TERPAAN PEMBERITAAN COVID 19 DI INSTAGRAM TERHADAP PERUBAHAN INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS GUNADARMA

Authors

  • Choirul Umam Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
  • Andhini Nur Aini Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.53856/bcomm.v3i1.217

Keywords:

Terpaan Berita, Covid-19, Interaksi Sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Terpaan Pemberitaan Covid 19 Di Instagram Terhadap Perubahan Interaksi Sosial Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif, dimana peneliti melakukan penelitian dengan cara menyebarkan kuesioner. Teori yang digunakan peneliti adalah SOR Stimulus-Organism-Respons. Serta paradigma yang digunakan adalah positivisme. Hasil penelitian menunjukan bahwa  terpaan pemberitaan covid 19 di instagram berpengaruh terhadap perubahan interaksi sosial mahasiswa fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarama angkatan 2017. Besarnya pengaruh terpaan pemberitaan covid 19 di instgaram terhadap perubahan interaksi sosial mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma memiliki nilai yang positif. Saran dari peneliti adalah dengan adanya hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan secara akademis kepada mahasiswa/I dalam menggunakan instagram untuk mencari informasi agar lebih bijak, terlebih dalam melakukan interaksi sosial terhadap sesama pengguna. Agar terhindar dari masalah-masalah yang kemungkinan dapat terjadi karena menggunakan dengan tidak baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Nur. (2014). Komunikasi Sebagai Proses Interaksi dan Perubahan Sosial dalam Dakwah. Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam. Vol 2 (2)

Ardianto, Elvinaro. (2014). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Biagi, Sherly. 2010. Media/Impact: An Introduction to Mass media, 9th. Penerjemah Mochmmad Irfan dan Wulung Wira M. 2010. Media/Impact: Pengantar Media Massa, Edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika

Effendy, O. U. (2009). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Gerungan (2010). Psikologi Sosial. Bandung : PT. Refika aditama

Ilahi, Wahyu. (2010). Komunikasi Dakwah. Bandung: PT.Remaja Rosda Karya Offset.

Kartika, Risma & Detty P.S. (2018). Pengaruh Berita Reportase Investigasi trans TV terhadap Kecemasan Penonton. Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol 8 (3)

Kriyantono, Rachmat. (2008). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Lestari, Tirta. (2015). Pengaruh Terpaan Iklan Televisi Elevenia Terhadap Minat Beli Mahasiswa. Skripsi. Serang: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Michael, Cross. (2013). Leveraging Social Networking While Mitigating Risk: 1st Edition, Syngress

Neuman W. Lawrence. 2011. Social Research Methods Qualitative and quantitative approaches 7th edition. Boston : Pearson.

Sandjaja, Sasa Djuarsa, dkk, 2007, Teori Komunikasi, Jakarta :Universitas Terbuka.

Sarwono, Sarlito W. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Vivian, John. (2008). Teori Komunikasi edisi kedelapan. Jakarta: Prenada Media Grouup

Downloads

Published

01-04-2021

Issue

Section

Articles

How to Cite

TERPAAN PEMBERITAAN COVID 19 DI INSTAGRAM TERHADAP PERUBAHAN INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS GUNADARMA. (2021). BroadComm, 3(1), 35-44. https://doi.org/10.53856/bcomm.v3i1.217

Similar Articles

41-50 of 56

You may also start an advanced similarity search for this article.