WHATSAPP GROUP DAN PENGARUHNYA TERHADAP PEMENUHAN INFORMASI KARIER BAGI MAHASISWA TINGKAT AKHIR
DOI:
https://doi.org/10.53856/bcomm.v5i1.250Keywords:
Kebutuhan Informasi, Mahasiswa, Whatsapp Group, Peluang KarierAbstract
Komunikasi merupakan sebuah proses penyampaian informasi antara komunikator dengan komunikan secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan media. Whatsapp merupakan salah satu media social yang dapat digunakan untuk bertukar informasi tanpa harus bertemu tatap muka secara langsung. Pembatasan dan kebiasaan selama Pandemi Covid 19 menjadikan media sebagai sumber informasi utama bagi masyarakat. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Whatsapp Group (WAG) terhadap pemenuhan kebutuhan informasi peluang karier bagi mahasiswa tingkat akhir di Universitas Gunadarma. Penelitian ini menggunakan paradigma positivistic dengan metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Whatsapp Group terhadap pemenuhan kebutuhan informasi Peluang Karier Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir di Universitas Gunadarma. Melalui WAG, mahasiswa tingkat akhir Universitas Gunadarma sudah mulai melakukan pencarian peluang kerja atau karir, berbagi informasi peluang kerja, sehingga setelah lulus akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidang keilmuan mereka.
Downloads
References
Anoraga. (1992). Psikologi Kerja. Rineka Cipta.
Atkin, C. (1973). Instrumental utilities and information seeking. In New models for mass communication research. Sage.
Boeky, C. A., Juvano, E., Reviano, M., Rahmat, M. E., Subagja, R., & Irwansyah. (2019). PENGARUH MEDIA SOSIAL LINE GROUP TERHADAP EFEK SOSIAL . Jurnal Lingkar Studi Komunikasi , 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.25124/liski.v5i1
Effendy, O. U. (2000). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. PT. Citra Aditya Bakti.
Eka, Sendi. Tis, Bramudi & Okviana, Lenie. 2022. Pengaruh Kualitas Layanan dan Informasi Website BAAK terhadap Kepuasan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma. Jurnal Broadcasting Communication Vol 4 No 2 Oktober 2022.
Fuchs, C. (2014). Social Media: a Critical Introduction. Sage.
Guha. (1978). Documentation and Information. The World Press Private Limited.
Herlinda & Putri, Gita. 2020. Pengaruh Intensitas Mengakses Shopee terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma. Jurnal Broadcasting Communication Vol 2 No 2 Oktober 2020.
McQuail, D. (2011). Teori komunikasi Massa (Edisi 6). Salemba Humanika.
Moekijat. (1992). Administrasi Gaji Dan Upah. Mandar Maju.
Prihantoro, E., Ramadhani, R. W., Haryanti, D. A., & Ningsih, T. W. R. (2022). Analisis faktor pendukung knowledge sharing menggunakan Whatsapp dan Line group saat pandemi Covid-19 . Jurnal Manajemen Komunikasi , 6(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mujiyana, Edy Prihantoro, Vani Sugiani, Sariyati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.