INTERAKSI PARASOSIAL IDOL GROUP K-POP ENHYPEN DENGAN PENGGEMAR MELALUI APLIKASI WEVERSE

Authors

  • Nereida Verellia Zagita BL Akademi Komunikasi Media Radio dan TV Jakarta
  • Dwi Agitashera Akademi Komunikasi Media Radio dan TV Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.53856/bcomm.v6i1.353

Keywords:

Interaksi Parasosial, Idol K-pop, Aplikasi Weverse

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji interaksi parasosial idol group K-pop Enhypen dengan penggemar melalui aplikasi Weverse. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis fenomenologi dengan paradigma konstruktivisme dan pendekatan teori interaksi parasosial serta teori computer mediated communication (CMC). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi parasosial para penggemar pada aplikasi Weverse dapat terjadi dikarenakan adanya ketertarikan penggemar terhadap sang idola. Ketertarikan tersebut berupa penggemar yang telah mengikuti Enhypen sejak mereka masih berada pada acara survival, ada pula penggemar yang merasa seperti memiliki teman ketika berinteraksi dengan Enhypen dan ada pula penggemar yang mengaku merasakan dampak positif selama berinteraksi dengan Enhypen. Serta tingkat keaktifan idol pada aplikasi Weverse juga menjadi faktor utama terjadinya interaksi parasosial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adrianik, I. C. (2023). Pengembangna Portofolio Digital Melalui Media Canva Dan Youtube Pada Pembelajaran Siswa Kelas V SDN Bulukerto 01 Batu Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(4). https://jurnal.widyahumaniora.org/index.php/jptwh/article/view/198/200

Afnibar, A., & Fajhriani, D. (2020). Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Komunikasi Antara Dosen Dan Mahasiswa Dalam Menunjang Kegiatan Belajar (Studi Terhadap Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang). Jurnal Al Munir, 11(1).

Ardiansah, I., & Maharani, A. (2021). Optimalisasi Instagram Sebagai Media Marketing: Potret Penggunaan Instagram sebagai Media Pemasaran Online pada Industri UKM. CV. Cendekia Press.

Baharuddin, I. (2021). Buktikan Bisa Sukses, 12 Idol Kpop Ini Punya Masa Trinee Terlama. IDN TIMES. Https://Www.Idntimes.Com. https://www.idntimes.com/korea/kpop/istyanah-b/idol-kpop-ini-punya-masa-trainee-terlama-c1c2-1

Djafar, D. M. Ramadhani. H., & Putri, Y. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram @VISITBOGOR Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Universitas Telkom.

Endarini, E. R. (2019). Representasi Idola Film Animasi Shingeki No Kyojin Pada Tokoh Levi dan Mikasa. Jurnal ARTic, 2(2).

Fauziah, E. (2022). Pengaruh Interaksi Parasosial Terhadap Perilaku Celebrity Worship Penggemar NCT (NCTZEN) Melalui Aplikasi Bubble LYSN. UNIVERSITAS LAMPUNG.

Hidayatulloh, N. (2023). INTERAKSI PARASOSIAL IDOL NCT DALAM MEMBANGUN KEDEKATAN DENGAN NCTZEN. Prosiding Konferensi Nasional Sosial Dan Politik (KONASPOL), 1, 277. https://doi.org/10.32897/konaspol.2023.1.0.2376

Indriani, N., & Kusuma, R. S. (2022). Interaksi Sosial Fandom Army di Media Sosial Weverse. Jurnal Komunikasi Global, 11(2), 206–226. https://doi.org/10.24815/jkg.v11i2.25397

Khairifah, V. (2021). Mengenal Apa itu Aplikasi Weverse dan Cara Menggunakannya. Https://Www.Cekaja.Com. https://www.cekaja.com/info/aplikasi-weverse

Lieharja, J. (2022). Fanatisme Penggemar Idola Korean Pop BTS dalam Interaksi Parasosial Melalui Media Sosial Weverse. UNIVERSITAS MULTIMEDIA NUSANTARA .

Lou, C., & Kim, H. K. (2019). Fancying the New Rich and Famous? Explicating the Roles of Influencer Content, Credibility, and Parental Mediation in Adolescents’ Parasocial Relationship, Materialism, and Purchase Intentions. Frontiers in Psychology, 10. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.02567

Nugraha, V. A. (2022). Pola Komunikasi Melalui Aplikasi Tinder (Studi Kasus Remaja Pengguna Tinder). UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

Nurdin. (2020). KAJIAN HADITS TEMATIK TENTANG TOKOH IDOLA DALAM PERSPEKTIF ISLAM. In OSF.

Pane, M. D. C. (2022). Mengenal Parasocial Relationship, Hubungan Satu Sisi Dengan Idola . Https://Www.Alodokter.Com. https://www.alodokter.com/mengenal-parasocial-relationship-hubungan-satu-sisi-dengan-idola

Putra, W. F., & Febriana, P. (2022). Penggunaan Aplikasi Digital Weverse sebagai New Media Interaksi antara Artis/Idol K-Pop dengan Para Penggemarnya. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 5(3), 1649–1659. https://doi.org/10.34007/jehss.v5i3.1263

Putri, N. A. (2023). Budaya Interaksi Parasosial Antara Penggemar Group Kpop @ENHYPEN_MEMBERS Di Twitter. Universitas Nasional.

Suhartini, T. (2018). Makna Kerja Bagi Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini: Studi Fenomenologi Di Paud ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia.

Taruna, K. T. P. (2021). Pengaruh Hubungan Parasosial, Kredibilitas Influencer, Dan Kredibilitas Merek Terhadap Purchase Intention Pada Produk Endorsement Dalam Instagram (Studi Pada Mahasiswa/i S1 Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 9(2).

Tofani, A. Z. (2023). WEVERSE SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI FANS DENGAN IDOL (STUDI PADA INTERAKSI SEVENTEEN DAN CARAT). Prosiding Konferensi Nasional Sosial Dan Politik (KONASPOL), 1.

Wardani, E. P., & Kusuma, R. S. (2021). INTERAKSI PARASOSIAL PENGGEMAR K-POP DI MEDIA SOSIAL (Studi Kualitatif pada Fandom Army di Twitter). Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 7(2), 243. https://doi.org/10.30813/bricolage.v7i2.2755

Downloads

Published

01-04-2024

Issue

Section

Articles

How to Cite

INTERAKSI PARASOSIAL IDOL GROUP K-POP ENHYPEN DENGAN PENGGEMAR MELALUI APLIKASI WEVERSE. (2024). BroadComm, 6(1), 88-98. https://doi.org/10.53856/bcomm.v6i1.353