PERAN HUMAS MUSEUM NASIONAL DALAM MENINGKATKAN CITRA MELALUI KEGIATAN PAMERAN MUSEUM KELILING

Authors

  • Siti Masitoh AKMRTV Jakarta
  • Christiana Wulandari AKMRTV Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.53856/bcomm.v1i2.196

Keywords:

Peran, Pameran, Museum Nasional, Peningkatan Citra, Pengunjung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis instansi akan perlunya dukungan masyarakat untuk menciptakan citra positif maka dari itu Museum Nasional sangat memerlukan saran dan kritik dari khalayak. Dukungan masyarakat bisa didapatkan dengan meningkatkan peran humas dalam memperkenalkan instansi tersebut. Penelitian ini mengkaji bagaimana Humas berperan dalam meningkatkan citra Museum Nasional dalam program Museum Keliling yang diselenggarakan pada tahun 2014. Kajian ilmiah telah berusaha memberikan informasi tentang “peran humas Museum Nasional dalam meningkatkan citra museum melalui pameran keliling”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang digambarkan dengan cara diseminasi atau bentuk cerita. Penelitian dilakukan survey secara langsung yaitu dengan mendatangi langsung ke lapangan mengumpulkan data studi kepustakaan, observasi, dan melakukan wawancara. Tujuan yang dicapai dari penelitian ini adalah untuk menemukan jawaban apakah peran Humas yang menyelenggarakan pameran di sekitar museum dapat mendongkrak citranya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pameran museum di sekitar citra Museum Nasional menjadi citra positif. Ke depannya diharapkan kegiatan pameran ini dapat berlangsung secara rutin agar citra Museum Nasional tetap positif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardianto, E. (2008). Public Relations Praktis. Widya Padjajaran.

Danandjaja. (2011). Peranan Humas dalam Perusahaan. Graha Ilmu.

Ruslan, R. (2012). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Raja Grafindo Persada.

Soemirat, S., & Ardianto, E. (2010). Dasar-dasar Public Relations. PT. Remaja Rosdakarya.

Suhandang, K. (2012). Studi dan Penerapan Public Relations. Nuansa Cendekia.

Bungin, Burhan. (2006). Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Cangara, Hafied. (2009). Pengantar Ilmu Komunukasi. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada

Evelina, Lidia. (2005). Event Organizer Pameran. Jakarta: PT.Indeks

Mustari, Mohamad. (2012). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Laksbank Pressindo.

Nahdiah, Siti. (2011). Analisa komunikasi Pemasaran Museum Nasional dalam Event pameran kebudayaan cina. Jakarta: Skirpsi Program Sarjana Binus University

Masitoh, Siti. (2013). Melek Media Khalayak pada Tayangan TalkShow di Tv (Studi Kasus pada tayangan Talk Show Indonesia Lawyers Club di Tv One). Jakarta: Tesis Program Pascasarjana Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta

Downloads

Published

01-10-2019

Issue

Section

Articles

How to Cite

PERAN HUMAS MUSEUM NASIONAL DALAM MENINGKATKAN CITRA MELALUI KEGIATAN PAMERAN MUSEUM KELILING. (2019). BroadComm, 1(2), 74-82. https://doi.org/10.53856/bcomm.v1i2.196

Similar Articles

11-20 of 22

You may also start an advanced similarity search for this article.