PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA DOSEN MUDA

Authors

  • Dian Sri Mulyani Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.53856/bcomm.v5i1.247

Keywords:

Kecemasan Berbicara, Self-Efficacy, Komunikasi Interpersonal, Dosen Muda

Abstract

Kecemasan berbicara di depan umum adalah perasaan terancam, perasaan tidak menyenangkan yang diikuti dengan reaksi fisik dan psikis akibat kecemasan untuk menyesuaikan atau menghadapi situasi saat berbicara di depan umum. Salah satu faktor yang mendukung tingkat kecemasan berbicara adalah rendahnya tingkat efikasi diri yang ditandai dengan kurangnya rasa percaya diri terhadap kemampuan diri saat menyampaikan informasi di depan umum. Selain itu, tingginya kecemasan dalam berbicara juga disebabkan oleh rendahnya tingkat komunikasi interpersonal, ketidakmampuan mengungkapkan keinginan, perasaan dan mengungkapkan apa yang ada dalam diri individu. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada pengaruh dan seberapa besar pengaruh efikasi diri dan komunikasi interpersonal terhadap kecemasan berbicara di depan umum pada dosen muda. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda diketahui bahwa terdapat pengaruh efikasi diri sebesar 34,3% terhadap kecemasan berbicara di depan umum pada dosen muda, serta terdapat pengaruh komunikasi interpersonal sebesar 19,8% terhadap kecemasan berbicara di depan umum pada dosen muda. , dan ada pengaruh keduanya secara bersama-sama terhadap kecemasan berbicara di depan umum pada dosen muda sebesar 38,3%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bandura, A. (1997). Self efficacy: the exercise of control. Freeman and Company.

Baron, & Byrne. (2000). Social psychology (9th edition). A Pearson Education Company.

Chaplin, J. P. (2006). Kamus Lengkap Psikologi. PT. Raja Grafindo Persada.

Devito, J. A. (2015). The Interpersonal Communication Book. Pearson Education.inc.

Dirjen Dikti. (2010). Buku pedoman sertifikasi pendidik untuk dosen tahun 2010. Buku ii penyusunan portopolio. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Feist, J., & Feist, G. J. (2002). Theories of personality (5th ed.). McGraw Hill.

Fisher, B. A. (1978). Teori-teori komunikasi. CV Remaja Karya.

Hardjana, A. M. (2016). Komunikasi Intrapersonal dan Komunikasi Interpersonal. Kanisius.

Jihad, M. Rasyid, Noviawan. et all. 2022. Komunikasi Verbal Pelatih dan Murid Perguruan Wingchun Harimau Besi dalam Meningkatkan Kemampuan Beladiri. Jurnal Broadcasting Communication Vol 4 No 2 Oktober 2022.

Mulyana, D. (2015). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. PT. Remaja Rosdakarya.

Prihantoro, Edy & Anisah, Nadia. 2022. Komunikasi Interpersonal Penyelesaian Konflik dan Mempertahankan Komitmen pada Pasangan Kekasih yang sedang Long Distance Relationship (LDR). Jurnal Broadcasting Communication Vol 4 No 2 Oktober 2022.

Rachmawati, T., & Daryanto. (2013). Penilaian kinerja profesi guru dan angka kreditnya. Penerbit Gava Media.

Semiun, Y. (2006). Kesehatan Mental 2. Kanisius.

Wahyuni, E. (2015). Hubungan self efficacy dan keterampilan komunikasi dengan kecemasan berbicara di depan umum. Jurnal Komunikasi Islam, 5(1).

Downloads

Published

01-04-2023

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA DOSEN MUDA. (2023). BroadComm, 5(1), 14-24. https://doi.org/10.53856/bcomm.v5i1.247

Similar Articles

1-10 of 77

You may also start an advanced similarity search for this article.