PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PENYEBARAN INFORMASI KEGIATAN DI YAYASAN JAMRUD BIRU
DOI:
https://doi.org/10.53856/bcomm.v4i1.235Keywords:
instagram, media sosial, pemanfaatan, penyebaran informasiAbstract
Sebagian besar masyarakat di bidang sosial menggunakan media sosial sebagai sarana untuk berkomunikasi dan mencari informasi. Berdasaarkan keadaan tersebut, tentu banyak pihak yang telah menggunakan sistem online atau media sosial, salah satunya digunakan oleh sebuah organisasi. Organisasi tidak akan berjalan dengan baik jika tidak adanya komunikasi dianatara anggota dengan masyarakat. Yayasan Jamrud Biru merupakan salah satu organisasi dibidang sosial untuk menangani orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan pemanfaatan media sosial instagraam oleh anggota Yayasan Jamrud Biru sebagai media penyebaran informasi mengenai kegiatan yang ada di Yayasan Jamrud Biru dalam kaitannya dengan komunikasi organisasi eksternal. Melalui pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan teori new media penulis berfokus pada media sosial Instagram, yakni dengan memberikan gambaran bagaimana pemanfaatan media sosial Instagram oleh akun @yayasan_jamrudbiru dalam menyebarkan informasi mengenai kegiatan di yayasan jamrud biru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial Instagram Yayasan Jamrud Biru mempermudah untuk penyampaian informasi dalam hal berkomunikasi sesuai dengan maanfaat dan tujuan media sosial.
Downloads
References
Atmoko, B. D. (2012). Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Media Kita.
Bimo. (2017). Perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia. Pakarkomunikasi.Com. https://pakarkomunikasi.com/perkembangan-teknologi-informasi-di-indonesia
Levy, P. (2010). New Media Teori dan Aplikasi. Erlangga.
Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosda Karya.
Nasrullah, R. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi (N. S. Nurbaya (ed.)). Simbiosa Rekatama Media.
Pawito. (2008). Penelitian Komunikasi Kualitatif. LkiS Pelangi Aksara.
Putri, V. V. P., Arsy, A. N., Kamila, R. K., Tarinanda, A. A. P., Zuhri, S., Fajriah, N., Wibowo,
R. T. H., Prakoso, A. A. D., Indriani, R. O., Windari, A. T., Thomas, C., Auliya, A. Z., Annisa, M., Yusuf, M., Yulianto, A., Sadaika, S., Pramesti, W. D., Isma, M. R. A., Asrih,
M. A., … Yogia, K. Y. (2020). Teori Komunikasi Massa dan Perubahan Masyarakat. PT Citra Intrans Selaras.
Salbino, S. (2014). Buku Pintar Gadget Android Untuk Pemula. Kunci Komunikasi.
Sidiq, U., & Choirul, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. CV. Nata Karya.
Solomon, M. R. (2011). Consumer Behavior and Marketing Strategy. Pearson Prentice. Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suherman, A. (2020). Buku Ajar Teori-Teori Komunikasi. CV Budi Utama.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Tasya Nurul Inayah, Fery Harianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.