TERPAAN YOUTUBE NAJWA SHIHAB EPISODE “3 BACAPRES BICARA GAGASAN” TERHADAP MINAT BERPOLITIK PADA PEMILIH PEMULA PADA PEMILIHAN UMUM 2024

Authors

  • Nadia Putri Abubakar Akademi Komunikasi Media Radio dan TV Jakarta
  • Yudanto Prayitno Akademi Komunikasi Media Radio dan TV Jakarta
  • Eviyani Akademi Komunikasi Media Radio dan TV Jakarta
  • Cholid Akademi Komunikasi Media Radio dan TV Jakarta

Keywords:

3 Bacapres Bicara Gagasan, Political Interest, First-Time Voters

Abstract

Najwa Shihab's YouTube channel is known for its substantial subscriber base and its content addressing various issues, including political topics. This research aims to determine whether exposure to the YouTube channel Najwa Shihab's episode "3 Presidential Candidates Discuss Ideas" (X) influences the political interest of novice voters in the 2024 general election (Y). This study employs a quantitative approach using the uses and effect theory. The sample consists of 400 respondents obtained using the Slovin formula from the population of novice voters in the 2024 general election who watched the show. The results of this research indicate that applying simple linear regression analysis, Ha is accepted and Ho is rejected, meaning there is an influence of exposure to the YouTube channel Najwa Shihab's episode "3 Presidential Candidates Discuss Ideas" on the political interest of novice voters in the 2024 general election. The research findings prove that the exposure to the YouTube channel Najwa Shihab's episode "3 Presidential Candidates Discuss Ideas" has an impact of 42.0% on the political interest of novice voters.

References

Ardianto, Elvinaro. 2007. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbosa Rekatama Media.

Afgiansyah. 2022. TV vs YouTube (Benarkan Televisi akan Mati?). Depok: Proxy Media.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

_________. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Baskoro, Adi. 2009. Panduan Praktis Searching di Internet, Jakarta: PT Trans Media.

Brogan, C. 2010. Social Media 101: Tactics and Tips to Develop Your Business Online. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Bungin, M. B. 2013. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi: Format-format Kuantitatif dan Kualitatif untuk Studi Sosiologi, Kebijakan, Publik, Komunikasi, Manajemen, dan Pemasaran. Jakarta, Indonesia: KENCANA.

Cangara, Hafied. 2014. Komunikasi Politik; Konsep, Teori dan Strategi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Castells, M. 2002. "The Internet and the Network Society". Dalam B. Wellman & C. Haythornwaite (Eds.). The Internet in Everyday Life. Malden, MA: Blackwell Publishing, Ltd.

Dr. Riduwan, M.B.A. 2011. Dasar Dasar Statistika. Bandung: ALFABETA.

Effendy, Onong Uchjana. 2007. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Rosda Karya.

Gane, N., & Beer, D. 2008. New Media: The Key Concepts. Oxford & New York: Berg Publishers.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang, Indonesia: Yoga Pratama.

Gulo, W. 2000. Metodologi Penelitian. Jakarta : PT Grasindo Anggota IKAPI

Harlan, Johan. 2018. Analisis Regresi Linier. Depok: Universitas Gunadarma.

Hasan, Iqbal. 2006. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Irawan. 2009. Kamus Istilah Komputer Untuk Orang Awam. Palembang: Maxikom.

Liliweri, Alo. 2017. Komunikasi Antarpersonal. Jakarta: Grasindo.

Moleong, Lexy J. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-36. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

McQuail, Dennis. 2012. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika.

Narbuko dkk. Metodologi Penelitian. (Jakarta:Bumi Aksara,2008), 90.

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nastiti, Dwi dan Nurdi Lali. 2020. Asesmen Minat dan Bakat. Sidoarjo: UMSIDA Pers

Puntoadi, Danis. 2011. Menciptakan Penjualan Melalui Social Media. Jakarta, Indonesia: PT Elex Komputindo.

Rakhmat, Jalaludin. 2003. Psikologi Komunikasi. Bandung, Indonesia: Remaja Rosdakarya.

Saleh, Abdul Rahman dan Muhbib Abdul Wahab. 2004. Psikologi Suatu Pengantar (Dalam Prespektif Islam). Jakarta : Kencana.

Sitinjak, Tumpal JR dan Sugiarto. 2006. LISREL. Yogyakarta, Indonesia : Graha Ilmu.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung, Indonesia : Alfabeta.

__________. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.

__________. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

__________. 2018. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, dan Susanto, A. 2015. Cara Mudah Belajar SPSS & Lisrel. Bandung: Alfabeta.

Syaiful Rahim, 2009. Teori Komunikasi : Perspektif, Ragam & Aplikasi, (Jakarta: Rineka Cipta), hlm 14.

Tosepu, Yusrin Ahmad. 2017. Media Baru dalam Komunikasi Politik (Komunikasi Politik di Dunia Virtual). Makassar, Indonesia: Media Publishing.

Umam, C., & Aini, A. N. (2021). Terpaan Pemberitaan Covid 19 Di Instagram Terhadap Perubahan Interaksi Sosial Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma. BroadComm, 3(1), 35-44.

Faiqah, F. dkk. 2016. “YouTube Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Komunitas Makassarvidgram”. Jurnal Komunikasi KAREBA, Vol.5 No.2 Juli – Desember 2016, 261-263.

Sianipar, A. P. 2015. “Pemanfaatan YouTube di Kalangan Mahasiswa (Studi Penggunaan YouTube di Kalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP USU Medan dengan Pendekatan Uses and Gratification)”. Jurnal Ilmu Komunikasi FLOW, 2(3), 1–10.

Wahidmurni. 2017. Pemaparan metode penelitian kuantitatif. Disampaikan pada mata kuliah Metodologi Penelitian, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan101 Sosial Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Semester Ganjil 2017/2018.

Downloads

Published

2024-03-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

TERPAAN YOUTUBE NAJWA SHIHAB EPISODE “3 BACAPRES BICARA GAGASAN” TERHADAP MINAT BERPOLITIK PADA PEMILIH PEMULA PADA PEMILIHAN UMUM 2024. (2024). Jurnal Ilmu Komunikasi, 14(1), 27-39. https://jurnal.akmrtv.ac.id/jk/article/view/340