PENGARUH RED VELVET SEBAGAI BRAND AMBASSADOR AZARINE TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA MARKETPLACE SHOPEE

Authors

  • Alifa Fitry Ananda Akademi Komunikasi Media Radio dan TV Jakarta
  • Ari Muharif Mulyadi Akademi Komunikasi Media Radio dan TV Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.53856/f6y8rq68

Keywords:

Brand Ambassador, Minat Beli, Marketplace, Shopee

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Red Velvet sebagai Brand Ambassador Azarine terhadap minat beli konsumen pada marketplace Shopee. Penelitian dilakukan pada mahasiswa AKMRTV Jakarta angkatan 2022 menggunakan metode kuantitatif dengan uji statistik menggunakan SPSS versi 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Red Velvet sebagai brand ambassador memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen, dengan kontribusi variabel X (Brand Ambassador) sebesar 68,2%, sementara 31,8% dipengaruhi oleh faktor lain seperti kesadaran merek (brand awareness), citra merek (brand image), dan kepribadian merek (brand personality).Pendekatan teori Kredibilitas Sumber dan model komunikasi Vis-CAP digunakan untuk mengevaluasi efektivitas Red Velvet dalam mempromosikan produk Azarine. Teori ini menekankan pentingnya kredibilitas dan daya tarik sumber, sedangkan model Vis-CAP mencakup elemen visibilitas, kredibilitas, daya tarik, dan kekuatan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Red Velvet mampu meningkatkan citra produk Azarine di kalangan konsumen, sehingga mendorong minat beli, terutama melalui platform Shopee.Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk pengembangan strategi pemasaran Azarine dengan memperkuat informasi produk di marketplace Shopee. Peneliti juga menyarankan agar penelitian mendatang mempertimbangkan faktor-faktor lain yang memengaruhi minat beli, seperti brand awareness, brand image, dan brand personality, serta memperluas kajian pada brand ambassador lain untuk hasil yang lebih komprehensif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cangara, H. (2019). Pengantar Ilmu Komunikasi (Edisi Keempat). PT Raja Grafindo Persada.

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice. Pearso.

Depdiknas. (2013). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa (Cet. Kelima). PT Gramedia Pustaka Utama.

Edot.id. (2024). 5 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak di Indonesia pada Awal 2024, Siapa Juaranya? . Edot.Id. https://edot.id/articles/5-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-di-indonesia-pada-awal-2024-siapa-juaranya

Effendy, O. U. (2015). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. PT. Remaja Rosdakarya.

Fimela.com. (2023). Luncurkan Makeup Series, Azarine Cosmetic Gandeng Red Velvet Sebagai Brand Ambassador. Www.Fimela.Com. https://www.fimela.com/beauty/read/5248846/luncurkan-makeup-series-azarine-cosmetics-gandeng-red-velvet-sebagai-brand-ambassador?page=3

Firmansyah, M. A. (2019). PEMASARAN PRODUK DAN MEREK (PLANNING & STRATEGY). CV. PENERBIT QIARA MEDIA.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ginting, R., Agus Yulistiyono, Abdul Rauf, Sardjana Orba Manullang, Albert Lodewyk Sentosa Siahaan, Devi Putri Kussanti, Tri Endi Ardiansyah P.S, Tika Ristia Djaya, Aulia Suminar Ayu, & Faried Effendy. (2021). Etika Komunikasi dalam Media Sosial: Saring Sebelum Sharing. PENERBIT INSANIA.

Kennedy, J. E., & Soemanagara, R. D. (2006). Marketing Communication Taktik & strategi. PT. Bhuana Ilmu Populer.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed). Pearson Education, Inc.

Lubis, M. S. I. (2020). KOMUNIKASI ANTARPRIBADI GURU DAN SISWA DALAM MENCEGAH KENAKALAN REMAJA. Jurnal Network Media , 3(1).

Morissan. (2021). Teori Komunikasi Individu Hingga Massa (Edisi Kelima). Prenada Media Group.

Putri, L. T., Adi Setiawan, Dwika Lodia Putri, & Muhammad Salis. (2023). Marketing Manajemen. EUREKA MEDIA AKSARA.

Royan, F. M. (2005). Marketing selebritis: Startegi dalam iklan dan strategi selebritis memasarkan diri sendiri. PT. Media Elx Komputindo.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan. Alfabeta.

Winata, E. (2023). Konsumen Adalah Orang Yang Memiliki Masalah. Stimsukmamedan.Ac.Id. https://stimsukmamedan.ac.id/konsumen-adalah-orang-yang-memiliki-masalah-by-edi-winata-se-mm/

Zangana, H., Natheer Yaseen Ali, & Ayaz khalid Mohammed. (2024). Navigating the Digital Marketplace: A Comprehensive Review of E-Commerce Trends, Challenges, and Innovations. TIJAB (The International Journal of Applied Business), 8(1), 88–103. https://doi.org/10.20473/tijab.v8.I1.2024.54618

Downloads

Published

30-04-2025

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH RED VELVET SEBAGAI BRAND AMBASSADOR AZARINE TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA MARKETPLACE SHOPEE. (2025). BroadComm, 7(1), 61-73. https://doi.org/10.53856/f6y8rq68