FENOMENA BUDAYA POP KOREA ANTARA DI KALANGAN REMAJA DI MEDIA SOSIAL TWITTER
Keywords:
Budaya Pop Korea, Remaja, Media Sosial Twitter, Teori Determinisme TeknologiAbstract
Perkembangan teknologi informasi akibat adanya globalisasi menjadi faktor utama penyebab besarnya antusisme publik terhadap Korean Wave di Indonesia. Kekuatan internet dan media sosial dimanfaatkan oleh penggemar untuk mengunggah, meneruskan, dan menyebarkan konten Budaya Pop Korea secara cepat kepada penggemar lainnya. Tujuan Penelitian penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis fenomena budaya pop korea di kalangan remaja melalui media sosial twitter, menunjukan bagaimana budaya pop Korea melalui twitter. Hal itu menggambarkan pula bagaimana twitter di jadikan media sosial yang berperan sebagai pendistribusian suatu budaya populer. Adanya perkembangan zaman dan teknologi yang semakin pesat mempengaruhi perubahan kebudayaan remaja akan budaya pop yang mereka konsumsi. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan pendekatan netnografi dan menggunakan wawancara dengan 6 informan pendukung yang mana mereka merupakan remaja penggemar BTS dan 1 narasumber, observasi, dan dokumentasi sebagai instrumen pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan Teori Determinisme Teknologi, dimana teori ini mengatakan bahwa manusia adalah objek dari teknologi itu sendiri dan interaksi sosial suatu masyarakat sangat dipengaruhi oleh perkembangan serta teknologi yang mereka konsumsi. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya perubahan budaya remaja akibat dari pengaruh budaya pop Korea yang mereka terima, dan mereka menggunakan Twitter sebagai media untuk mendapatkan informasi mengenai budaya pop Korea. Budaya pop Korea yang masuk di Indonesia menjadi candu bagi remaja untuk ikut mengkonsumsi apa saja yang terkait dengan budaya pop Korea
References
Anggito, A. & Setiawan, J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Ardianto, E., Komala, L., & Karlinah, S. 2012. Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
. 2007. Komunikasi Massa: Suatu Pengantar Edisi Revisi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Brogan, C. 2010. Social Media 10:1 Tactic and Tips to Develop Your business Online. Canada: John Wiley & Sons, Inc.
Bungin, B. 2006. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
. 2013. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Denzin, N., K. & Lincoln, T., S. 2009. Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Effendy, O. 2009. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Ghony, M., J. & Almanshur, F. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Ar-ruzz Media.
Hardiansyah, H. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
Hidayat, D., N. 2003. Paradigma dan Metodologi Penelitian Sosial Empirik Klasik. Jakarta: Departement Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Indonesia.
Kozinets, R., V. 2010. Netnography: Doing Ethnographic Research Online. London: SAGE Publication Ltd.
Kriyantino, R. 2014. Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
LaRose & Starubhaar. 2004. Media Now. USA: Thomson Learning.
Liliweri, A. 2013. Dasar-Dasar Komunikasi AntarBudaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Martono, Nanang. 2016. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
McQuail, D. 2012. Teori Komunikasi Massa McQuail Edisi 6. Jakarta: Salemba Humanika.
Moleong, L., J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mukarom, Z. 2020.. Teori-Teori Komunikasi. Bandung: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati.
Mulyana, D. 2007. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
. 2008. Komunikasi Efeketif Suatu Pendeketan Lintas Budaya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nasrullah Rulli. 2017. Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Nurudin. 2016. Ilmu Komunikasi Ilmiah dan Populer. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Priyowidodo, G. 2020. Monografi Netnografi Komunikasi Aplikasi Pada Tiga Riset Lapangan. Depok: Rajawali Pers.
Rakhmat, J. 2011. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sahide, M. A. K. 2019. Buku Ajar Metodologi Penelitian Sosial: Keahlian Minimum Untuk Teknik Penulisan Ilmiah. Makassar: Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin.
