PENGARUH PENGGUNAAN CHANNEL YOUTUBE “KERAJINAN 5-MENIT” TERHADAP PENGEMBANGAN KREATIVITAS PADA GENERASI MILENIAL

Authors

  • Yanti Trianita Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
  • R. Kharismaya Fitriningrum Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.53856/bcomm.v2i2.206

Keywords:

Kerajinan 5 Menit, Saluran YouTube, Kreativitas, Generasi Milenial

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penggunaan Channel YouTube Kerajinan 5 Menit terhadap pengembangan keterampilan kreatif pada generasi milenial menggunakan Teori Kognitif Sosial dan Teori Media Baru. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan pengambilan subjek dalam penelitian ini adalah subscriber Channel YouTube Kerajinan 5 Menit dengan jumlah sampel 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan menggunakan purposive sampling. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji analisis data, uji korelasi, uji analisis regresi linier sederhana, uji koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis menggunakan uji T dengan bantuan SPSS versi 23. Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Channel Youtube Kerajinan 5 Menit terhadap perkembangan kreativitas pada generasi milenial. Hal ini sesuai dengan Teori Kognitif Sosial bahwa dengan menggunakan Channel YouTube Kerajinan 5 Menit dapat meningkatkan kemampuan kreativitas generasi milenial dengan mengamati dan meniru model-model yang ditampilkan dalam suatu kegiatan melalui YouTube.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, N. (2019). Pengaruh Terpaan Iklan Traveloka di Televisi versi “CHECK IN ONLINE" Terhadap Minat Mengunduh Aplikasi. Depok.

Arikonto, S. (2016). Definisi Subjek Penelitian.

Arikunto. (2002). In Teknik Pengambilan Sampel Penelitian.

Badan Pusat Statistik. (2018). Statistik Gender Tematik. In B. P. Statistik, Profil Generasi Milenial Indonesia (p. 17). Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Cultip, S. M., & H, A. (2019). Effective Public Relations.

Che, K. N., Faaizah, S., & Naim, C. P. 2014. Personalized Learning Environment (PLE) Experience in the 21st Century. 4th

World Congress on Information and Communication Technology

Dale. H. Schunk. Learning theoris. An education perspektif. (Yogyakarta: pustaka pelajar, edisi ke enam, 2012), hlm 161-162

Echols, J. M., & Shadily, H. (n.d.). English Indonesia Dictionary. Jakarta: Dede Pustaka.

Faiqah, F., Nadjib, M., & Amir, A. S. (2016). Youtube Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Komunitas Makassar Vidgram. Jurnal Komunikasi Kareba, 259-260.

Halik. (2013). Komunikasi Massa. Makassar: Universitas Islam Negeri (Uin) Alauddin Makassar.

Hamidati. (2011). In Komunikasi 2.0 Teoritisasi dan Implikasi. Yogyakarta: Pressindo.

https://www.YouTube.com/watch?v=AjUqOEeqwP4. (n.d.). Retrieved from https://www.YouTube.com/watch?v=AjUqOEeqwP4 - Diakses Pada Hari Sabtu, 4 Mei 2020

https://www.YouTube.com/watch?v=5--XTIdnWQQ. (n.d.). Retrieved from https://www.YouTube.com/watch?v=5--XTIdnWQQ - Diakses Pada Hari Selasa, 5 Mei 2020

Indrianto, & Supomo. (1999). In Paradigma Positivis.

Keller John & Suzuki Katsuaki, 2004). Learner motivation and e-learning design: A multinationally validated

process, Journal of Educational

Media, Vol. 29, issue 3, pp. 229-239

Mulyana. (2016). Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Universitas Mercu Buana.

Noor. (2011). In Penelitian Kuantitatif Dengan Pendekatan Deskriptif.

Nurina, F. (2017). Facebook dan Instagram sebagai media publishing karya komikus di Melati Komik Studio Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya., 26-30.

Onong U. Effendy. (2009). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek.

Rachmawati, Y., & Kurniati, E. (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rachmawati, Y., & Kurniati, E. (2011). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak. In Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak. Kencana, Prenada Media Group.

Sulala, A. (2016). Peran Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Kalisat Tahun Ajaran 2016/2017.

Tohari, Hamim., Mustaji dan Bachri B.S. 2019. Pengaruh Penggunaan Youtube terhadap Mtivasi Belajar dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 07/01, pp. 1-13

Wicaksono , S. P. (2018). Video Tutorial Lifehack dan D.I.Y: 5 Minutes Craft. Seminar Nasional Seni dan Desain: “Konvergensi Keilmuan Seni Rupa dan Desain Era 4.0” FBS Unesa, 25 Oktober 2018, 313-314.

Downloads

Published

01-10-2020

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH PENGGUNAAN CHANNEL YOUTUBE “KERAJINAN 5-MENIT” TERHADAP PENGEMBANGAN KREATIVITAS PADA GENERASI MILENIAL. (2020). BroadComm, 2(2), 1-11. https://doi.org/10.53856/bcomm.v2i2.206