MEMBANGUN SOLIDARITAS MELALUI KOMUNIKASI INTERPERSONAL: STUDI INTERAKSI SIMBOLIK DI KOMUNITAS GANG MILAN YANG MULTIKULTURAL
DOI:
https://doi.org/10.53856/gw98pg18Keywords:
Interaksi Simbolik, Komunikasi Interpersonal, Komunitas, Multikultural, SolidaritasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji komunikasi interpersonal di kalangan masyarakat Gang Milan dalam upaya membangun solidaritas. Penelian menggunakan pendekatan kualitatif dengan cara ini mengeksplorasi interaksi sehari-hari antarwarga. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi masyarakat Gang Milan, serta analisis dokumen terkait. Teori Interaksi Simbolik digunakan sebagai landasan untuk memahami dinamika komunikasi dalam konteks komunikasi interpersonal di komunitas ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat Gang Milan sangat beragam karena terdiri dari berbagai latar belakang suku, agama, dan bahasa. Komunikasi interpersonal melalui kata-kata dan simbol-simbol seperti gestur, ekspresi wajah, serta intonasi suara menjadi dasar dalam membangun pemahaman bersama. Bahasa dan budaya Betawi mendominasi komunikasi sehari-hari, namun setiap individu tetap mempertahankan identitas budaya masing-masing. Toleransi beragama terlihat jelas di antara warga dengan perbedaan agama. Komunikasi interpersonal ini membantu warga memahami perasaan dan pandangan satu sama lain, yang pada gilirannya menghasilkan rasa kesetaraan, empati, dukungan, serta keterbukaan yang memperkuat solidaritas di antara mereka. Warga secara aktif menafsirkan simbol-simbol dalam interaksi, yang memperdalam pemahaman dan membangun hubungan yang lebih personal. Individu menyadari pentingnya peran mereka dalam menjaga keharmonisan sosial, yang menciptakan komunikasi yang terbuka dan suportif tanpa hierarki yang kaku. Solidaritas komunitas terbentuk melalui interaksi sosial yang berulang, seperti kegiatan gotong royong dan kegiatan keagamaan, yang memperkuat ikatan sosial di tengah keberagaman.
Downloads
References
Blumer, H. (1986). Symbolic Interactionism: Perspective and Method. University of California Press.
Cangara, H. (2008). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta [ID]: PT RajaGrafindo Persada.
Creswell, J. W. (2017). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Tradition. Sage Publishing.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. . (2018). Research design: qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. (Fifth edit). Sage Publications, Inc.
DeVito, J. (2005). Essentials of Human Communication. Pearson.
DeVito, J. (2011). Komunikasi Antarmanusia. Tangerang Selatan: Kharisma Publishing Group.
Gudykunts, W. B., & Kim, Y. Y. (2003). Communicating with Stranger (4 Edition). Mc-Graw Hill Companies, Inc.
Littlejohn, S., & Foss, K. A. (2022). Ensiklopedia Teori Komunikasi. Kencana Prenada Media Group.
Littlejohn, Stephen, F., & A, K. (2009). Teori Komunikasi (Teori of Human Communication. Salemba Humanika.
Mead, G. H. (1934). Mind, Self, and Society from the Standpoint of a Social Behaviorist. University of Chicago Press.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook (3rd ed.). Sage Publications.
Nugraha, P. (2021). Komunikasi Interpersonal Jeme Pandak Dengan Masyarakat Dalam Menjalin Keakraban. Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial Dan Humaniora, 5(2), 168–176. https://doi.org/10.33369/jkaganga.5.2.168-176
Patton, M. Q. (2002). Qualitative Research & Evaluation Methods. In Qualitative Inquiry (3rd ed.). Sage Publications.
Pradipta, Y., Arifin, K., & Fadhil, A. (2014). Efektifitas Komunikasi Interpersonal Umat Beragama di Perumahan Bekasi Jaya Indah Rt 10/14. Studi Al-Qur’an, Universitas Negeri Jakarta, 10(2).
Pradipta, Y., Arifin, K., & Fadhil, A. (2014). Efektivitas Komunikasi Interpersonal Umat Beragama di Perumahan Bekasi Jaya Indah Rt 10 14. Jurnal Studi Al-Qur’an, 10(2), 109–118.
Rakhmat, J. (2005). Psikologi Komunikasi. . Remaja Rosdakarya.
Syahruddin, M., & Sari, A. (2023). Hubungan Sosial Masyarakat dalam Lingkungan Tetangga. Depok: Penerbit Akademik. Akademik, 2(1).
Yin, R. K. (2010). Qualitative Research from Start to Finish (1st ed., Vol. 148). The Guilford Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Vinnawaty Sutanto, Salim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.