KONSTRUKSI NARASI HARAPAN DALAM LIRIK LAGU “SELALU ADA DI NADIMU” SEBAGAI DUKUNGAN MENTAL GEN Z
DOI:
https://doi.org/10.53856/ydremj08Keywords:
Gen Z, Kontruksi Narasi, Lirik lagu, Semiotika Roland Barthes, Teori HarapanAbstract
Gen Z merupakan generasi yang hidup pada masa yang tidak stabil, penuh dengan tekanan, krisis, kekhawatiran berlebih, sehingga Gen Z membutuhkan sumber harapan dan dukungan bagi hidupnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konstruksi narasi harapan dalam lirik lagu Selalu Ada di Nadimu. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan pendekatan analisis semiotika Roland Barthes. Selanjutnya dilakukan identifikasi tanda (sign) dengan metode Roland Barthes. Langkah-langkah yang dilakukan sebagai berikut: 1) membagi lirik lagu “Selalu Ada di Nadimu” berdasarkan struktur lagu, 2) memaknai sesuai dengan unsur makna denotasi, konotasi dan mitos setiap baris lirik, 3) menyusun tabel analisis untuk mendata hasil denotasi, konotasi dan mitos 4) menarik kesimpulan dan membuat laporan hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa narasi harapan terbentuk dalam sebuah kepercayaan dan keyakinan berupa doa yang penuh cinta dan kasih sayang. Narasi harapan terkonstruksi dari makna denotasi tentang kondisi kesulitan dan tantangan hidup; konotasi tentang munculnya perasaan percaya pada diri; dan mitos membentuk identitas kemandirian, keberanian, dan optimisme. Pola ini terbentuk sesuai dengan teori harapan Vroom, harapan membuat adanya dorongan motivasi untuk Gen Z mencapai tujuan. Implementasi penelitian adalah bahwa lagu tersebut memiliki potensi sebagai media support system bagi Gen Z menghadapi kekhawatiran hidup.
Downloads
References
Abdul Rehman, S., Sehar, S., & Afzal, M. (2019). Performance Appraisal; Application of Victor Vroom Expectancy Theory. Saudi Journal of Nursing and Health Care, 02(12), 431–434. https://doi.org/10.36348/sjnhc.2019.v02i12.008
Aditama, D. M. D., & Iman, A. N. (2023). Representasi Motivasi pada Lirik Lagu “Sebusur Pelangi” Karya Nonaria (Analisis Semiotika Roland Barthes). Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(2), 66–79. https://doi.org/10.35967/jkms.v12i2.7539
Alessandro, A., & Ramadhani, S. P. (2024). Analisis Semiotika Makna Cinta Dalam Lirik Lagu Seperti Kisah – Rizky Febian. BroadComm, 6(1), 77–85. https://doi.org/10.53856/bcomm.v6i1.352
Archamadi, A., Magdalena, R., & Ramatryana, I. N. A. (2016). ANALISIS DAN SIMULASI IDENTIFIKASI JUDUL LAGU DARI SENANDUNG MANUSIA MENGGUNAKAN EKSTRAKSI CIRI DCT ( Discrete Cosine Transform ) Analysis and Simulation Identification of Son G ’ S Ti Tle From Human ’ S Humming Using Dct ( Discrete Cosine Transform ) Fea. E-Proceeding of Engineering, 3(3), 4575–4584.
Ariyadi, T. M., Vidhiani, Y. R., & Puspidalia, Y. S. (2024). Makna Denotasi Dan Makna Konotasi Dalam Lirik Lagu Indonesia Era 1990 Dan 2000. 4(3), 261–271.
A’yun, M. Q. (2025). Memahami Generasi Z: Tantangan, Perilaku, dan Peluang. Badan Pusat Statistik Kabupaten Gorontalo.
Badan Pusat Statistik. (2024). Keadaan Pekerja di Indonesia Februari 2024. In Badan Pusat Statistik (Vol. 18, Issue 1).
