. Berdasarkan hasil penelitian terhadap 400 responden, penelitian ini menunjukkan t hitung sebesar 10,105 sedangkan t tabel 1,628 maka dapat ditarik kesimpulan bahwa nilai t hitung > t tabel atau 10,105 > 1,628 penjabaran tersebut menyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang dimana memiliki arti bahwa terdapat pengaruh konten TikTok dr. Yessica Tania terhadap kebutuhan informasi yang dimana memiliki korelasi yang cukup. Dengan keterbatasan dalam penelitian ini, maka peneliti selanjutnya dapat menggunakan aspek lain yang dapat menyempurnakan penelitian ini.
References
Aan, M.S. 2013. Metode Riset Kuantitatif Komunikasi. Yogyakarta: Pustaka.
Chen, G. M., & Zhang, K. 2010. New media and cultural identity in the global society. In R. Taiwon(Ed.), Handbook of Research on Discourse Behavior and Digital Communication: Language Structures and Social Interaction (pp. 801-815). Hershey, PA: Idea Group Inc.
Chen, G.M. 2012. The impact of new media on Intercultural Communication in Global Context. China Media Research, vol. 8, no. 2, 2012, pp. 1-10. http://www.wwdw.chinamediaresearch.net/index.php/back-issues?id=54.
Crosbie, V. (2002). What is new media. Retrieved November 5, 2011, from http://www.digital deliverance.com/philosophy/definition/definition.htm l
Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Fibrianingrum, Nadila. 2021. Pengaruh Konten TikTok terhadap Kesadaran Masyarakat Kota Medan Mengikuti Program Vaksinasi Covid-19. Skripsi llmu Komunikasi. Medan: Universitas Sumatra Utara
Flew, T. (2005). New media. New York: Oxford University Press
Helen, Farid Rusdi. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Akun Instagram @Jktinfo terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Jurnal Prologia. Vol. 2 (2), pp. 355-362
Jayadi, Ahmad. 2009. Kebutuhan Informasi. Depok: Universitas Indonesia.
Lister, N., Dovery, J., Giddings, S., Grant, I., & Kelly, K. (2009). New media: A critical introduction. New York: Routledge
McQuail, Dennis. 2011. Teori Komunikasi Massa McQuail, Edisi 6 Buku 1. Jakarta : Salemba Humanika.
Nurudin. 2017. Pengantar Komunikasi Massa Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada Puspitadewi, I., Erwina, W., & Kurniasih, N. (2016). Pemanfaatan “Twitter
TMCPOLDAMETRO” Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Para Pengguna Jalan Raya. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 4(1), pp. 21–28.
Rohmah, Nurliya Ni’matul. 2020. Media Sosial sebagai Media Alternatif Manfaat dan Pemuas Kebutuhan Informasi Masa Pandemik Global Covid 19 (Kajian Analisis Teori Uses and Gratfication). Al-I’lam; Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam. Vol 4 (1), pp. 1 -16
Sihura, Angela S.N. 2021. Pengaruh Konten TikTok dr. Yessica Tania terhadap keputusan pembelian produk skincare. Skripsi. Fakultas Ilmu Komunikasi. Medan: Universitas Medan Area
Stanley & Dennis. 2010. Teori Komunikasi Massa Edisi 5. Jakarta: Salemba Humanika www.wearesocial.com di akses pada 19 Juli 2021 pukul 13.15 WIB
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Yanti Trianita, Ahmad Nasher, Marina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.