REPRESENTASI BUDAYA PATRIARKI DALAM FILM NGERI – NGERI SEDAP KARYA BENE DION RAJAGUKGUK
Keywords:
Representasi, Budaya Patriarki, Semiotika Roland Barthes, Film “Ngeri – Ngeri Sedap”Abstract
Film merupakan salah satu media komunikasi massa yang isi, adegan, serta peristiwanya dapat disaksikan oleh khalayak ramai. Di sisi lain, representasi dari realitas film membentuk dan memproduksi realitas berdasarkan kode-kode, norma- norma budaya yang terjadi di dalam masyarakat, hal ini menunjukkan bahwa film juga termasuk dalam media kritik sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana representasi budaya patriarki terhadap keluarga yang ada pada film “Ngeri – Ngeri Sedap” karya Bene Dion Rajagukguk (Analisis Semiotika Roland Barthes). Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis, dengan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif, dan metode penelitian menggunakan semiotika Roland Barthes dengan teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi, studi Pustaka, dan wawancara. Peneliti menggunakan teori representasi yang menjelaskan bagaimana cara untuk mengartikan sebuah tanda ataupun konsep melalui bahasa. Hasil penelitian menggunakan analisis semiotika Roland Barthes dengan cara melihat tanda yang dibentuk menjadi makna dan dibantu oleh teori representasi serta dukungan data dari film tersebut sehingga peneliti menemukan beberapa adegan yang merepresentasikan budaya patriarki terhadap keluarga.
References
Adipoetra, F. G. 2016. Budaya Patriarki dalam Film “Batas”. Jurnal E-Komunikasi, 4, 1–11.
Annisa, Sholicha. 2020. Representasi Patriarki Pada Video Klip The Man Taylor Swift (Analisis Semiotika Roland Barthes). Semarang: Universitas Islam Sultan Agung.
Ardianto, Elvinaro. 2007. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbosa Rekatama Media
Asri, R. 2020. Membaca Film Sebagai Sebuah Teks: Analisis Isi Film “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI).” Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 1(2), 74.
Butsi, F. I., 2019. Memahami Pendekatan Positivis, Konstruktivis dan Kritis dalam Metode Penelitian Komunikasi. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, Vol.2 No.1 .
Cahyaning, Vintari., 2018. Pesan Moral Sikap Gigih dalam Film Kartini (Analisis Semiotika Model Roland Barthes).
Fiske, Jhon. 2007. Cultural and Communication Studies. Yogyakarta: Jalasutra, hlm 37.
Gamble, Michael and Teri Kwal Gamble. 2005. Communication Work 8th edition. New York: McGraw-Hill.
Hall, S., 2003. The Work Of Representation: "Representation": Cultural Representations and Signifying Practices (Culture, Media, and Identities Series). s.l.:Ed Stuart Hall Sage Publication.
Kusuma, R. S., & Sholihah, Z. 2018. Budaya Etnis Tionghoa dalam Film “Ku Kejar Cinta Ke Negeri Cina” dan “Ngenest”.
Lee, J. W. 2017. Semiotics and sport communication research: Theoretical and methodological considerations. Communication and Sport, 5(3), 374–395.
Maulida, J., & Maulida, J. 2020. Budaya Patriarki Dalam Film Kartini (2017) Patriarchy Culture In Kartini Film (2017) By Hanung Bramantyo.
Morissan. 2013. Teori Komunikasi : Individu Hingga Massa . Jakarta : Kencana.
Noor, F., & Wahyuningratna, R. N. 2017. Budaya Sensualitas Perempuan dalam Iklan New Era Boots di Televisi (Kajian Semiotika Roland Barthes). IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 1(2), 1–10.
Pratiwi, A. 2018. Budaya Citra Politik Harry Tanoesoedibjo (Studi Semiotika Roland Barthes Dalam Video Mars Partai Perindo). Profetik: Jurnal Komunikasi, 11(2), 17.
Rakhmat, Jalaluddin. 2011. Psikologi Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Rokhmansyah, A., 2016. Pengantar Gender dan Feminisme: Pemahaman Awal Kritik Sastra Feminis. Yogyakarta: Garudhawaca.
Sobur, Alex. 2013. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Walby. Theorizing Patriarchy. 1990. Chap 1.pdf. (n.d.).
Wood, JT., GENDERED LIVES Communication, Gender, and Culture - eighth edition. Publisher: Lyn Uh
You, Y. 2019. Relasi Gender Patriarki Dan Dampaknya Terhadap Perempuan Hubula Suku Dani, Kabupaten Jayawijaya, Papua. Sosiohumaniora, 21(1), 65.
Yousaf, Z. 2017. Challenges of Patriarchal Ideologies in Pakistani Cinema : A Case of Feminist Depiction in Films.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yanti Trianita, Dona Nadya Azahra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.