PERSEPSI KOMUNIKASI MASYARAKAT DALAM MEMANDANG IDENTITAS DAN CITRA PARTAI GOLKAR PASCA PEMILU 2O24

Authors

  • Muhammad Dzakwan Hanif Fakultas Ilmu Komunkasi, Universitas Gunadarma
  • Endah Purwitasari Akademi Komunikasi Media Radio dan TV Jakarta

Keywords:

Persepsi Komunikasi Masyarakat, Citra Partai, Partai Golkar, Pemilu 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi komunikasi masyarakat dalam memandang identitas dan citra Partai Golkar pasca Pemilu 2024, agar partai dapat merumuskan strategi komunikasi yang lebih relevan dan sesuai dengan konteks pasca Pemilu. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi untuk menggambarkan realitas sosial berdasarkan pengalaman individu. Teori yang digunakan adalah Teori Persepsi Jalaluddin Rakhmat dan Coordinated Management of Meaning (CMM) oleh W. Barnett Pearce dan Vernon Cronen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi komunikasi masyarakat dalam memandang identitas dan citra Partai Golkar dibentuk melalui tiga tahapan. Koherensi, di mana narasi partai dari pusat hingga kader lokal berjalan konsisten. Resonansi, saat pesan politik Golkar selaras dengan harapan masyarakat. Achievement, ditandai peningkatan kursi Golkar di DPRD DKI Jakarta dari posisi ke-8 menjadi 5 besar. Faktor pembentuk persepsi positif meliputi interaksi langsung warga dengan kader, peran tokoh politik yang berpengaruh, komunikasi dua arah, penggunaan media sosial, serta konsistensi kehadiran partai yang tidak terbatas pada masa kampanye. 

References

Aminuddin, A., Yuwita, N., & Setiadi, G. (2021). Pesan Politik Kebangsaan Sebagai Rekonsiliasi Kiai Pasca Pesta Demokrasi Dalam Perspektif Coordinated Managament Of Meaning (CMM). Jurnal Heritage, 9(1),135-148.

https://doi.org/10.35891/heritage.v9i1.2557

Ayunda, N. D., Dewi, A. M. S., Zusrieka, M., Indraswari, C. G., Salsabila, A. S., & Aji, M. P. (2024). Analisis strategi dan inovasi politik Partai Golkar dalam meningkatkan suara Pemilu di tahun 2024. Jurnal Politik dan Inovasi Masyarakat (JPIM), 8(10), 1–13. https://oaj.jurnalhst.com/index.php/jpim/article/view/5034

Badan Pusat Statistik Indonesia. (7 Februari 2025). Hasil Penghitungan Suara Sah Partai Politik Peserta Pemilu Legislatif Tahun 1955-2024. Diakses pada 9 April 2025, dari https://www.bps.go.id/id/statistics-table/1/MTU3MyMx/hasil-penghitungan-suara-

sah-partai-politik-peserta-Pemilu-legislatif-tahun-1955-2019.html

Badan Pusat Statistik Kota Jakarta Pusat. (28 Februari 2024). Kota Jakarta Pusat Dalam Angka 2024. Diakses pada 19 April 2025, dari https://jakpuskota.bps.go.id/id/publication/2024/02/28/02535758f0ce0a76e1bba6c2/k ota-jakarta-pusat-dalam-angka-2024.html

DeVito, J. A. (2016). The Interpersonal Communication Book (14th ed., Global Ed.). Boston, MA: Pearson.

Dey, N. P. H. (2024). Metode penelitian kualitatif: Teori dan metodologi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

DPRD Provinsi DKI Jakarta. (n.d.). Perolehan kursi & fraksi DPRD Provinsi DKI Jakarta periode 2014–2019. Diakses pada 13 Juli 2025, dari Perolehan Kursi & Fraksi : DPRD Provinsi DKI Jakarta

DPRD Provinsi DKI Jakarta. (n.d.). Perolehan kursi Pemilu Legislatif 2024 – Periode 2024– 2029. Diakses pada 13 Juli 2025, dari https://dprd-dkijakartaprov.go.id/fraksi/perolehan-kursi/

Firmansyah, J., Apriansyah, A., & Leriska, N. T. (2023). Komunikasi Politik Dan Citra Partai (Studi Pada Partai Gelombang Rakyat Indonesia Kabupaten Sumbawa). Jurnal Trias Politika, 7(1), 61-75. https://doi.org/10.33373/jtp.v7i1.5050

Griffin, E. (2011). A first look at communication theory (8th ed.). New York: McGraw-Hill Education.

