PENGARUH KONTEN TIKTOK TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI (STUDI PADA AKUN @VMULIANA)
DOI:
https://doi.org/10.53856/bcomm.v5i2.335Keywords:
Konten TikTok, Kebutuhan Informasi, Karier dan PerusahaanAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh konten TikTok @vmuliana terhadap kebutuhan informasi. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melakukan survei dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Responden dalam penelitian ini adalah para pengikut akun TikTok @vmuliana dengan jumlah sampel dihitung menggunakan rumus Slovin, jumlah responden sebanyak 100 orang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Uses and Gratification yang mempunyai asumsi bahwa penggunaan media berperan aktif dalam memilih dan menggunakan media mana yang tepat untuk memenuhi kebutuhannya, dalam hal ini kebutuhan informasi. Berdasarkan hasil penelitian terhadap 100 responden, penelitian ini menunjukkan bahwa t hitung sebesar 26,367 sedangkan t tabel sebesar 1,660 sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai t hitung > t tabel atau 26,367 > 1,660 maka penjabarannya menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh isi. TikTok @vmuliana terhadap kebutuhan informasi mempunyai korelasi yang rendah. Dengan keterbatasan penelitian ini, peneliti selanjutnya dapat menggunakan aspek lain yang dapat menyempurnakan penelitian ini.
Downloads
References
Ardya, M., Ohorella, N. R., Prihantoro, E., & Wahyu, Tri. (2023). Aplikasi Jaki sebagai Media Pengaduan Sarana Umum di Kelurahan Jatinegara. Jurnal Badati Ilmu Sosial & Humaniora, 8(1).
Damayanti, N., & Ningsih, C. (2020). Digital Humas Pemerintah dalam Menyampaikan Informasi Edukasi Pencegahan Covid19 di Indonesia. Jurnal Pustaka Komunikasi, 3(2).
Effendi. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Citra Aditya Bakti.
Mahris, M. D., & Umam, C. (2023). Pengaruh Konten Kreator @Vmuliana Terhadap Keterampilan Public Speaking Followers Di Tiktok. BroadComm, 5(1), 39-47.
McQuail, D. (2011). Teori komunikasi Massa (Edisi 6). Salemba Humanika.
Nicholas, D. (2000). Assessing Information Needs: tools, techniques and concepts for the Internet Age. Aslib imi.
Nurudin. (2004). Komunikasi Massa. Cespur.
Optiana, Rista. 2020. Pengaruh Konten Vlog Youtube Akun Ria SW Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi. Universitas Gunadarma.
Pancasila J. Keindonesiaan 71–82, 102.
Prihantoro, E., & Ohorella, N. R. (2020). Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Kampanye Gerakan Cuci Tangan Sesuai Panduan WHO Terhadap Kesadaran Hidup Sehat Mahasiswa. Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 144–153. https://doi.org/10.35760/mkm.2020.v4i2.3602
Puspita, N. A. 2022. Efektivitas Media Sosial Akun Instagram @detikcom dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi. J. PIKMA Publ. Ilmu Komunikasi. Media Dan Cine. 4, 112–117.
Puspitadewi, I., Erwina, W., & Kurniasih, N. (2016). Pemanfaatan “Twitter TMCPoldaMetro dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Para Pengguna Jalan Raya. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 4, 21–28. http://jurnal.unpad.ac.id/jkip/article/view/11625
Putri, A. Eka. 2020. Pengaruh Konten Akun Instagram @jktinfo terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Lalu Lintas Followers (Survei Terhadap Followers Akun Instagram @jktinfo). XXV, 129–141 (202AD).
Rafiudin, R. (2006). Sistem Komunikasi Data Mutakhir. CV Andi Offset.
Siregar, H. 2022. Analisis Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Sosialisasi Pancasila.
Sutrisno, A. P. & Mayangsari, I. D. 2022. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram @humasbdg Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. J. Common 5, 118– 133.
Thaha, H. 2003. Media Massa dan Masyarakat Modern. Al-Tajdid I, 26.
Trianita, Y. Nasher, A. & Marina. 2021. Pengaruh Konten Tiktok Dr. Yessica Tania (@Dr.Ziee) Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pada Followers. J. Ilmu Komunikasi. 12, 54– 65.
Watie, E. D. S. 2016. Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media).
West, R., & Turner, L. H. (2010). Introducing Communication Theory: Analysis and Application. McGraw Hill.
Yusup, P. M. (1995). Pedoman Praktis Mencari Informasi. Remaja Rosdakarya.
“Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022”, diakses pada tanggal 16 Oktober 2022 melalui alamat https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial- di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022
”Pengguna TikTok Terus Bertambah sampai Kuartal I 2022” diakses pada tanggal 1 November 2022 melalui alamat http://bit.ly/3SCZGY4
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Khoirunnisa Ayu Safitri, Yanti Trianita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.