STUDI NETNOGRAFI MANAJEMEN PRIVASI KOMUNIKASI PENGGUNA LAYANAN E-KONSELING IBUNDA
DOI:
https://doi.org/10.53856/bcomm.v1i2.192Keywords:
Komunikasi Interpersonal, Pengguna, Privasi, E-counselling, NetnographyAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses manajemen privasi komunikasi pengguna/klien terhadap e-conseling yaitu konseling melalui media online. Peneliti mencoba mengungkap dan menganalisis cara pengguna/klien mengelola privasinya di media online, yaitu layanan e-conseling bernama Ibunda. Kegiatan penyuluhan dilakukan melalui komunikasi jarak jauh yang dimediasi oleh LINE, WhatsApp dan website. Pengguna/klien tidak bertemu langsung dengan psikolog/konselor. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif karena mencoba menjelaskan bagaimana proses manajemen privasi komunikasi dilakukan. Menggunakan paradigma konstruktivis dengan strategi penelitian netnografi. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian menggunakan purposive sampling dan diperoleh 6 pengguna pengguna/klien dari e-conselling “Ibunda”. Hasil penelitian menemukan bahwa pengguna/klien mengatur informasi pribadinya melalui beberapa proses, yaitu pengguna/klien percaya bahwa informasi pribadinya adalah miliknya, kemudian pengguna / klien mengikuti aturan privasi yang mereka miliki untuk mengungkapkan informasi pribadi, kemudian pengguna / klien menjadi terbuka dan percaya pada Ibunda, setelah itu pengguna / klien dan Ibunda mengoordinasikan batasan privasi bersama, dan akhirnya tidak ada pihak yang melanggar batas, oleh karena itu hubungan yang terjalin antara pengguna/klien dengan Ibunda tetap terjaga dengan baik.
Downloads
References
Bungin, B. (2008). Sosiologi Komunikasi Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Kencana.
Creswell, J. W. (2012). Research Design. Binas Aksara.
Creswell, J. W. (2014). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Pustaka Pelajar.
Devito, J. (1997). Komunikasi Antarmanusia. Professional Books.
Griffin, E. (2011). A First Look at Communication (Theory 8th). McGraw Hill.
Holmes, D. (2012). Teori Komunikasi: Media, Teknologi, dan Masyarakat. Pustaka Pelajar.
Kozinet, R. V. (2010). Netnography: Doing Etnography Research Online. SAGE Publication.
Nasrullah, R. (2014). Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Kencana Prenada Media Group.
Neumann, L. W. (2006). Social Research Methods: Qualitatif and Quantitatif Research. University of Wisconsin.
Creswell John W. (2010). Riset Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Effendy, Onong Uchjana. (1992). Ilmu Komunikasi, Teori dan prektek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Flew, Terry. (2002). New Media: An Introduction. New York: Oxford University Press.
Gibson R L, Mitchell Marianne H. (2011). Bimbingan dan Konseling. Edisi Indonesia Edisi Ketujuh. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kriyantono, Rachmat. (2006). Teknik Praktik Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.
Littlejohn, W Stephen. (2012). Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika.
McLeon, John. (2008). Pengantar Konseling (Teori dan Studi Kasus) Edisi Ketiga. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
McQuail, Denis. (2011). Teori Komunikasi Massa Mcquail Edisi 6 Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika
Miles, M.B, Huberman, A.M. (1994). Qualitatif Data Analysis 2nd edition. USA: Sage Publication.
Mulyana, Deddy. (2010). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
______________. (2017). Etnografi Virtual: Riset Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi di Internet. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Prayitno, Erman Amti. (1994). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
__________________. (2009). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta
Rulliana, Poppy. (2014). Komunikasi Organisasi: Teori dan studi Kasus. Jakarta: Rajawali Press
West, Richard dan Lynn H. Turner. (2009). Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi. Edisi Ketiga buku 1. Jakarta: Salemba Humanika.
_____________. (2013). Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi. Edisi Ketiga buku 2. Jakarta: Salemba Humanika.
Caravita, Simona C.S, Blassio, Paola Di. (2008). Unique and Interactive Effects of Empathy and Social Status of Involvement in Bullying.
Matthews, M: Doherty, G: Sharry J & Fitzpatrick, C. (2008). Mobile Phone Mood Charting for Adolescents. British Journal of Guidance & Counselling
Nuriyati, Dinda, Noviawan. (2017). Konstruksi Pendidikan Virtual: Studi Netnografi Pembelajaran pada Facebook. Prosiding Konferensi Nasional Komunikasi.
Prasetno, Rizal Yugi, Djunaidi. (2015). Implementasi E-konseling pada Social Learning Network. Edu Komputika Journal Vol. 2 No. 2
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Rahadian Marva Utami, Evan Saktiendi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.