Barzah, A. Z. D. A., & Al Anshory, A. M. (2022). Makna Cinta Dalam Lirik Lagu Bismillah Cinta Karya Sigit Purnomo: Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure. Hasta Wiyata, 5(2), 165–177. https://doi.org/10.21776/ub.hastawiyata.2022.005.02.07
Dahrani, & Sohiron. (2024). Penerapan Teori Harapan Victor Vroom dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(02), 1974–1987. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i02.5511
Deloitte. (2025). 2025 Gen Z and Millennial Survey: Growth and the pursuit of money, meaning, and well-being (pp. 1–51). Deloitte Touche Tohmatsu Limited.
Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1–5. https://doi.org/10.29210/02017182
GNFI. (2023). [Tweet oleh GNFI pada 1969612555455762562].
Hedo, D. J. P. K., & Simarmata, N. (2023). Harapan Sebagai Kekuatan Psikologis Remaja Dalam Surviving The Adversity. Buletin Konsorsium Psikologi Ilmiah Nusantara, 9(7).
Jadou, S. H., & Ghabra, I. M. M. M. Al. (2021). Barthes’ Semiotic Theory and Interpretation of Signs. International Journal of Research in Social Sciences and Humanities, 11(3). https://doi.org/10.37648/ijrssh.v11i03.027
Jamalus. (1988). Panduan Pengajaran Buku Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
Kristyowati, Y. (2021). Generasi “Z” Dan Strategi Melayaninya. 02(1), 23–34. https://doi.org/10.31219/osf.io/w3d7s
Kriyantono, R. (2020). Teknik Praktis Riset Komunikasi Kuantitatif dan Kualitatif.
Laleilmanino. (2025). Untuk Setiap Hati yang Menemani Perjalanan “Selalu Ada di Nadimu.” Laleilmanino.id.
Nitbani, S. (2022). MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK (Sebuah Kajian Teoretik Berdasarkan Teori Ekspektansi Vroom). Jurnal Lazuardi, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.53441/jl.vol5.iss2.73
Oktarina, D., & Ashaf, A. F. (2024). Makna Motivasi pada Lirik Lagu “Catatan Kecil” Karya Adera: Analisis Semiotika Roland Barthes. Action Research Literate, 8(10), 2861–2866. https://doi.org/10.46799/arl.v8i10.2202
Panjaitan, A. P. (2019). Kekuatan Musik Dalam Pendidikan Karakter Manusia. 174–194. https://doi.org/https://doi.org/10.26593/mel.v35i2.4040.174-194
Rais, M. R. (2022). Kepercayaan Diri (Self Confidence) Dan Perkembangannya Pada Remaja. Al-Irsyad, 12(1), 40. https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v12i1.11935
Sarti, R. I. (2025). Soundtrack Film Jumbo ‘Selalu Ada di Nadimu’ Tembus Lebih dari 3 Juta Pendengar, Simak Lirik Lagunya. INUSA.ID.
Setiawan, A. Z. P., Khaerunissa, N. A., & Mulyeni, S. (2025). Pengaruh Lagu ”Satu Bulan” : terhadap Perubahan Emosi dan Harapan dalam Melodi Bernadya. Jurnal Bersama Ilmu Pendidikan (DIDIK), 1(1), 13–19. https://doi.org/10.55123/didik.v1i1.7
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Sukarelawati, Ruhimat, & Siam, R. C. (2025). Resiliensi Pesan dalam Lirik Lagu “Birth” JKT48 (Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure). 9(April 2025), 120–135.
Tarigan, C. R. (2024). FAKTOR YANG MEMENGARUHI PREFERENSI MUSIK PADA GEN Z Cheny Reael Tarigan. 8(2), 261–270.
(UNESA), S.-1 S. M. (2024). Pengertian Musik dan Fungsi Musik. Prodi Seni Musik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya.
Yulianti, R. T. (2016). Pengaruh Musik Bagi Pencapaian Spiritual. Millah, III(2), 326–329. https://doi.org/10.20885/millah.voliii.iss2.art12
Zaman, S. N. (2024). Survey Deloitte: Kekhawatiran Gen Z dalam Hidup. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 4(1), 54–62. https://doi.org/10.37481/jmh.v4i1.658
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jeni Novianti Wijaya, Devi Wening Astari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






