FENOMENA AKUN PSEUDONYM SEBAGAI ALTER EGO: DRAMATURGI DI MEDIA SOSIAL TWITTER

Authors

  • Sabrina Rahma Utami Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.53856/bcomm.v5i2.334

Keywords:

Twitter, Akun Pseudonym, Akun Personal, Dramaturgi

Abstract

Media sosial adalah sarana komunikasi digital yang saat ini populer digunakan untuk presentasi diri dan aktualisasi diri. Twitter merupakan media sosial micro-blog daring yang digunakan untuk berinteraksi, mendapatkan informasi, dan juga sebagai media presentasi diri dan aktualisasi diri bagi penggunannya. Salah satu fitur yang terdapat pada twitter adalah multiple account, dimana pengguna dapat menggunakan dua akun atau lebih dalam satu aplikasi Twitter. Hal ini kemudian dimanfaatkan pengguna untuk membuat beberapa akun untuk tujuan tertentu. Akun personal dibuat untuk mempresentasikan dirinya dengan mencantumkan identitas sebenarnya, dan akun lainnya dibuat dengan identitas pseudonym, yang sama sekali tidak merepresentasikan identitas pengguna akun.  Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan teori Dramaturgi. Subjek penelitian adalah pengguna Twitter dengan karakteristik berusia 18-23 tahun, dan menggunakan lebih dari satu akun Twitter, dan salah satunya adalah akun pesudonym. Hasil penelitian menunjukkan, informan memiliki akun personal sebagai frontstage untuk mempresentasikan citra yang baik, ramah, dan sopan dari pengikutnya. Sedangkan akun lainnya dibuat pseudonym atau dengan identitas lain sebagai backstage agar lebih bebas berekspresi tanpa harus mengkhawatirkan diketahui dan dikomentari orang-orang yang dikenal di dunia nyata.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, N. (2014). Fenomena Akun Pseudonym di Kalangan Pengguna Twitter Kota Makassar. Universitas Hasanuddin.

Bubas, G. (2001, September). Computer Mediated Communication Theories and Phenomena: Factors that indluence Collaboration over the Internet. The 3rd CARNet Users Conference. https://people.utm.my/arahim/wp-content/blogs.dir/894/files/2018/03/CMC-THEORIES-AND-PHENOMENA-FACTORS-INFLUENCE-COLLABORATION-OVER-THE-INTERNET.pdf

Fitri, A. (2015). Dramaturgi: Pencitraan Prabowo Subianto Di Media Sosial Twitter Menjelang Pemilihan Presiden 2014. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4, 101–108.

Kriyantono, R. (2012). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Kencana Prenada Media Group.

Meliana, A., Fatoni, A., & Umam, C. (2023). Digital Opinion Tautan “FIFA” Di Media Sosial Twitter Dengan Social Network Analysis. Jurnal Ilmu Komunikasi, 13(2), 57-73.

Merriam-Webster Dictionary. (2019). Definition of Pseudonym by Merriam-Wester. Https://Www.Merriam-Webster.Com. https://www.merriam-webster.com/dictionary/pseudonym

Mulyana, D., & Solatun. (2013). Metode Penelitian Komunikasi Contoh-contoh Penelitian Kualitatif dengan Pendekatan Praktis. PT Remaja Rosdakarya Offset.

Riccio, J. R. (2013). All The Web’s a Stage: The Dramaturgy of Young Adult Social Media Use [Syracuse University]. https://surface.syr.edu/cgi/viewcontent.cgi?referer=&httpsredir=1&article=1007&context=thesis

Samatan, N. (2017). Riset Komunikasi 1 (Edisi Pert). Penerbit Gunadarma.

Saraswati, F. F. (2018). Akun Fangirling di Twitter Sebagai Saluran Self Disclosure Bagi Fangirl K-Pop (Studi Etnografi Mengenai Self-Disclosure yang Terjadi Lewat Akun Fangirling Milik Fangirl K-Pop Di Twitter). Universitas Gadjah Mada.

Downloads

Published

01-10-2023

Issue

Section

Articles

How to Cite

FENOMENA AKUN PSEUDONYM SEBAGAI ALTER EGO: DRAMATURGI DI MEDIA SOSIAL TWITTER. (2023). BroadComm, 5(2), 50-58. https://doi.org/10.53856/bcomm.v5i2.334