FENOMENA PERGESERAN FUNGSI INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE @BROKEBUTCOOL_

Authors

  • Zahra Shafira Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
  • Christiana Wulandari AKMRTV Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.53856/bcomm.v1i1.186

Keywords:

Pergeseran Fungsi, Instagram, Komunikasi Pemasaran Online

Abstract

Fungsi Instagram yang saat ini sedang beralih memudahkan para pelaku bisnis untuk memasarkan setiap produknya di media sosial Instagram, salah satu akun bisnis yang memanfaatkan pergeseran ini adalah @brokebutcool_. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pergeseran fungsi Instagram dan strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan pada akun @brokebutcool_. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Komunikasi Cyber, Mediamorphosis, Integrated Marketing Communication yang bertindak sebagai upaya yang dilakukan perusahaan dalam menginformasikan produknya kepada konsumen, dan menggunakan model 4P dalam proses analisisnya yaitu Product, Price, Place , dan Promosi. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktif dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah studi kepustakaan, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pergeseran fungsi Instagram terjadi karena sifatnya yang fleksibel, dapat menjadi wadah komunikasi pemasaran tanpa menggunakan biaya, dan dapat diakses secara global, strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan pada @brokebutcool_ adalah bahwa Ada beberapa konten menarik untuk menarik pelanggan yaitu, testimoni, penemuan terbaik, berbagi cerita, film, inspirasi gaya busana, giveaway, dan tiktok inspo yang termasuk dalam fitur highlight akun Instagram mereka. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pergeseran fungsi Instagram sebagai media komunikasi pemasaran dan platform bisnis tidak hanya bermanfaat bagi para pelaku bisnis tetapi juga memudahkan konsumen untuk memenuhi beberapa kebutuhan tanpa harus pergi ke pusat perbelanjaan atau keluar rumah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus, Hermawan. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Asmajasari, Magdalena. (1997). Study Periklanan Dalam Perspektif Komunikasi Pemasaran, Malang : UMM Press.

Basu, Swastha., & Irawan. (2001). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty: Yogyakarta.

Danis Puntoadi. (2011). Menciptakan Penjualan Melalui Media Sosial. Jakarta: PT Elex Komputindo

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka.

Eryta Ayu Putri Soesanto. (2013). Aplikasi Instagram Sebagai Media KomunikasiPemasaran Online Shop (Studi Deskriptif Kualitatif Aplikasi Instagram Sebagai MediaKomunikasi Pemasaran Online Shop). Surabaya: UPN Veteran Jatim.

Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. PT. Remaja Rosdakarya.

Rizal, Veby Zilfania. (2019). Komunikasi Pemasaran Media Sosial Instagram Pada Toko Kue Selebriti Bandung Makuta (@Bandungmakuta) Terhadap Kesadaran Merek. Program Studi Ilmu Komunikasi Program Pascasarjana, Universitas Mercu Buana Jl Meruya Selatan No 1 Jakarta 11650 vebyumb@gmail.com, Inter Komunika: Jurnal Komunikasi | Vol 4, No 1, Th 2019, 75-87 | P-ISSN: 25483749 E-ISSN: 26154420

Sutisna. (2002). Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Wirtz, J. (2018). Service Marketing Communications. World Scientific Publishing.

Downloads

Published

01-04-2019

Issue

Section

Articles

How to Cite

FENOMENA PERGESERAN FUNGSI INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE @BROKEBUTCOOL_. (2019). BroadComm, 1(1), 48-58. https://doi.org/10.53856/bcomm.v1i1.186

Similar Articles

21-30 of 81

You may also start an advanced similarity search for this article.