ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN AKADEMI KOMUNIKASI MEDIA RADIO DAN TV JAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT
DOI:
https://doi.org/10.53856/bcomm.v4i1.236Keywords:
AKMRTV Jakarta, Analisis SWOT, Strategi Komunikasi, Pertumbuhan, InstitusiAbstract
Penelitian yang dilakukan pada AKMRTV Jakarta ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi komunikasi pemasaran Akademi Komunikasi Media Radio dan TV (AKMRTV) Jakarta dengan menggunakan analisis SWOT. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu untuk mendapatkan kausalitas yang bersifat interaktif, gambaran realitas yang kompleks, dan serta untuk memperoleh pemahaman makna dan temuan teori yang dipergunakan. Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder dengan metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara. Adapun informan dalam penelitian ini yaitu Direktur, Kaprodi, Ketua LPPM dan beberapa Panitia PMB serta unit terkait yang berkepentingan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang tepat pada Akademi Komunikasi Media Radio dan TV (AKMRTV) Jakarta adalah strategi pertumbuhan (konsentrasi melalui integrasi vertikal). Artinya AKMRTV Jakarta dapat melakukan peningkatan jenis produk yaitu berupa program studi ataupun jasa pelayanan serta memperluas pasar, mengembangkan fasilitas dan teknologi melalui pengembangan internal maupun eksternal melalui kerjasama dengan institusi lain untuk memajukan AKMRTV Jakarta.
Downloads
References
David, F. R. (2016). Manajemen Strategis—Konsep (Edisi Sepuluh). Salemba Empat. Johnson, G, Scholes,K., & Sexty,R.M. (1989). Exploring Strategic Management,
Scarborough, Ontario: Prentice Hall.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran Jilid 2. Erlangga.
Muhammmad, Suwarsono. (2013). Manajemen Strategik. Konsep dan Alat Analisis. Jakarta: UPP STIM YKPN
Nofrizal, N. 2018. Strategy BMT Al-Ittihad Using Matrix IE, Matrix SWOT 8K, Matrix SPACE and Matrix TWOS. JURNAL TERAPAN MANAJEMEN DAN BISNIS, 4(1), 56–66
Pearce II, J. A., & Robinson, R. B. (2012). Manajemen Strategis 10. Salemba Empat. Rangkuti, F. (2008). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka
Umum.
Sitorus, R. P. (1998). Evaluasi Sumber Daya Lahan. Tarsito.
Soemanagara. (2012). Strategic Communication (Konsep Strategi dan Terapan). Alfabeta. Tjiptono Fandy (2001). Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Ofset.Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Bonar S Panjaitan, Maimunah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.