BERITA PENCEMARAN LAUT AKIBAT PEMBUANGAN AIR LIMBAH NUKLIR FUKUSHIMA DI KOMPAS.COM TERHADAP TINGKAT KECEMASAN MASYARAKAT YANG MENGKONSUMSI MAKANAN LAUT DI INDONESIA

Authors

  • Edy Prihantoro Universitas Gunadarma
  • Afifah Azzahra Akademi Komunikasi Media Radio dan TV Jakarta
  • Didin Mukodim Universitas Gunadarma
  • Rizky Wulan Ramadhani Universitas Gunadarma
  • Arief Budi Pratomo Universitas Nusa Megarkencana

DOI:

https://doi.org/10.53856/4p6w4853

Keywords:

Berita Kompas.com, Pencemaran Laut, Limbah Nuklir, Kecemasan Masyarakat, Indonesia

Abstract

Berita yang terkait dengan lingkungan hidup menarik untuk diikuti dan dikaji secara bersama-sama oleh masyarakat Indonesia, termasuk Berita Pencemaran Laut sebagai akibat pembuangan air limbah nuklir Fukushima. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan berita pencemaran laut akibat pembuangan air limbah nuklir Fukushima di Kompas.com terhadap tingkat kecemasan masyarakat yang gemar mengkonsumsi makanan laut di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sedangkan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Uses and Effects. Sampel penelitian adalah masyarakat Indonesia yang pernah membaca dan atau melihat berita pencemaran laut akibat pembuangan air limbah nuklir Fukushima di media online Kompas.com. Hasil penelitian menunjukkan terpaan berita pencemaran laut akibat pembuangan air limbah nuklir Fukushima di Kompas.com terhadap tingkat kecemasan masyarakat pengkonsumsi makanan laut memiliki pengaruh yang cukup besar. Masyarakat yang membaca berita tersebut akan memiliki kecemasan yang lebih besar terhadap makanan dari laut, karena dampak negatif jangka pendek maupun jangka panjang dari limbah nuklir.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atkinson, K. C., & Benn, D. J. (1996). Pengantar Psikologi Jilid II (W. Kusuma, Ed.; XI). Erlangga.

Bungin, B. (2008). Sosiologi Komunikasi Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Kencana.

Cangara, H. (2008). Pengantar Ilmu Komunikasi. Rajawali Pers.

Halik, A. (2013). Komunikasi Massa. Universitas Islam Negeri (UIN) Alaidin.

Munawwaroh, P. R., & Lubis, E. E. (2018). Pengaruh Terpaan Media Pada Akun Instagram @Exploresiak Terhadap Minat Kunjungan Wisata Ke Siak Sri Indrapura. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau, 5(1), 1–13.

Nur, E. (2021). Peran Media Massa dalam Menghadapi Serbuan Media Online the Role of Mass Media in Facing Online Media Attacks. Majalah Ilmiah Semi Populer Media Massa, 1, 51–64.

Pandi, S. T. (2023). Kajian Hukum Pembuangan Limbah Nuklir Di Laut Menurut Hukum Lingkungan Internasional. Lex Administratum, 11(1).

Prihantoro, E., Mukodim, D., & Haryanti, D. A. (2019). Head Line and Critical Comments from Netizens on the Politics and Economy News detik.com. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 6(10), 103. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v6i10.640

Rarasati, R., & Pradekso, T. (2019). Pengaruh terpaan berita satwa laut yang mati akibat sampah plastik dan kampanye zero waste terhadap perilaku pengurangan penggunaan kantong plastik. Interaksi Online, 7(4), 295–304.

Rasmun, R. (2004). Stres, Koping dan Adaptasi. Sagung Seto.

Sukmawati Anwar, & Mahpuddin. (2020). Pengaruh Pemberitaan Bencana 28 September 2018 Di Kompas Tv Terhadap Tingkat Kecemasan Kerabat Korban Di Kota Makassar. Kinesik, 7(1), 73–81. https://doi.org/10.22487/ejk.v7i1.48

Sumadiria, A. S. H. (2006). Bahasa Jurnalistik: panduan praktis penulis dan jurnalis. Remaja Rosdakarya.

Vivian, J. (2008). Teori Komunikasi Massa (Tri Wibowo B. S, Ed.). Kencana.

Downloads

Published

30-04-2025

Issue

Section

Articles

How to Cite

BERITA PENCEMARAN LAUT AKIBAT PEMBUANGAN AIR LIMBAH NUKLIR FUKUSHIMA DI KOMPAS.COM TERHADAP TINGKAT KECEMASAN MASYARAKAT YANG MENGKONSUMSI MAKANAN LAUT DI INDONESIA. (2025). BroadComm, 7(1), 16-28. https://doi.org/10.53856/4p6w4853

Similar Articles

21-30 of 56

You may also start an advanced similarity search for this article.