POTRET DIRI (SELFIE) DI INSTAGRAM: KONTRIBUSI MEDIATED-SELF DISCLOSURE PADA HARGA DIRI REMAJA PENGGUNA INSTAGRAM

Authors

  • Ocvita Ardhiani Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
  • Intaglia Harsanti Fakultas Psikologi, Universitas Gunadarma
  • Reni Fitriani Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.53856/bcomm.v5i1.246

Keywords:

Self Disclosure, Harga Diri, Remaja, Pengguna Instagram, Potret Diri

Abstract

Peralihan diri individu memasuki masa remaja dapat menentukan harga diri individu tersebut. Pembentukan harga diri dapat dipengaruhi oleh dukungan keluarga dan lingkungan masyrakat, saat ini lingkungan masyarakat tidak terlepas dengan perkembangan teknologi, internet dan penggunaan media sosial di Indonesia yang semakin meningkat setiap tahun. Hal tersebut memunculkan cara berkomunikasi baru dengan tujuan untuk eksistensi dan aktualisasi diri remaja pengguna media sosial seperti potret diri atau Selfie. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh mediated–self disclosure terhadap harga diri pelaku selfie pada remaja pengguna instagram. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner, berupa skala self disclosure berdasarkan aspek The Development of the Self-disclosure Scale dan skala harga diri yang dikemukakan oleh Coopersmith. Responden dalam penelitian berjumlah 152 orang remaja pelaku selfie dan menggunakan instagram yang kemudian peneliti bagi kedalam karakteristik usia 12 sampai 22 tahun, memiliki akun instagram, pernah posting foto atau video selfie di instagram. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan terdepat kontribusi mediated – self disclosure sebesar 11,7% terhadap harga diri. Hal ini menunjukkan bahwa Pengungkapan diri termediasi komputer memiliki pengaruh pada harga diri. Pengungkapan diri termediasi komputer sebagai salah satu cara komunikasi individu melalui internet memiliki peran penting dalam membentuk dan menentukan harga diri pengguna media sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amurao, R. M., & Castronuevo, E. (2016). Selfie behavior and narcissism among selected females. The Bedan Journal Of Psychology, 1, 24–33.

APJII. (2022). Profil Internet Indonesia 2022 Indonesian Internet Profile 2022.

Barata, M. S., & Umi A.I. (2013). Hubungan Antara Keterbukaan Diri dan Harga Diri Dengan Penyesuaian Diri Remaja Pondok Pesantren Persis Putri Bangil Pasuruan. Jurnal Character, 02(01).

Devito, J. A. (2015). The Interpersonal Communication Book. Pearson Education.inc.

Dewi, E. (2009). Hubungan Antara Harga Diri dengan Kecenderungan Metroseksual pada Pria Dewasa Awal . Universitas Sanata Dharma.

Forest, A. L., & Joanne V.W. (2012). When Social Networking Is Not Working: Individuals With Low Self – Esteem Recognize But Do Not Reap The Benefits Of Self – Disclosure On Facebook. Psycological Science Research Article.

Handayani, N. (2015). Hubungan antara kontrol diri dengan narsisme pada remaja pengguna facebook. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hidayat, K., & Khoiruddin B. (2016). Psikologi Sosial: Aku, Kami dan Kita. Erlangga.

Hurlock, E. B. (2002). Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Edisi keli). Erlangga.

Jemandu, L., & Prastya, D. (2022, October 1). Jumlah Pengguna Media Sosial Indonesia Capai 191,4 Juta per 2022. Suara.Com. https://www.suara.com/tekno/2022/02/23/191809/jumlah-pengguna-media-sosial-indonesia-capai-1914-juta-per-2022

Jihad, M. Rasyid, Noviawan. et all. 2022. Komunikasi Verbal Pelatih dan Murid Perguruan Wingchun Harimau Besi dalam Meningkatkan Kemampuan Beladiri. Jurnal Broadcasting Communication Vol 4 No 2 Oktober 2022.

Kristanti, SA., & Eva, Nur. (2022). Self-esteemdan Self-disclosure Generasi Z Pengguna Instagram. Jurnal Penelitian Psikologi , 13(1).

Kusuma, T. I. (2020). Hubungan Antara Self Esteem Dengan Self Disclosure Siswa SMA Pengguna Instagram di Surakarta Pada Masa Pandemi Covid 19. Publikasi Ilmiah Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kuswandi, & Alfianto, Rian. (2022). Alasan Foto Selfie Ghozali Everyday NFT Bisa Raup Uang Miliaran . Jawapos.Com. 09/03/2023https://www.jawapos.com/oto-dan-tekno/teknologi/13/01/2022/alasan-foto-selfie-ghozali-everyday-nft-bisa-raup-uang-miliaran/?page=2

Liliweri, A. (2015). Komunikasi Antarpersonal. Prenadamedia Group.

Magno, C., Sherwin. C., & Christine F. (1998). The development of the self disclosure scale. De La Salle University.

Munthe, S. (2022). Wali Kota Depok Raih Penghargaan Top Digital dan Top Leader Implementation. Poskota.Co . https://poskota.co/berita-utama/wali-kota-depok-raih-penghargaan-top-digital-dan-top-leader-implementation/

Murk, C. J. (2006). Self-Esteem Research,Theory, and Practice Toward a Positive Psychology of Self-Esteem. Springer Publishing Company, Inc.

Mustajab, R. (2023, January 23). Indonesia Miliki 97,17 Juta Pengguna Instagram hingga Akhir 2022. Dataindonesia.Id. https://dataindonesia.id/digital/detail/indonesia-miliki-9717-juta-pengguna-instagram-hingga-akhir-2022

Okviana, Lenie & Audrey, Shifa. 2021. Pengaruh Komunikasi Verbal “Catcalling” terhadap Kepercayaan Diri Wanita Berjilbab di Kota Depok. Jurnal Broadcasting Communication Vol 3 No 2 Oktober 2021.

Pangastuti, H. (2015). Hubungan antara narsisme dengan presentasi diri pada pengguna jejaring sosial facebook . Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Pearson, M. L. (1981). The effect of setting and gender on self – disclosure. Group Organization Management, 6, 334–340.

Reis, H. T. (2012). Encyclopedia of psychology. Oxford University Press.

Sorokowski, P., Sorokowska, A., Oleszkiewicz, A., Huk, A., & Pisanski, K. (2015). Selfie posting behaviors are associated with narcissism among men. Elsevier: Personality and Individual Differences . 123–127.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Taddicken, M. (2013). The ‘privacy paradox’ in the social web: The impact of privacy concerns, individual characteristics, and the perceived social relevance on different forms of self-disclosure. Journal of Computer Mediated Communication Institute of Journalism and Communication Research.

Downloads

Published

01-04-2023

Issue

Section

Articles

How to Cite

POTRET DIRI (SELFIE) DI INSTAGRAM: KONTRIBUSI MEDIATED-SELF DISCLOSURE PADA HARGA DIRI REMAJA PENGGUNA INSTAGRAM. (2023). BroadComm, 5(1), 1-13. https://doi.org/10.53856/bcomm.v5i1.246

Similar Articles

11-20 of 53

You may also start an advanced similarity search for this article.