MOTIF PENGGUNAAN MEDIA PODCAST TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA FOLLOWERS INSTAGRAM @RADITYA_DIKA
DOI:
https://doi.org/10.53856/bcomm.v3i1.219Keywords:
Motif, Podcast, Pemenuhan kebutuhan informasiAbstract
Salah satu kemajuan media internet yang mengalami perkembangan media baru adalah konten audio. Konten audio dikembangkan dalam bentuk distribusi di ranah media baru. Kemudahan yang diberikan oleh internet, khususnya produk konten audio dari media baru, dimodifikasi dari segi distribusi, seperti radio online, MP3, audioblog, dan yang terbaru podcast. Podcast berbeda dari radio FM dan AM konvensional, podcast tidak menyiarkan siarannya secara linier. Podcast yang mirip dengan YouTube merupakan platform broadcast on demand, dimana penonton dapat mengaksesnya kapan saja dan dimana saja tanpa harus menunggu waktu tertentu seperti siaran radio konvensional. Dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motif penggunaan media podcast untuk memenuhi kebutuhan informasi pada masa pandemi Covid-19 pada followers Instagram @raditya_dika. Dalam penelitian ini, dengan menggunakan teori Uses and Gratifications, teori ini mengatakan bahwa pengguna media berperan aktif dalam memilih dan menggunakan suatu media. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Teknik pengambilan sampel ditentukan dengan rumus Lameshaw yang populasinya tidak diketahui. Populasi penelitian ini adalah followers Instagram @raditya_dika yang berjumlah 16,5 juta followers dengan jumlah sampel 100 followers. Dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel yaitu purposive sample. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara motif penggunaan media podcast terhadap pemenuhan kebutuhan informasi masa covid-19 pada followers Instagram @raditya_dika sebesar 34,8%
Downloads
References
Burns, T. M. (2007). The Forecast for Podcasts: Sunny Skies but not Necessarily With Clear Visibility. Neurology Journal, 68(15), E19–E20
Ardianto, E. (2010). Metodologi Penelitian Untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Simbiosa Rekatama Media.
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Geoghegan, Michael,W., Klass, Dan. (2007). Podcast Solutions: The Complete Guide to Audio and Video Podcasting. USA: Friendsof OR SEC ED.USA.APRESS
Hanifah, Sintia. N. (2019). Motif Penggunaan Media. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret
Itqiya, Filza. (2018). Pengaruh Motif Penggunaan Media terhadap Kepuasan Pengguna Video dan Foto di Instagram AA GYM. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah
Kencana, W. H. (2020). Platform Digital Siaran Suara Berbasis on Demand. Commed: Jurnal Komunikasi dan Media, 4 (2), 191-207
Kriyantono, Rachmat. (2009). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Madden, M. (2006). Pew Internet Project Data Memo. Pew Internet and American Life Project. Retrieved form www.pewsearch.org/PIP_Podcasting_Nov06_memo on April 8th 2020
Nurudin. (2003). Komunikasi Massa. Pustaka Pelajar.
Nurudin. (2007). Pengantar Komunikasi Massa. Raja Gafindo Persada.
Rafiza, R. N. (2020). Podcast: Potensi dan Pertumbuhannya di Indonesia. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 11(1), 1-12.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.
Yusuf, Pawit M., dan Subekti, Priyo. (2010). Teori dan Praktik Penelusuran Informasi: Information Retrieval. Jakarta: Kencana.
Zaenudin, A (2017). Hikayat Podcast. Retrieved From https:/tirto.id/hikayat-podcast cufm on April 8th 2020
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Maharani Nur Azizah, Emilianshah Banowo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.