PEMBENTUKAN PERSONAL BRANDING MELALUI STORY TELLING (STUDI PADA AKUN INSTAGRAM IVY WIJAYA)

Authors

  • Anastasya Mary Priskila Fakultas Ilmu Komunkasi, Universitas Gunadarma
  • Ocvita Ardhiani Fakultas Ilmu Komunkasi, Universitas Gunadarma
  • Paujiatul Arifah Fakultas Ilmu Komunkasi, Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.53856/bcomm.v6i1.347

Keywords:

Komunikasi Media Sosial, Personal Branding, Storytelling, Teori TransMedia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pembentukan storytelling sebagai strategi personal branding di media sosial. Fokus penelitian ini adalah pada akun Instagram Ivy Wijaya, seorang content creator dan Co-Founder dari Ali Kopi. Menggunakan pendekatan Teori Transmedia penelitian ini menganalisis storytelling yang dijadikan sebuah strategi baru dalam membangun citra personal di platform Instagram. Metode kualitatif dan paradigma konstruktivisme digunakan dalam penelitian dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan utama adalah pemilik akun Ivy Wijaya, manager serta followers dari akun Instagram Ivy Wijaya. Penelitian ini akan memberikan kontribusi penting dalam mendapatkan pemahaman yang mendalam dalam komunikasi di media sosial terutama mengenai personal branding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan storytelling dan personal branding di Instagram oleh Ivy Wijaya telah menjadi strategi yang efektif dalam membangun citra personal yang positif. Strategi ini tidak hanya menciptakan narasi yang mendalam dan menarik, tetapi juga membangun keterlibatan yang kuat dengan pengikutnya. Implikasi penelitian ini mencakup panduan praktis untuk individu atau merek yang ingin memanfaatkan storytelling sebagai strategi personal branding di media sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aqshalnawitri, D., Reanata, D. M., & Santika, N. A. (2023). Analisis Pelaksanaan Event Workshop Pentingnya Membangun Personal Branding di Media Sosial. Jurnal Socia Logica, 2(1), 44–50.

Farghani, N., & Christin, M. (2022). PENERAPAN TRANSMEDIA STORY TELLING UNTUK PERSONAL BRANDING ARIEF MUHAMMAD DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. E-Proceeding of Management.

Haroen, D. (2014). Personal Branding: Kunci Kesuksesan Anda Berkiprah di Dunia Politik. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Jenkins, H. (2006). Convergence Culture: Where Old and New Media Collide. NYU Press.

Kriyantono, R. (2012). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Kencana Prenada Media Group.

Mahris, M. D., & Umam, C. (2023). PENGARUH KONTEN KREATOR @VMULIANA TERHADAP KETERAMPILAN PUBLIC SPEAKING FOLLOWERS DI TIKTOK. BroadComm, 5(1), 39–47. https://doi.org/10.53856/bcomm.v5i1.249

Montoya, P., & Vandehey, T. (2008). The Brand Called You: Make Your Bussiness Stand Out in a Crowded Market Place. McGraw-Hill.

O’Brien, T. (2007). The Power of Personal Branding: Creating Celebrity Status with Your Target Audience (First Edition). Mendham Publishing.

Patton, M. Q. (2002). Qualitative Research and Evaluation Methods (3rd Edition). Sage Publications.

Pratiwi, T., Wahdini, A., & Adrian, A. (2020). Penggunaan Instagram Sebagai Transmedia Storytelling Pada Semesta “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini.” MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 36–42. https://doi.org/10.35326/medialog.v3i2.739

Pratten, R. (2015). Getting started with transmedia storytelling: A practical guide for beginners (2nd edition). CreateSpace Independent Publishing Platform.

Rahayu, W. S. B., & Pradana, B. I. (2016). Penggunaan Storytelling Dalam Iklan LINE Webtoon Pada Sikap Pengguna. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 5(2).

Rahmawatiningtyas, E. (2020). Penerapan Storytelling Penggalan Kisah Soekarno Melalui Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Sosial Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kademangan. Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 12(1), 41. https://doi.org/10.46339/foramadiahi.v12i1.257

Satyagraha, A., & Frederick K H, G. (2020). STUDI PENERAPAN TRANSMEDIA STORYTELLING PADA IP KARAKTER DARTH VADER. Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual, 13(1), 75–83. https://doi.org/10.31937/ultimart.v13i1.1556

Statista. (2023). Preferred Types of Content on Instagram According to Users Worldwide as of April 2023. Https://Www.Statista.Com. https://www.statista.com/statistics/1310997/instagram-most-liked-type-of-content-worldwide/

We Are Social Indonesia. (2024). Digital 2024 Global Overview Report: The Essential Guide to the World’s Connected Behaviours . Https://Wearesocial.Com . https://wearesocial.com/id/blog/2024/01/digital-2024/

Downloads

Published

01-04-2024

Issue

Section

Articles

How to Cite

PEMBENTUKAN PERSONAL BRANDING MELALUI STORY TELLING (STUDI PADA AKUN INSTAGRAM IVY WIJAYA). (2024). BroadComm, 6(1), 13-24. https://doi.org/10.53856/bcomm.v6i1.347

Similar Articles

21-30 of 84

You may also start an advanced similarity search for this article.