PENGARUH BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TOYOTA AVANZA (STUDI PADA KONSUMEN SHOWROOM ASTRIDO TOYOTA PONDOK GEDE KOTA BEKASI)

Authors

  • Aldi Ramadhan AKMRTV Jakarta
  • Yeni Nuraeni Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.53856/bcomm.v1i2.195

Keywords:

Citra Merek, Kepercayaan Merek, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian konsumen Toyota Avanza secara parsial dan simultan. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan explanatory dan metode pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden, teknik purposive sampling dengan rumus rao purba. Metode analisis data penelitian ini menggunakan koefisien korelasi determinasi, pengujian asumsi klasik, pengujian regresi linier berganda dan pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh hasil analisis regresi linier berganda Y= 14,851+ 0,544x1 + 0,102x2, artinya semakin besar citra merek dan kepercayaan merek maka keputusan pembelian konsumen akan meningkat dan berubah ke arah yang positif. Dari hasil uji-t variabel X1, nilai tanda 0,000 menunjukkan bahwa ada signifikansi dan X2 nilai tanda 0,342 menunjukkan tidak ada signifikansi. Dan secara simultan nilai tanda 0,000 menunjukkan signifikansi. Koefisien korelasi determinasi sebesar 0,231 artinya seluruh variabel bebas yaitu citra merek (X1), kepercayaan merek (X2) memiliki kontribusi sebesar 23,1% terhadap keputusan pembelian (Y), sedangkan sisanya sebesar 76,9% dipengaruhi oleh faktor lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiwidjaja, A. J & Tarigan, Z. J. H (2017). Pengaruh brand image dan brand trust terhadap keputusan pembelian sepatu converse. Agora, 5(2).

Efendy, P., & Suryadinata, Y. (2015). Analisa Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Di Restoran D'cost Surabaya. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 3(2), 613-627.

Hasugian, J. T. (2015). Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Telkomsel. Ejournal Ilmu Administrasi Bisnis, 3, 923-937.

Juari, R. (2010). Pengaruh Kepercayaan Merek Pada Pembentukan Loyalitas Merek APPLE Di YOGYAKARTA. JBTI: Jurnal Bisnis: Teori dan Implementasi, 1(1), 63-89.

Permana, W. A. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran (Product, Promotion, Place, Price) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Froster (Studi Kasus Di Pt Circleka Indonesia Utama Cabang Lobby Terminal B Bandara Adisucipto Yogyakarta) (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Yogyakarta).

Nofriyanti, A. R. (2017). Pengaruh Brand Trust, Brand Image, Perceived Quality, Brand Loyalty Terhadap Brand Equity Pengguna Telkomsel. Ekonomi Bisnis, 22(2), 130-142.

Rizan, M., Saidani, B., & Sari, Y. (2012). Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Teh Botol Sosro Survei Konsumen Teh Botol Sosro Di Food Court Itc Cempaka Mas, Jakarta Timur. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 3(1), 1-17.

Semuel, H., & Lianto, A. S. (2014). Analisis ewom, brand image, brand trust dan minat beli produk smartphone di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 8(2), 7-54.

Solihah, N. (2019). Analisis Deskriptif Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Peserta (Produk Ziarah Baitullah) (studi di PT. Asuransi Takaful Keluarga RO Cabang Serang City) (Doctoral dissertation, UIN SMH BANTEN).

Downloads

Published

01-10-2019

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TOYOTA AVANZA (STUDI PADA KONSUMEN SHOWROOM ASTRIDO TOYOTA PONDOK GEDE KOTA BEKASI). (2019). BroadComm, 1(2), 65-73. https://doi.org/10.53856/bcomm.v1i2.195