STRATEGI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION PADA OBJEK WISATA PULAU PARI DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN

Authors

  • Yanti Trianita Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
  • Annisa Dinda Larasati Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.53856/bcomm.v3i2.224

Keywords:

Strategi, Integrated Marketing Communication, Pulau Pari, Kunjungan Wisatawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran terpadu pada Pulau Pari dalam meningkatkan kunjungan wisatawan. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara yang dilakukan kepada pengelola objek wisata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam meningkatkan kunjungan wisatawan, pengelola objek wisata Pulau Pari melakukan promosi dengan menggunakan media digital seperti web, media sosial, serta memberikan discount kepada pengunjung. Selain itu, strategi yang dilakukan adalah dengan menganlisis faktor internal dan eksternal. Faktor internal dapat dilihat dari kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh objek wisata pulau pari. Secara kekuatan pulau pari merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang memiliki daya tarik yang indah, bersih, serta keramah tamahan dari penduduk sekitar. Sedangkan yang menjadi kelemahan adalah kurangnya promosi yang dilakukan oleh pengelola, serta kurangnya modal untuk pembiayaan operasional karena belum banyaknya investor yang masuk. Adapun faktor eksternal yaitu peluang dan ancaman. Dengan adanya objek wisata ini dapat memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat. Sedangakan ancaman yang dihadapi oleh pengelola pulau pari saat ini salah satunya adalah dengan adanya pandemi covid-19, sehingga menurunya kunjungan wisatawan ke Pulau Pari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kennedy, John. E; R Dermawan Soemanagara. (2006). Marketing Communication-Taktik dan Strategi. Jakarta. PT Buana Ilmu Populer (kelompok Gramedia)

Kotler, Philip and Gary Armstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran terjemahan, Edisi 13. Jakarta: Erlangga

Limakrisna, N. (2011). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Dan Kerelasian Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 13(1). https://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/ekbis/article/view/323

Muntadliroh, M. (2016). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Ekowisata Di Kebun Raya Eka Karya, Bedugul, Bali. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA). https://doi.org/10.24843/jumpa.2016.v03.i01.p04

Ningrum, D. A., & Ningrum, D. A. S. (2016). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Wisata Kusuma Tirta Minapolitan Terhadap Peningkatan Kunjungan Wisata Bahari Di Kabupaten Sidoarjo. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 81–92. https://doi.org/10.21070/kanal.v4i1.316

Peraturan Nomor 27 tahun 2007 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Peraturan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata. (2010), cara pendaftaran usaha wisata tirta

Peraturan Daerah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta. (2012). Rencana Tata Ruang Wilayah 2030.

Pitana, I Gede & Surya Diarta, I Ketut. (2009). Pengantar Ilmu Pariwisata. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Rahma, F. N., & Handayani, H. R. (2013). Pengaruh Jumlah Kunjungan Wisatawan, Jumlah Obyek Wisata Dan Pendapatan Perkapita Terhadap Penerimaan Sektor Pariwisata Di Kabupaten Kudus. Diponegoro Journal of Economics, 2(2), 1–9. https://media.neliti.com/media/publications/19638-ID-pengaruh-jumlah-kunjungan-wisatawan-jumlah-obyek-wisata-dan-pendapatan-perkapita.pdf

Rangkuti, Freddy. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Rangkuti, Freddy (2013). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama

Reid, Robert. (2014). Managing Menopause. Journal of Obstetrics and gynaecology Canada. Volume 36, Number 9. ON ISSN 1701- 2163.http://www.jogc.com.

Rosady, Ruslan. (2005). Manajemen Public Relations. Media Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Sari, S. N. & M. S. D. de F. (2021). Pengembangan Pariwisata Dalam Upaya Pembangunan Ekonomi Masyarakat di Pulau Pari Kepuluan Seribu. JURNAL ABIWARA Vol. 2, No. 2, Maret 2021. https://docplayer.info/205832130-Jurnal-abiwara-vol-2-no-2-maret-2021-pp-issn.html

Siswanto, B. Sastrohadiwiryo. (2002). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia, (Edisi 2). Jakarta: PT. Bumi Aksara

Sulaksana. (2003). Integrated Marketing Communications; Teks dan Kasus. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Supriyanto, Sugeng. (2008). Meraih Untung dari Spanduk Hingga Billboard. Yogyakarta: Pustaka Grhatama

Tejakusuma, Anton. (2010.) Mega Super Salesman. Jakarta: New Diglossia

Tjiptono, fandy. (2008). Strategi Pemasaran (Edisi III). Yogyakarta: ANDI.

Wahab, S. (2003). Manajemen Kepariwisataan. Jakarta: Pradnya Paramitha

Downloads

Published

01-10-2021

Issue

Section

Articles

How to Cite

STRATEGI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION PADA OBJEK WISATA PULAU PARI DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN . (2021). BroadComm, 3(2), 28-38. https://doi.org/10.53856/bcomm.v3i2.224