Haryanti, A. (2024). Persepsi Masyarakat Terhadap Etika Politik Calon Pemimpin Negeri Tahun 2024. Jurnal Politica Dinamika Masalah Politik Dalam Negeri dan Hubungan Internasional, 15(1), 1-19. 10.22212/jp.v15i1.4208

Hutabarat, P. P., Widiastuti, W., & Martadireja, S. (2024). Persepsi Generasi-Z tentang Political Amateur dalam Pilkada Kota Bengkulu 2024. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 8(2), 47-56. https://doi.org/10.51544/jlmk.v8i2.5481

Jailani, M. S. (2023). Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidikan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1-9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Jamiluddin, Z., Priadi, R., & Thariq, M. (2023). Strategi Komunikasi Politik Partai Golkar Dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Masyarakat Terhadap Calon Kepala Daerah Pada Pilkada Kota Sibolga. Jurnal Ilmiah Muqoddimah: Jurnal Ilmu Sosial, Politik, dan Humaniora, 7(2), 453-460. http://dx.doi.org/10.31604/jim.v7i2.2023.453-460

Joanes, J., Ahmad Soffian, A., Goh, X. Z., & Kadir, S. (2014). Persepsi & logik. Universiti Teknologi Malaysia.

Kausar, S., Masithoh, S., Sirajuddin, S. N., Nurdiani, U., Febrianti, T., Ngangi, C. R., ... & Mulyana, T. (2024). Sosiologi Agribisnis. Padang: Azzia Karya Bersama.

Kreiss, D., Lawrence, R. G., & McGregor, S. C. (2020). Political Identity Ownership: Symbolic Contests to Represent Members of the Public. Social Media + Society, 6(2). https://doi.org/10.1177/2056305120926495

Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2017). Theories of human communication (11th ed.). Long Grove, IL: Waveland Press.

Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muchtar, K. (2016). Komunikasi politik dan pembentukan citra partai. Jurnal Ilmu Komunikasi, 14(2), 136-147. https://doi.org/10.31315/jik.v14i2.2127

Oktoyanti, G. T., Yamin, A., & Firmansyah, J. (2024, January). Pengaruh Komunikasi, Kebijakan Dan Citra Politik Partai Nasdem Terhadap Keputusan Memilih Masyarakat. In Prosiding Seminar Nasional Manajemen Inovasi (Vol. 7, No. 001, January, pp. 167- 176). https://conference.uts.ac.id/index.php/SEMAI/article/view/1274

Partai Golkar. (n.d.). Profil Sejarah Partai Golkar. Diakses pada 15 Juni 2025, dari https://partaigolkar.or.id

Pasaribu, P. (2017). Peranan partai politik dalam melaksanakan pendidikan politik the role of political parties in conducting political education. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik, 5(1), 51-59. 10.31289/jppuma.v5i1.1125

Peris, M. P., & Setianingrum, V. M. (2025). Strategi Humas DPD Partai Golongan Karya Jawa Timur dalam Meningkatkan Citra Organisasi pada Pemilu 2024. The Commercium, 9(2), 83-103. https://doi.org/10.26740/tc.v9i2.66539

Qulub, A. S., Sudaryanto, E., Kom, M. I., Ayodya, B. P., & Sos, S. (2022, August). Analisis Persepsi Masyarakat Pada Komunikasi Politik Puan Maharani (Baliho Jaga Iman, Jaga Imun, Insya Allah Aman, Amin). In Seminar Nasional Hasil Skripsi (Vol. 1, No. 01, pp. 397-401). https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/snhs/article/view/887

Rahmadhita, S. A., & Chairil, A. M. (2024). Presepsi Laki-Laki Pengguna Aplikasi Kencan Online” Bumble” terhadap Cat Fishing Virtual Identity. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 9704-9711. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5898

Rakhmat, Jalaluddin. (2018). Psikologi Komunikasi. Edited by Tjun Surjaman. Edisi Revi.

Bandung: Simbiosa Rekatama media.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tanady, E. S., & Fuad, M. (2020). Analisis pengaruh citra merek dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian Tokopedia di Jakarta. Jurnal Manajemen, 9(2). https://doi.org/10.46806/jm.v9i2.663

Tirto.id. (13 Februari 2024). Apa Itu Grassroot dalam Politik dan Kaitannya dengan Pemilu. Diakses pada 19 April 2025, dari https://tirto.id/apa-itu-grassroot-dalam-politik-dan-kaitannya-dengan-Pemilu-gUBb

Wibisono, D. D., Puspa, R., & Widodo, S. (2023). Strategi komunikasi politik Partai Golkar dalam mempertahankan suara partai sebagai partai tengah. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 832-842. https://doi.org/10.56832/edu.v3i1.284

Yani, A., & Suryadi, I. (2020). Komunikasi publik: Teori dan praktik. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Downloads

Published

2025-09-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

PERSEPSI KOMUNIKASI MASYARAKAT DALAM MEMANDANG IDENTITAS DAN CITRA PARTAI GOLKAR PASCA PEMILU 2O24. (2025). Jurnal Ilmu Komunikasi, 15(2), 27-40. https://jurnal.akmrtv.ac.id/jik/article/view/405