PENGARUH PENGGUNAAN INFOGRAFIS PADA PEMBERITAAN COVID-19 DI MEDIA ONLINE REPUBLIKA.CO.ID TERHADAP KEPUASAN MEMPEROLEH INFORMASI GEN Z
DOI:
https://doi.org/10.53856/bcomm.v3i2.229Keywords:
Teori Uses and Gratification, Generasi Z, Pengguna Media, Infografis, KepuasanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan infografis pada pemberitaan covid-19 di media Republika.co.id terhadap kepuasan memperoleh informasi Generasi Z. Teori yang digunakan adalah teori uses and gratification yang dikemukakan oleh Herbert Blumer dan Elihu Katz. Dalam teori ini dijelaskan bahwa pengguna media atau dalam hal ini adalah generasi Z berperan aktif dalam memilih dan menggunakan media tersebut, dimana generasi Z sebagai pengguna media berusaha mencari sumber media yang bisa memenuhi kebutuhan informasi akan berita covid-19 yang terbaru dan up to date yang bisa disajikan oleh media untuk memenuhi kepuasannya dalam mendapatkan informasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah generasi Z yang aktif dalam mencari informasi di portal berita online Republika.co.id terkait pemberitaan mengenai covid-19. Generasi Z yang diteliti dengan kriteria usia tahun lahir pada 1995 hingga 2012 yang berada di Kota Bogor dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 sampel berdasarkan jumlah populasi yang tidak diketahui jumlahnya secara pasti. Hasil penelitian yang didapatkan pada penelitian ini yaitu peran penggunaan infografis sebagai variable x memiliki pengaruh sebesar 29,4% terhadap kepuasan memperoleh informasi responden sebagai variable y. artinya, pengaruh variable penggunaan infografis terhadap kepuasan memperoleh informasi responden berada dalam kategori yang rendah.
Downloads
References
Aditya, R. (2020). Kaleidoskop 2020: 10 Berita Paling Banyak Dicari di 2020. Suara.Com. https://www.suara.com/news/2020/12/31/123711/kaleidoskop-2020-10-berita-paling-banyak-dicari-di-2020?page=all
Aisyah, R. N., Fadilah, E., & Sjafirah, N. A. (2020). Penggunaan Infografis pada Akun Instagramtirtoid Sebagai Strategi Cross-media. Kajian Jurnalisme, 3(2). https://doi.org/10.24198/jkj.v3i2.22276
Arasid, M. N., & Hapsari, R. (2019). Pemaknaan Ilustrasi Berita Infografis Pada Media Online (Analisis Semiotika pada Instagram CNBC Indonesia). Jurnal Ilmu Komunikasi [JIKA], 6(2). http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jika
Arianti, G. (2017). Kepuasan Remaja Terhadap Penggunaan Media Sosial Instagram dan Path. WACANA, 16(2). https://journal.moestopo.ac.id/index.php/wacana %0Ahttps://covid19.go.id/tanyajawab?search=Apa yang dimaksud dengan pandemi %0A
https://republika.co.id/kanal/infografis/nasional-infografis. (2021). Republika.Co.Id. https://republika.co.id/kanal/infografis/nasional-infografis
Indrajaya, S. E., & Lukitawati, L. (2019). Tingkat Kepercayaan Generasi Z Terhadap Berita Infografis dan Berita Ringkas di Media Sosial. Jurnal Komunikasi, 11(2), 169–182. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24912/jk.v11i2.5045
Karman. (2013). Riset Penggunaan Media dan Perkembangannya Kini. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 17(1), 103–121. https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/jskm/article/view/170106
Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Kencana Prenada Media Group.
Kurniawati, J., & Baroroh, S. (2016). Literasi Media Digital Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Komunikator, 8(2). https://journal.umy.ac.id/index.php/jkm/article/view/2069/2586
Musfiyah, & Christiani, L. (2020). Pemanfaatan Line Today Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro Semarang. ANUVA, 4(4). http://ejournal.undip.ac.id/index.php/anuva
Ningrum, R. K., & Prihantoro, E. (2020). Pengaruh Intensitas dan Motif Penggunaan Media Instagram Terhadap Kepuasan Mendapatkan Informasi Followers Akun @soloinfo. Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah Dan Komunikasi (JRMDK), 2(2), 60–67. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/jrmdk/article/view/10320/6111
NN. (2020). Apa itu Infografis? Http://Houseofinfographics.Com/. http://houseofinfographics.com/apa-itu-infografis/
Rohmah, N. N. (2020). Media Sosial Sebagai Media Alternatif Manfaat dan Pemuas Kebutuhan Informasi Masa Pandemik Global Covid 19 (Kajian Analisis Teori Uses and Gratification). Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(1), 1–16. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jail/article/view/2957
Saptodewo, F. (2014). Desain Infografis Sebagai Penyajian Data Menarik. Jurnal Desain, 01(03). https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Jurnal_Desain/article/view/563
Susanti, R. (2020). Ini 10 Media Online, Cetak dan Akun Medsos Teraktif Beritakan Covid-19 Sepanjang 2020. Regional.Kompas.Com. https://regional.kompas.com/read/2020/12/29/07055951/ini-10-media-online-cetak-dan-akun-medsos-teraktif-beritakan-covid-19?page=all
Taufik, M. (2012). Infografis Sebagai Bahasa Visual Pada Surat Kabar Tempo. Techno.COM, 11(4), 156–163. https://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/396073
Yamit, Z. (2001). Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi Pertama. Ekonisia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Endah Purwitasari, Fitri Dwi Lestari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.