Sarosa, S. 2021. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: PT Kanisius.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Thurlow, C., Lengel, L., & Tomic, A. 2004. Computer Mediated Communication Social Interaction and The Internet. London: SAGE Publications.
Tubbs, S., L & Moss, S. 2008. Human Communication: Konteks- Konteks Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wiryanto. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Grasindo
Akhmad, R. A., Unde, A. A., & Cangara, H. (2018). Fenomenologi Penggunaan Televisi dan Media Sosial dalam Menyikapi Budaya Pop Korea di Kalangan Remaja Makassar. Jurnal Komunikasi KAREBA, 7(1).
Badri, M. (2011). Corporate and Marketing Communication. Jakarta: Universitas Mercu Buana.
Cindrakasih, RR, Roosita. (2021). Dinamika Globalisasi Budaya Korea di Indonesia dan Pola Komunikasi Remaja “Korean Wave” di Media Sosial Instagram. Jurnal Public Relations, 2(1).
Feroza, C. S., & Misnawati, D. (2020). Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Akun @YHOOPHII_OFFICIAL Sebagai Media Komunikasi dengan Pelanggan. Jurnal Inovasi, 14(1).
Hasbiansyah, O. (2005). Pendekatan Fenomenologi: Pengantar Praktik Penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi. Jurnal MediaTor, 9(1).
Jeanetta. & Paramita, S. (2018). Makna Idola Dalam Pandangan Penggemar (Studi Komparasi Interaksi Parasosial Fanboy dan Fangirl ARMY Terhadap BTS). Jurnal Koneksi, 2(2), 395.
Nurwahidah. (2022). Fenomenologi Korean Wave Pada Mahasiswa Universitas Islam Riau (UIR).
Olivia, H., & Hapsari, K. N. E. (2019). Fenomena Budaya Korea Pop Pada Mahasiswa Universitas Satya Negara Indonesia. Jurnal Oratio Directa, 2(1).
Putri, I. P., Liany, F. D. P., & Nuraeni, R. (2019). K-drama dan Penyebaran Korean Wave di Indonesia. Jurnal Unpad ProTVF, 3(1), 68-80.
Putri, L. A. (2020). Dampak Korea Wave Terhadap Prilaku Remaja Di Era Globalisasi. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(1), 42-48.
Saefudin, A. (2008). Perkembangan Teknologi Komunikasi: Perspektif Komunikasi Peradaban. Jurnal Mediatie, 9(2).
Sari, R., P. (2012). Fandom dan Konsumsi Media: Studi Etnografi Kelompok Penggemar Super Junior, ELF Jogja. Jurnal Komunikasi, 6(2).
Simbar. F. K. (2016). Fenomena Konsumsi Budaya Korea pada Anak Muda di Kota Menado. Jurnal Holistik.
Wardanai, E. P., & Kusuma, R. S. (2021). Interaksi Parasosial Penggemar K-Pop di Media Sosial (Studi Kualitatif pada Fandom ARMY di Twitter). Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 7(2), 243-260.
Zahra, F., Mustaqimmah, N., & Hendra, M. D. (2020).Kekuatan Media Digital pada Pembentukan Budaya Populer (Studi pada Komunitas Moarmy Pekanbaru). Journal of Communication Studies, 2(2).
Kota dan Negara Penonton Terbanyak untuk MV BTS
https://www.tribunnews.com/seleb/201 8/08/27/10-kota-dan-negara-ini- sumbang-penonton-terbanyak-untuk- mv-bts-ada-yang-di-indonesia-lho Diakses Pada Tanggal 12 Febuari 20.23 WIB.
Budaya Populer https://dosensosiologi.com/budaya- populer/ Diakses Pada Tanggal 8 November 2022, Pukul 19.40 WIB.
Budaya Populer http://etheses.uin-malang.ac.id/2621/3/09410151_Bab_2.pdf Diakses Pada Tanggal 7 November 2022, Pukul 12.15 WIB.
