MEDIA SOSIAL TWITTER DALAM DIMENSI SELF DISCLOSURE PADA MAHASISWA DI KOTA DEPOK

Authors

  • Ramita Hapsari AKMRTV Jakarta
  • Zoraya Azahra Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.53856/bcomm.v2i2.211

Keywords:

Johari Window, Mahasiswa, Media Social, Self Disclosure, Twitter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana keterbukaan diri mahasiswa di Kota Depok melalui media sosial Twitter. Penelitian ini menggunakan Teori Jendela Johari. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan paradigma konstruktivis. Subjek dalam penelitian ini adalah 7 informan mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Gunadarma Depok. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah media sosial Twitter. Hasil kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa mereka mempersepsikan Twitter sebagai online diary yang dapat menggantikan peran manusia sebagai tempat mengadu dan menceritakan apa yang individu rasakan. Gambaran keterbukaan diri pada siswa dapat dilihat dalam 4 kategori keterbukaan diri berdasarkan teori Jendela Johari yaitu Open self, Blind Self, Hidden Self, Unknown Self, dimana gambaran self-disclosure dapat berupa bentuk berbagi emosi yang sedang dirasakan dan dapat berupa kegiatan dari hobi atau prestasi yang ditunjukkan kepada orang lain sehingga siswa lebih memilih untuk berbagi cerita di media sosial. Saran dalam penelitian ini adalah pemilihan kata yang dipilih pada setiap unggahan diharapkan baik karena meninggalkan jejak digital yang akan selalu ada di internet tanpa ada batasan waktu. Saran bagi peneliti selanjutnya untuk memperluas cakupan penelitian dengan meneliti sampel penelitian yang lebih bervariasi, sehingga pada penelitian selanjutnya hasil yang diperoleh dapat dilihat lebih signifikan mengenai gambaran keterbukaan diri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Devito, Joseph A. (2001). Komunikasi Antar Manusia. Jakarta: Karisma Publishing.

Floyd, K. (2009). Interpersonal Coomunication The Whole Story. New York: MC-Graw Hill.

Hidayat, N. Dedy. (2003). Paradigma dan Metodologi Penelitian Sosial Empirik Klasik. Jakarta: FISIP UI.

J. Dixion, Brian. (2012). Social Media for School Leader. Amerika Serikat: Jossey Bass A Willey Inprint.

Kietzmann, J.H. (2011). Social Media? Get Serious! Understanding the Functional Building Block of Social Media. Business Horizon, 241-251.

Liliweri, Alo. (2011). Komunikasi Antarpersonal. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, Rulli. (2014). Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Pamuncak, D. (2011). Pengaruh Tipe Kepribadian terhadap Self Disclosure Pengguna Facebook. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Robbins, Stephen, P. (2007). Perilaku Organisasi. Indonesia: PT Macanan Jaya.

Sagiyanto, Asriyani dan Nina A. (2018). Self Disclosure Melalui Media Sosial

Instagram. Journal of Communication, Vol.2 (1), 81-94.

Sears, David O. (2001). Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.

Taylor C, Lilis C, Le More. (2000). Fundamentals of Nursing the Art and Science of Nursing Care. Philadhelpia: Lippincott.

Wood, JT. (2012). Interpersonal Communication: Everyday Encounters, Eight Edition. UK: University of North Carolina.

Wei M, Russel, D.W&Zakalik, R.A.(2005). Adult Attachment, Social Self Efficay, Self Disclosure, Lonelines, Subsequent Depression for Freshman College Student. Journal of Concelling Psychology Vol.52 (4).

Downloads

Published

01-10-2020

Issue

Section

Articles

How to Cite

MEDIA SOSIAL TWITTER DALAM DIMENSI SELF DISCLOSURE PADA MAHASISWA DI KOTA DEPOK. (2020). BroadComm, 2(2), 57-71. https://doi.org/10.53856/bcomm.v2i2.211

Similar Articles

11-20 of 59

You may also start an advanced similarity search for this article.