PERSEPSI KOMUNIKASI MASYARAKAT DALAM MEMANDANG IDENTITAS DAN CITRA PARTAI GOLKAR PASCA PEMILU 2O24
Keywords:
Persepsi Komunikasi Masyarakat, Citra Partai, Partai Golkar, Pemilu 2024Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi komunikasi masyarakat dalam memandang identitas dan citra Partai Golkar pasca Pemilu 2024, agar partai dapat merumuskan strategi komunikasi yang lebih relevan dan sesuai dengan konteks pasca Pemilu. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi untuk menggambarkan realitas sosial berdasarkan pengalaman individu. Teori yang digunakan adalah Teori Persepsi Jalaluddin Rakhmat dan Coordinated Management of Meaning (CMM) oleh W. Barnett Pearce dan Vernon Cronen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi komunikasi masyarakat dalam memandang identitas dan citra Partai Golkar dibentuk melalui tiga tahapan. Koherensi, di mana narasi partai dari pusat hingga kader lokal berjalan konsisten. Resonansi, saat pesan politik Golkar selaras dengan harapan masyarakat. Achievement, ditandai peningkatan kursi Golkar di DPRD DKI Jakarta dari posisi ke-8 menjadi 5 besar. Faktor pembentuk persepsi positif meliputi interaksi langsung warga dengan kader, peran tokoh politik yang berpengaruh, komunikasi dua arah, penggunaan media sosial, serta konsistensi kehadiran partai yang tidak terbatas pada masa kampanye.
References
Aminuddin, A., Yuwita, N., & Setiadi, G. (2021). Pesan Politik Kebangsaan Sebagai Rekonsiliasi Kiai Pasca Pesta Demokrasi Dalam Perspektif Coordinated Managament Of Meaning (CMM). Jurnal Heritage, 9(1),135-148.
https://doi.org/10.35891/heritage.v9i1.2557
Ayunda, N. D., Dewi, A. M. S., Zusrieka, M., Indraswari, C. G., Salsabila, A. S., & Aji, M. P. (2024). Analisis strategi dan inovasi politik Partai Golkar dalam meningkatkan suara Pemilu di tahun 2024. Jurnal Politik dan Inovasi Masyarakat (JPIM), 8(10), 1–13. https://oaj.jurnalhst.com/index.php/jpim/article/view/5034
Badan Pusat Statistik Indonesia. (7 Februari 2025). Hasil Penghitungan Suara Sah Partai Politik Peserta Pemilu Legislatif Tahun 1955-2024. Diakses pada 9 April 2025, dari https://www.bps.go.id/id/statistics-table/1/MTU3MyMx/hasil-penghitungan-suara-
sah-partai-politik-peserta-Pemilu-legislatif-tahun-1955-2019.html
Badan Pusat Statistik Kota Jakarta Pusat. (28 Februari 2024). Kota Jakarta Pusat Dalam Angka 2024. Diakses pada 19 April 2025, dari https://jakpuskota.bps.go.id/id/publication/2024/02/28/02535758f0ce0a76e1bba6c2/k ota-jakarta-pusat-dalam-angka-2024.html
DeVito, J. A. (2016). The Interpersonal Communication Book (14th ed., Global Ed.). Boston, MA: Pearson.
Dey, N. P. H. (2024). Metode penelitian kualitatif: Teori dan metodologi. Yogyakarta: Penerbit Andi.
DPRD Provinsi DKI Jakarta. (n.d.). Perolehan kursi & fraksi DPRD Provinsi DKI Jakarta periode 2014–2019. Diakses pada 13 Juli 2025, dari Perolehan Kursi & Fraksi : DPRD Provinsi DKI Jakarta
DPRD Provinsi DKI Jakarta. (n.d.). Perolehan kursi Pemilu Legislatif 2024 – Periode 2024– 2029. Diakses pada 13 Juli 2025, dari https://dprd-dkijakartaprov.go.id/fraksi/perolehan-kursi/
Firmansyah, J., Apriansyah, A., & Leriska, N. T. (2023). Komunikasi Politik Dan Citra Partai (Studi Pada Partai Gelombang Rakyat Indonesia Kabupaten Sumbawa). Jurnal Trias Politika, 7(1), 61-75. https://doi.org/10.33373/jtp.v7i1.5050
Griffin, E. (2011). A first look at communication theory (8th ed.). New York: McGraw-Hill Education.
