ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN PERNYATAAN PRESIDEN PRANCIS PADA MEDIA ONLINE KOMPAS.COM DAN REPUBLIKA.CO.ID
DOI:
https://doi.org/10.53856/bcomm.v3i1.218Keywords:
Framing, Pemberitaan, Presiden Perancis, Republika.co.id, Kompas.comAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana media Kompas.com dan Republika.co.id membingkai pemberitaan tentang pernyataan presiden Prancis. Objek penelitian ini adalah kumpulan laporan berita tentang pernyataan presiden Prancis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma konstruktivis. Metode analisis yang digunakan adalah analisis framing dengan pendekatan model Robert N. Entman. Dengan menggunakan metode analisis framing Robert N Entman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa framing pada media Kompas.com dinilai lebih objektif dan netral dalam pemberitaan yang berkonteks religi dan liputan berita. beritanya juga tidak terlalu luas, hanya di seluruh negeri. sedangkan di Republika.co.id berita yang dimuat cenderung mengutamakan kepentingan umat dalam konteks keagamaan dan cakupan berita yang dimuat di Republika.co.id lebih luas daripada media Kompas.com.
Downloads
References
Cahya, I. (2018). Menulis Berita di Media Massa. Citra Aji Parama.
Eriyanto. (2012). Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. PT LKis.
Hamad, I. (2004). Konstruksi Realitas Politik dalam Media Massa. Granit.
Ishwara, L. (2005). Catatan-catatan Jurnalisme Dasar. PT Kompas Media Nusantara. Karlinah, S. (1999). Komunikasi Massa. Penerbitan UT.
Kriyantono, R. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktisi Riset Media, Public Relation, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Kencana.
Paloma, M. M. (1984). Sosiologi Kontemporer. CV Rajawali.
Rakhmat, J. (2005). Metode Penelitian Komunikasi. PT Remaja Rosdakarya.
Romli, A. S. M. (2012). Jurnalistik Online: Panduan Praktis Mengelola Media Online. Nuansa Cendekia.
Sobur, A. (2001). Analisis Teks Media; Suatu Pengantar untuk Analisis wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Remaja Rosdakarya.
Sudibyo, A. (2001). Politik Media dan Pertarungan Wacana. LkiS Pelangi Aksara.
Sugiyono. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suratno, Geri & Suryawati, Indah. (2019). Objektivitas Berita Bencana Gempa Lombok di Media Sosial Online. Jurnal Communiction. Vol 10 (1)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Sri Ayu Kusuma Wiguna, Ramita Hapsari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.