PENENTUAN MODULARITY CLASS PADA FENOMENA CROSS PLATFORM #WHATSAPPDOWN TRENDING DI TWITTER MENGGUNAKAN SOCIAL NETWORK ANALYSIS

Authors

  • Pipit Fitriyah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
  • Andre Muhammad F Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.53856/bcomm.v3i1.216

Keywords:

Jaringan Komunikasi, Computer Mediated Communication, Lintas Bidang, Sosial Media, Social Network Analysis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jaringan komunikasi fenomena #Whatsappdown yang viral dan dijadikan bahan perbincangan publik di Twitter, tingginya mobilisasi pengguna media sosial mengakibatkan masalah pada aplikasi WhatsApp yang sempat turun menjadi trending di media sosial lainnya. platform, Twitter. Penelitian ini menggunakan teori Computer-Mediated Communication (CMC). Menurut AF Wood dan MJ Smith, CMC adalah segala bentuk komunikasi antara individu, individu, yang terhubung satu sama lain melalui komputer dalam jaringan internet, dan model Social Network Analysis (SNA) digunakan untuk melihat pola jaringan tersebut. untuk diteliti sehingga peneliti dapat diketahui siapa saja aktor kelas yang berpengaruh dalam jaringan komunikasi dari penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan paradigma positivistik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kelas Modularitas #WhatsAppDown terbagi menjadi 5 kelas, dimana setiap kelas memiliki aktor penting yang menjadi pusat informasi. 5 aktor yang memiliki peran penting yaitu, @megasair, @whatsapp, @actuxiaomi, @akinyivivien, @annemariayritys. Akun @megasair sebagai aktor yang paling aktif menyebarkan informasi ini dan akun @anneamariayritys yang berperan sebagai penghubung yang menghubungkan satu aktor dengan aktor lainnya yang belum pernah terhubung sebelumnya. Jika aktor tersebut tidak ada, maka proses komunikasi dengan aktor lain akan terputus sehingga informasi tidak dapat dipublikasikan secara luas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayun, Primada Qurrota. (2015). Fenomena Remaja Menggunakan Media Sosial dalam Membentuk Identitas. Channel, Vol. 3, No. 2, Oktober 2015: 1 – 16

Bungin, Burhan. (2005). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Airlangga University Press

Creeber, G., & Martin, R. (2009). Digital Cultures: Understanding New Media. Open University Press.

Eriyanto. (2014). Analisis Jaringan Komunikasi Strategi Baru dalam Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Prenadamedia Group.

Greiffenstern, S. (2010). The Influence Of Computers, The Internet And Computer-Mediated Communication On Everyday English. Logos-Verl.

Hanneman, R.A. & Riddle, M. (2005). Introduction To Social Network Methods. Riverside, CA: University of California, Riverside.

Ibrahim & Idi Subandy. (2011). Kritik Budaya Komunikasi, Yogyakarta, Jalasutra.

Iriani, A., & Priyanto, S. H. (2013). Modeling of employee relationship in SME batik: case study of Windasari batik. Asian Journal of Management Sciences and Education, 2(4).

Kurmia, N. (2005). Perkembangan Teknologi Informasi dan Media Baru: Implikasi Terhadap Teori Komunikasi. Mediator: Jurnal Komunikasi, 6(2).

Mc Quail, Dennis. (2000). McQuail’s Communication Theory (4th Edition). London: Sage Publication.

Nasrullah, Rulli. (2014). Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Nor Amalina, Sarina, Siti Zaiton & Nor Bahiah. (2016). Visualization And Centrality Measurement Of Social Network Analysis. Jurnal Teknologi (Sciences & Engineering) 78:8-2 (2016) 65-74

Oktaviana, L., Fitriyah, P., & Prihantoro, E. (2019). New Digital Habits: Digital Migration in Consuming Social Media Platforms Cross. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding Jakarta International Conference on Social Sciences and Humanities, 9(4), 55–62.

Priyopradono, B., Manongga, D., & Utomo, W. H. (2012). Social Network Perspective: Model of Student’s Knowledge Sharing On Social Network Media. International Journal of Computer Science Issues (IJCSI), 9(3), 54–58.

Puspita, Yesi. (2015). Pemanfaatan New Media dalam Memudahkan Komunikasi dan Transaksi Pelacur Gay. Jurnal Pekommas, Vol. 18 No. 3, Desember 2015: 203 – 212

Serrat, O. (2017). Social Network Analysis. In Knowledge Solutions. Singapore Springer.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT. Remaja Rosdakarya.

Wahyu, T. (2012). Komunikasi Media, Teknologi, dan Masyarakat. Pustaka Pelajar.

Wood, A. F., & Smith, J. M. (2005). Online Communication: Linking Technology Identify and Culture. Lawrence Erlbaum Associates, Inc.

Wright, K.B., Lynne., M.W. (2011). Computer-Mediated Communication In Personal Relationship. New York: Peter Lang Publishing

Downloads

Published

01-04-2021

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENENTUAN MODULARITY CLASS PADA FENOMENA CROSS PLATFORM #WHATSAPPDOWN TRENDING DI TWITTER MENGGUNAKAN SOCIAL NETWORK ANALYSIS. (2021). BroadComm, 3(1), 23-34. https://doi.org/10.53856/bcomm.v3i1.216

Similar Articles

71-80 of 84

You may also start an advanced similarity search for this article.