ANALISIS AKTOR DAN SENTIMEN JARINGAN KOMUNIKASI POPULARITAS TOKOH POLITIK PADA WEBSITE DRONE EMPRIT

Authors

  • Raihan Naufal Aeolia Fakultas Ilmu Komunkasi, Universitas Gunadarma
  • Yanti Trianita Fakultas Ilmu Komunkasi, Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.53856/b7wnm302

Keywords:

Drone Emprit, Level Aktor, Popularitas Tokoh Politik, Sentimen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui level aktor pada jaringan komunikasi dan sentimen jaringan pada cuitan yang berkaitan dengan kata “Popularitas Tokoh Politik” di Twitter. Penelitian ini menggunakan Teori Agenda Setting dengan metode penelitian kualitatif dan paradigma konstruktivisme. Peneliti menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui level aktor dalam jaringan komunikasi terkait "Popularitas Tokoh Politik" di Twitter dan menganalisis jumlah penyebutan dan sentimen yang muncul dari cuitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tokoh dengan banyak mention dan sentimen positif, seperti Ridwan Kamil, menunjukkan pengaruh yang signifikan, sementara tokoh dengan sentimen negatif, seperti AHY, menghadapi tantangan dalam citra publik. Analisis sentimen membantu memahami bagaimana masyarakat merespons keberadaan tokoh politik, mencerminkan dinamika politik yang kompleks di masyarakat. Selain itu, implementasi dari analisis popularitas tokoh politik ini memungkinkan pemantauan real-time terhadap opini publik dan pengembangan strategi komunikasi yang efektif berdasarkan sentimen yang terungkap. Selain itu, penelitian ini berfungsi sebagai alat deteksi dini untuk potensi krisis reputasi dan membantu memahami ekspektasi publik terhadap tokoh-tokoh politik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Emprit, D. (2022). POPULARITAS TOKOH POLITIK DI INDONESIA. Drone Emprit. https://pers.droneemprit.id/popularitas-tokoh-politik-di-indonesia-3/

Erayani, A., & Arwani, M. (2020). PERANAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI PARTAI DEMOKRAT. Wacana: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Interdisiplin, 7(2), 173–178. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/Jwcn/article/view/3219

Eriyanto. (2014). Analisis Jaringan Komunikasi. Kencana.

Haryanto, A. T. (2024, January 31). APJII: Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang. Https://Inet.Detik.Com. https://inet.detik.com/cyberlife/d-7169749/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang

Katarzyna. (2024). How to Find Trending Hashtags on X (Twitter) in 2024? . BRAND24. https://brand24.com/blog/trending-hashtags-on-twitter/

Lipppmann, W. (1965). Public Opinion. Mc Millan Publishing Co.

Long, N. (1992). Communication Theories: Origins, Method, and Uses in The Mass Media (3th ed.). Longman Publishing Group.

Neuendorf, K. (2002). The Content Analysis Guidebook, Thousand Oaks. Sage Publications.

PWMU.CO. (2023). Asal-usul Nama Drone Emprit Diungkap Ismail Fahmi di Sini. Pwmu.Co. https://pwmu.co/313271/08/30/asal-usul-nama-drone-emprit-diungkap-ismail-fahmi-di-sini/

Rahman, A. (2022). Popularitas Tokoh Politik Di Indonesia. https://pers.droneemprit.id/popularitas-tokoh-politik-di-indonesia-3/

Taufik, M. (2024). Media Sosial Sebagai Alat Komunikasi dan Informasi Organisasi yang Efektif. Djpn.Kemenkeu.

trends24. (2024). Indonesia X (Twitter) Trends for last 24 hours. Trends24. https://trends24.in/indonesia/

Downloads

Published

30-04-2025

Issue

Section

Articles

How to Cite

ANALISIS AKTOR DAN SENTIMEN JARINGAN KOMUNIKASI POPULARITAS TOKOH POLITIK PADA WEBSITE DRONE EMPRIT. (2025). BroadComm, 7(1), 1-15. https://doi.org/10.53856/b7wnm302