Haryanti, A. (2024). Persepsi Masyarakat Terhadap Etika Politik Calon Pemimpin Negeri Tahun 2024. Jurnal Politica Dinamika Masalah Politik Dalam Negeri dan Hubungan Internasional, 15(1), 1-19. 10.22212/jp.v15i1.4208
Hutabarat, P. P., Widiastuti, W., & Martadireja, S. (2024). Persepsi Generasi-Z tentang Political Amateur dalam Pilkada Kota Bengkulu 2024. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 8(2), 47-56. https://doi.org/10.51544/jlmk.v8i2.5481
Jailani, M. S. (2023). Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidikan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1-9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Jamiluddin, Z., Priadi, R., & Thariq, M. (2023). Strategi Komunikasi Politik Partai Golkar Dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Masyarakat Terhadap Calon Kepala Daerah Pada Pilkada Kota Sibolga. Jurnal Ilmiah Muqoddimah: Jurnal Ilmu Sosial, Politik, dan Humaniora, 7(2), 453-460. http://dx.doi.org/10.31604/jim.v7i2.2023.453-460
Joanes, J., Ahmad Soffian, A., Goh, X. Z., & Kadir, S. (2014). Persepsi & logik. Universiti Teknologi Malaysia.
Kausar, S., Masithoh, S., Sirajuddin, S. N., Nurdiani, U., Febrianti, T., Ngangi, C. R., ... & Mulyana, T. (2024). Sosiologi Agribisnis. Padang: Azzia Karya Bersama.
Kreiss, D., Lawrence, R. G., & McGregor, S. C. (2020). Political Identity Ownership: Symbolic Contests to Represent Members of the Public. Social Media + Society, 6(2). https://doi.org/10.1177/2056305120926495
Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2017). Theories of human communication (11th ed.). Long Grove, IL: Waveland Press.
Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muchtar, K. (2016). Komunikasi politik dan pembentukan citra partai. Jurnal Ilmu Komunikasi, 14(2), 136-147. https://doi.org/10.31315/jik.v14i2.2127
Oktoyanti, G. T., Yamin, A., & Firmansyah, J. (2024, January). Pengaruh Komunikasi, Kebijakan Dan Citra Politik Partai Nasdem Terhadap Keputusan Memilih Masyarakat. In Prosiding Seminar Nasional Manajemen Inovasi (Vol. 7, No. 001, January, pp. 167- 176). https://conference.uts.ac.id/index.php/SEMAI/article/view/1274
Partai Golkar. (n.d.). Profil Sejarah Partai Golkar. Diakses pada 15 Juni 2025, dari https://partaigolkar.or.id
Pasaribu, P. (2017). Peranan partai politik dalam melaksanakan pendidikan politik the role of political parties in conducting political education. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik, 5(1), 51-59. 10.31289/jppuma.v5i1.1125
Peris, M. P., & Setianingrum, V. M. (2025). Strategi Humas DPD Partai Golongan Karya Jawa Timur dalam Meningkatkan Citra Organisasi pada Pemilu 2024. The Commercium, 9(2), 83-103. https://doi.org/10.26740/tc.v9i2.66539
Qulub, A. S., Sudaryanto, E., Kom, M. I., Ayodya, B. P., & Sos, S. (2022, August). Analisis Persepsi Masyarakat Pada Komunikasi Politik Puan Maharani (Baliho Jaga Iman, Jaga Imun, Insya Allah Aman, Amin). In Seminar Nasional Hasil Skripsi (Vol. 1, No. 01, pp. 397-401). https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/snhs/article/view/887
Rahmadhita, S. A., & Chairil, A. M. (2024). Presepsi Laki-Laki Pengguna Aplikasi Kencan Online” Bumble” terhadap Cat Fishing Virtual Identity. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 9704-9711. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5898
Rakhmat, Jalaluddin. (2018). Psikologi Komunikasi. Edited by Tjun Surjaman. Edisi Revi.
Bandung: Simbiosa Rekatama media.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tanady, E. S., & Fuad, M. (2020). Analisis pengaruh citra merek dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian Tokopedia di Jakarta. Jurnal Manajemen, 9(2). https://doi.org/10.46806/jm.v9i2.663
Tirto.id. (13 Februari 2024). Apa Itu Grassroot dalam Politik dan Kaitannya dengan Pemilu. Diakses pada 19 April 2025, dari https://tirto.id/apa-itu-grassroot-dalam-politik-dan-kaitannya-dengan-Pemilu-gUBb
Wibisono, D. D., Puspa, R., & Widodo, S. (2023). Strategi komunikasi politik Partai Golkar dalam mempertahankan suara partai sebagai partai tengah. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 832-842. https://doi.org/10.56832/edu.v3i1.284
Yani, A., & Suryadi, I. (2020). Komunikasi publik: Teori dan praktik. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Dzakwan Hanif, Endah Purwitasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