Daftar 10 Negara dengan K-Pop Stan Terbesar Tahun 2019 Berdasarkan Data Youtube https://www.wowkeren.com/berita/tam pil/00269788.html Diakses Pada Tanggal 25 Oktober 2022, Pukul 14.09 WIB.
Daftar Penghargaan dan Nominasi yang diterima Oleh BTS https://datadosen.com/Daftar_penghar gaan_dan_nominasi_yang_dite rima_oleh_BTS Diakses Pada Tanggal 12 November 2022, Pukul 22.21 WIB.
Data 20 Negara dengan Penggemar K- pop Terbesar di Twitter https://goodstats.id/article/indonesia- masuk-peringkat-pertama- dengan-fans-k-pop-terbanyak- di-dunia-6w71d Diakses Pada Tanggal 25 Oktober 2022, Pukul 14.25 WIB.
Data penggemar perempuan BTS https://editornews.pikiran-rakyat.com/entertainment/pr- 1313069413/bts-indonesia- berada-di-peringkat-1-dengan- army-bts-terbanyak-berikut- daftar-negara- negaranya?page=2&_gl=1*k3s hca*_ga*b1Zmcmt6X3h4cm9z RVJXbHV3M1RObUVWajB5Y211c1JQakczd3ZETm82N3Jl X19nMlQtWVE1SHU3MGYtR0gtcA Diakses Pada Tanggal 12 Febuari 2023, Pukul 18.46 WIB.
Data Platform Media Sosial yang Banyak digunakan di Indonesia Februari 2022 https://andi.link/hootsuite-we-are- social-indonesian-digital- report-2022/ Diakses pada Tanggal 23 Desember 2022, Pukul 11.17 WIB.
Fenomena Korean Wave di Indonesia https://egsa.geo.ugm.ac.id/2020/09/30/fenomena-korean-wave-di- indonesia/ Diakses Pada Tanggal 25 Oktober 2022, Pukul 21.45 WIB.
Indonesia Menjadi Negara dengan Basis Penggemar BTS Terbanyak di Dunia https://www.goodnewsfromindonesia.i d/infographic/indonesia- menjadi-negara-dengan-basis- penggemar-bts-terbanyak-di- dunia Diakses Pada Tanggal 25 Oktober 2022, Pukul 17.27 WIB.
Korea Populer https://eprints.umm.ac.id/49032/3/BA B%20II.pdf Diakses Pada Tanggal 8 November 2022, Pukul 16.25 WIB.
Pengertian Makananhttps://eprints.umm.ac.id/68509/3/BA B%202.pdf Diakses Pada Tanggal 23 Desember 2022, Pukul 23.50 WIB.
Pengertian Remaja dan K-Pop https://eprints.umm.ac.id/36874/3/jiptummpp-gdl-onerifcaan-50356-3- babii.pdf Diakses Pada Tanggal 24 Desember 2022, Pukul 13.11 WIB.
Pengertian Remaja dan Tahap Perkembangannya https://www.sehatq.com/artikel/mema hami-pengertian-remaja-dan- tahap-perkembangannya Diaskes Pada Tanggal 29 November 2022, Pukul 14.27 WIB.
Penyebaran Hallyu Wave di Seluruh Dunia http://hiburan.dreamers.id/article/1048 09/bts-dan-blackpink-pimpin- penyebaran-hallyu-wave-di- seluruh-dunia Diakses Pada Tanggal 25 Oktober 2022, Pukul 14.08 WIB.
Profile BTS https://ibighit.com/bts/kor/profile/ Diakses Pada Tanggal 25 Oktober 2022, Pukul 17.11 WIB.
Trend Budaya K-Pop di Kalangan Remaja Indonesia: BTS MEAL HINGGA FANATISME https://egsa.geo.ugm.ac.id/2021 /12/21/trend-budaya-k-pop-di- kalangan-remaja-indonesia-bts- meal-hingga-fanatisme/ Diakses Pada Tanggal 25 Oktober 2022, Pukul 21.48 WIB.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Annisa Rifania Widyati, Emilianshah Banowo, Ekaning Setyarini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.