EFEKTIVITAS KAMPANYE PENGGUNAAN HASHTAG #dirumahaja PADA SOSIAL MEDIA TWITTER TERHADAP PERILAKU MAHASISWA DALAM MENYIKAPI PANDEMI COVID-19

Authors

  • Tiara Mita AKMRTV Jakarta
  • Yudanto Prayitno AKMRTV Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.53856/bcomm.v2i2.213

Keywords:

Efektivitas Komunikasi, Kampanye #dirumahaja, Perilaku Mahasiswa, Stimulus Respon, Virus Covid-19

Abstract

Munculnya wabah virus Covid-19 menjadi berita hangat di media elektronik dan media sosial terkait anjuran pemerintah untuk melakukan social distancing, diikuti dengan kebijakan di rumah saja, kampanye #DirumahAja dengan cepat muncul untuk mengingatkan masyarakat. untuk menanggapi pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan Teori Stimulus Respon untuk menunjukkan bahwa proses komunikasi ini adalah aksi dan reaksi. Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode survei, yaitu mengumpulkan informasi dari responden mahasiswa Akademi Media Komunikasi Radio dan Televisi angkatan 2017 yang menggunakan media sosial Twitter melalui penyebaran kuesioner. Hasil penelitian adalah informasi mengenai efektivitas kampanye penggunaan media sosial Twitter #dirumahaja terhadap perilaku mahasiswa dalam merespons pandemi Covid-19. Berdasarkan hasil persamaan regresi sederhana Y = 14,050 + 1,847X. Nilai konstanta 14.050 menyatakan bahwa jika tidak ada nilai X maka nilai partisipasi adalah 14.050. Koefisien regresi X sebesar 1,847 menyatakan bahwa setiap penambahan 1 nilai X maka nilai partisipasi meningkat 1,847. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,786 artinya terdapat hubungan yang cukup kuat antara variabel efektivitas penggunaan #dirumahaja (X) terhadap variabel perubahan perilaku siswa (Y). Koefisien determinasi (R square) sebesar 0,617 artinya sebesar 61,7% variasi variabel efektivitas hashtag terhadap perubahan perilaku siswa, sisanya sebesar 38,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anindhito Anugrahwisesa., & Nofha Rina, (2019). Efektivitas Komunikasi Akun Twitter @Humasbdg Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Masyarakat Kota Bandung. Vol.6, No.3. Universitas Telkom.

Bettinghaus, Erwin P. (1973). Persuasive Communication. Holt, Rinehart, and Winston. New York.

Bruns A. & Burgess J.E. (2011). The use of Twitter hashtag in the formation of ad hoc publics. Paper presented at the 6th European Consortium for Political Research General Conference, University of Iceland, Reykvjavik.

Effendy, Onong Uchjana. (2007). Ilmu Komunikasi (Teori dan Praktek), Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Effendy, Onong Uchyjana. (2009). Komunikasi; Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi analisis multivariat Dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hatmi Prawita Achsa. (2018). Penggunaan Internet Sebagai Public Sphere Dalam Demokrasi Deliberatif. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Malang.

Hovland, C. I., & W. Weiss (1951). The Influence Of Source Credibility On Communication Effectiveness. Public Opinion Quarterly, 15: 635-650.

Kriyantono, Rakhmat. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi Disertai Contoh

Praktis Riset Media, Public Relation, Advertising, Komunikasi Organisasi,

Komunikasi Perusahaan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Liliweri, Alo. (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta : Prenada Media Group.

Mayfield, A. (2008). What is Social Media? UK: iCrossing. Dokumen. Diakses 17 Juni 2015. http://www.icrossing.co.uk.

Meladia, M.Nadjib., & M.Akbar. (2017). Penggunaan Hashtag (#)Akun Twitter Direktorat Jenderal Pajak Dalam Upaya Membangun Kesadaran Membayar Pajak. Vol.6 No.2. Hal 242- 246. Universitas Hasanudin.

Mulyana, Deddy. (2014). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Cetakan ke 18. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

McQuail, Dennis. (2010). Mass Communication Theory, 6th Edition. London: Sage Publication Ltd

Nofi Permatasari, Danang Trijayanto. (2017). Motif Eksistensi Melalui Penggunaan Hashtag (#Ootd) Di Media Sosial Instagram. Vol Ke- 3, No. 2. Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta.

Nurjaman, Kadar dan Khaerul Umam. 2012. Komunikasi & Public Relations. Bandung: CV Pustaka Setia.

Perdana, M. I. (2018). Efektivitas Akun Sosial Media Twitter Pemerintah Kota Bekasi @Pemkotbekasi Terhadap Kebutuhan Informasi Masyarkat Kota Bekasi. Bandung.

Universitas Telkom.

Ria, Yunita. (2019). Aktivitas Pengungkapan Diri Remaja Putri Melalui Sosial Media Twitter. Vol.10 No.1. Universitas Bina Sarana Informatika.

Sarwono, Sarlito Wirawan. (1983). Pengantar Umum Psikologi. Jakarta: TNP.

Sisca Wulandari., Qoute, Nuraini C., & David, Rizar Nugroho. (2019). Pengaruh Kampanye Komunikasi Pada Gerakan “Bogoh Ka Bogor” Terhadap Perubahan Sikap Masyarakat (Studi Kasus Kecamatan Bogor Tengah. Vol 1 No. 2. Universitas Pakuan Bogor.

Sugiyono. (2002). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta: Bandung.

Sugiyono. (2010), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R& D. Alfabeta: Bandung.

https://inet.detik.com/cyberlife/d-4907674/riset-ada-1752-juta-pengguna-internet-diindonesia Tanggal 10 April 2020

https://websindo.com/indonesia-digital-2019-media-sosial/ Tanggal 10 April 2020

https://www.cnbcindonesia.com/news/20200312075307-4-144247/who-nyatakan-wabahcovid-19-jadi-pandemi-apa-maksudnya Tangal 20 Mei 2020

https://www.kompas.com/tren/read/2020/04/10/083100265/update-virus-corona-di-dunia-

-april--1-6-juta-orang-terinfeksi-355.671 Tanggal 20 Mei 2020

https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/13/111245765/kasus-pertama-virus-coronadi-china-dilacak-hingga-17-november-2019?page=3 Tanggal 21 Mei 2020

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200330102940-37-148375/mengenal-apa-ituvirus-corona-cirinya-versi-who Tanggal 21 Mei 2020

https://www.liputan6.com/bola/read/4215810/7-cara-penularan-virus-corona-covid-19-dilingkungan-terdekat Tanggal 25 Mei 2020

Downloads

Published

01-10-2020

Issue

Section

Articles

How to Cite

EFEKTIVITAS KAMPANYE PENGGUNAAN HASHTAG #dirumahaja PADA SOSIAL MEDIA TWITTER TERHADAP PERILAKU MAHASISWA DALAM MENYIKAPI PANDEMI COVID-19. (2020). BroadComm, 2(2), 83-92. https://doi.org/10.53856/bcomm.v2i2.213

Similar Articles

51-60 of 83

You may also start an advanced similarity search for this article.