KOMODIFIKASI ANAK DALAM IKLAN (ANALISIS SEMIOTIKA DALAM IKLAN TRI-INDIE+ BUAT KAMU YANG UDAH GEDE VERSI “CEWE” DAN “COWO”)

Authors

  • Trikanti Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.53856/bcomm.v1i1.184

Keywords:

Komodifikasi, Anak, Iklan Televisi

Abstract

Televisi sebagai media periklanan memberikan dukungan yang besar bagi perusahaan dalam mempromosikan produk yang pada akhirnya dapat meningkatkan penjualan untuk kepentingan perusahaan. Iklan merupakan salah satu bentuk promosi yang paling dikenal dan paling banyak dibicarakan orang, hal ini kemungkinan karena jangkauannya yang luas. 3 (Tri), operator GSM dikelola dan dioperasikan oleh PT. 3 Hutchison Indonesia (H3I) memperkenalkan iklan terbarunya yang menampilkan anak-anak sebagai objek dalam beriklan. Dalam iklan tersebut anak melakukan aktivitas dan berbicara seperti orang dewasa. Anak adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain untuk membantu mengembangkan kemampuannya. Sehubungan dengan masalah yang diteliti, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji secara mendalam tentang bagaimana representasi dan komodifikasi anak dalam iklan tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis komunikasi semiologi. Sebagai penelitian deskriptif, penelitian ini menggunakan metode semiotika yang dapat membantu untuk menemukan makna dibalik tanda – tanda yang terdapat pada iklan tersebut. Dari analisis makna, simbol dan gambar, penulis menyimpulkan bahwa dalam iklan Tri-card yang menjadikan Indie + objek representasi anak-anak sebagai bentuk dialog dan orang dewasa, dari awal hingga akhir iklan adalah iklan keberadaan suatu bentuk komodifikasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Berger, P. L., & Luckman, T. (1990). Tafsir Sosial dan Kenyataan. LP3ES.

Dharma, F. A. (2018). Konstruksi Realitas Sosial: Pemikiran Peter L. Berger tentang Kenyataan Sosial. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol 7 (1): 1 - 9

Dori, A. D (2012). Upaya-upaya yang Dilakukan Stasiun Radio dalam Menjaring Pemasang Iklan kepad Pendengar (Studi pada PT Radio Chakra Bhuwana Malang). Jurnal Ilmu Sosial dan ilmu Politik. Vol 1 (1)

Fiske, J. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi (H. Dwiningtyas (ed.); Edisi Keti). PT Raja Grafindo Persada.

Hall, S. (2011). Budaya Media Bahasa Teks Utama Perancang Cultural Studies 1972-1979 (S. Rahmana (ed.)). Jalasutra.

Herawati, Erni & Rosidah. (2013). Tanda-tanda dalam Iklan Komersial di Televisi (Analisis Semiotika pada Iklan Susu SGM Esksplor Presinutri 3. Jurnal Humaniora. Vol 4 (1)

Hereyah, Yoyoh. (2012). Komodifikasi Budaya Lokal dalam Iklan: Analisis semiotik pada Iklan Kuku Bima Energi Versi Tari Sajojo. Prosiding Seminar Nasional: Universitas Mercubuana

Ivani, N. N & Nurhayati, I. K. (2019). Analisis Isi Kualitatif Daya Tarik Pesan Humor dalam Ikaln Toyota di Youtube. eProceedings of Management. Vol 6 (2)

Mosco, V. (2009). The Political Economy of Communication (2nd Editio). SAGE Publication.

Novianto et al. (2016). Pencitraan Bupati dalam Perspektif Semiotika Barthes: Analisis Pencitraan Bupati Sidoarjo Melalui Iklan Apartemen Royal Mutiara Residance pada Jawa Pos. Jurnal. Surabaya: Untag

Rahayu, T. N, et al. (2018). Presentasi Budaya Lokal dalam Iklan dan Wacana Sosial Korporasi. Prosiding Seminar Nasional. Sukoharjo: Universitas Veteran Bangun Nusantara

Sobur, A. (2001). Analisis Teks Media; Suatu Pengantar untuk Analisis wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Remaja Rosdakarya.

Shodieq, Ery F. J. (2012). Analsisi Penanda Kohesi Referens pada Wacana Ah... Tenane dalam Surat Kabar Harian SoloPos Edisi Bulan Oktober 2011. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Syamsinar. (2017). Makna Pesan Iklan Shampo Rejoice "Wanita Berhijab" di Media Televisi (Analisis Semiotika Roland Barthes). Skripsi. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Tungga Nusa, O. D. (2011). Analisis Semiotika Makna Pesan Air Minum Dalam Kemasan AQUA Versi “Sumber Air Su Dekat” Di Media Televisi. UPN “Veteran” Yogyakarta.

Tunggul. (2015). Analisis Semiotika Pesan Moral dalam Film 12 Menit untuk Selamanya. eJournal Ilmu Komunikasi. Vol 3 (3): 301 -310

Zulaikha & Harun. (2012). Makna Kritik Sosial dalam Karikatur Editorial "Oom Pasikom dan Clektt" pada Surat Kabar Kompas dan Surat Kabar Jawa Pos. Jurnal Ilmu Komunikasi Message. Vol 3 (2)

Downloads

Published

01-04-2019

Issue

Section

Articles

How to Cite

KOMODIFIKASI ANAK DALAM IKLAN (ANALISIS SEMIOTIKA DALAM IKLAN TRI-INDIE+ BUAT KAMU YANG UDAH GEDE VERSI “CEWE” DAN “COWO”). (2019). BroadComm, 1(1), 22-36. https://doi.org/10.53856/bcomm.v1i1.184