PENGARUH KAMPANYE #BIJAKBERPLASTIK TERHADAP PERUBAHAN SIKAP MENGURANGI PENGGUNAAN PLASTIK (STUDI PADA PRODUK AQUA LIFE DI INSTAGRAM)
DOI:
https://doi.org/10.53856/vhzvyg49Keywords:
Kampanye, Perubahan Sikap, Komunikasi LingkunganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh Kampanye #BijakBerplastik Terhadap Perubahan Sikap Mengurangi Penggunaan Plastik. Metode pada penelitian ini ialah kuantitaif dengan pendekatan desktiptif dan paradigma positivisme. Teori yang digunakan yaitu Uses and Effect. Hasil penelitian ini membuktikan adanya pengaruh signifikan variabel Kampanye #BijakBerplastik terhadap Perubahan Sikap. Hasil uji kolerasi diketahui memiliki hubungan yang kuat, artinya bahwa pengaruh yang terkandung dalam Kampanye #BijakBerplastik dapat di terima oleh followers instagram @sehataqua. Besarnya angka koefesien determinasi adalah 0,403 atau sama dengan 40,3%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Kampanye #BijakBerplastik berpengaruh terhadap Perubahan Sikap Mengurangi Penggunaan Plastik sebsar 40,3% pada Followers Instagram @sehataqua.
Downloads
References
Abdurahman, Muhidin, & Somantri. (2011). Dasar-Dasar Metode Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
Agus, E., Purwani , I., & Nuryani, T. (2017). Analisis Pengaruh Penggunaan Media Baru Terhadap Pola Interaksi Sosial Anak di Kabupaten Sukoharjo. Retrieved from https://journals.ums.ac.id/index.php/humaniora/article/view/5188
Ahmadi, & Hermawati. (2013). E-Business & E-Commerce. Yogyakarta: Andi.
Aidatus, Z. (2023). PENGARUH TERPAAN BERITA BEGAL MOTOR DI MEDIA ONLINE TERHADAP TINGKAT KECEMASAN MASYARAKAT DI BUARAN, DUREN SAWIT, JAKARTA TIMUR.
Alexander , F. (2011). Kitab Suci Web Programing. Yogyakarta: MediaKom.
Alfirahmi. (2019). FENOMENA KOPI KEKINIAN DI ERA 4.0 Ditinjau dari Marketing
0 dan Teori Uses and Effect. Retrieved from http://ojs.stiami.ac.id/index.php/lugas/article/view/410
Anjang, P., Krisyanti, K., & Ilona , V. (2020). Pengaruh Kampanye #PantangPlastik terhadap Sikap Ramah Lingkungan (Survei pada Pengikut Instagram @GreenpeaceID). Retrieved from https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/komunika/article/view/2387
Arief, K. (2021). PENGARUH KAMPANYE #DIET KANTONG PLASTIK TERHADAP SIKAP KHALAYAK MENGURANGI KETERGANTUNGAN TERHADAP
KANTONG PLASTIK ( Survey Pada Follow Akun Instagram IDDKP ). Retrieved from https://journals.upi- yai.ac.id/index.php/IKON/article/view/1213
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsya, Y., Yanuar , L., & Muhammad, B. (2022). Pengaruh Terpaan Kampanye No Plastic Straw dan Tingkat Kesadaran Lingkungan terhadap Perilaku Pengurangan Penggunaan Sedotan Plastik Pada Generasi Z. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi- online/article/view/36133
Asima, O. (2020). KONSTRUKSI MAKNA IKLAN AQUA EDISI ‘’AQUA LIFE’’
#BijakBerplastik, Inovasi pertama di Indonesia. Retrieved from https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/75
Astari, C., Rini, H., Reski, A., Hana, I., & Nurul, A. (2018). KOMUNIKASI DAN MEDIA SOSIAL.
Aulia, N. (2018). PENGARUH INTENSITAS MENGAKSES INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWA-SISWI SMA MUHAMMADIYAH 1 KOTA MAGELANG.
Brianti, N. (2019). Pengahrus Pesan Kampanye #BijakBerplastik terhadap perilaku Ramah Lingkungan (Survei Pada Followers Official Account Instagram @aqualestari).
Bungin, B. (2006). Sosiologi komunikasi: teori, paradigma dan diskursus teknologi komunikasi di masyarakat. Jakarta; kencana prenada media group.
Deborah, M., & Mochammad , K. (2020). Public Relations Strategy on Responding Environmental Issues to Sustain Corporate Image: A Descriptive Study of Danone AQUA's #BijakBerplastik. Retrieved from https://journal.bakrie.ac.id/index.php/Journal_Communication_spectrum/ article/view/1984
Effendy, & Onong, U. (2015). Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek.
Endah, S., & Esty, S. (2019). Penelitian kuantitatif Metode dan Analisis. Yogyakarta: Gosyen Publishing.
Eunji, L., Jung-Ah, L., Jang, H., & Yongjun, S. (2015). Pictures Speak Louder than Words: Motivations for Using Instagram. Retrieved from https://www.liebertpub.com/doi/abs/10.1089/cyber.2015.0157
Ferdinand, & Augusty. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: BP Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.
Gunawan , W. (2017). Media Baru dan Nasionalisme Anak Muda: Pengaruh Penggunaan Media Sosial ‘Good News From Indonesia’ terhadap Perilaku Nasionalisme. Retrieved from https://journal.ugm.ac.id/jurnalpemuda/article/view/39264
Herutomo, C., & S. Bekti, I. (2021). KOMUNIKASI LINGKUNGAN DALAM MENGEMBANGKAN KELESTARIAN HUTAN. Retrieved from
https://mail.journal.moestopo.ac.id/index.php/wacana/article/view/1165 Ismail, N. (2015). Metodologi Penelitian Untuk Studi Islam. Yogyakarta: Samudra Biru. Mulyana, D. (2005). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar .
Nasehudin, Toto , S., & Nanang, G. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Natasha, E. (2018). STRATEGI KOMUNIKASI GURU DI SLB D YPAC BANDUNG DALAM MEMBERIKAN MOTIVASI BELAJAR KEPADA SISWA AUTIS.
Retrieved from https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/238/
Nuri, S., & Safira, P. (2020). Pengaruh Pesan Kampanye No Straw Movement Di Media Sosial Terhadap Perubahan Sikap Publik. Retrieved from http://ojs.stiami.ac.id/index.php/lugas/article/view/937
Prof. Dr. Hafied Cangra, M. S. (1998). Pengantar Ilmu Komunikasi.
Puji, L., Eko , T., Sari, B., & Kusumayudha, B. (2016). KOMUNIKASI LINGKUNGAN UNTUK MITIGASI BENCANA ERUPSI GUNUNG SINABUNG.
Retrieved from
https://jurnalaspikom.org/index.php/aspikom/article/view/98
Puntoadi, D. (2011). Menciptakan Penjualan melalui Sosial Media. Elex Media Komputindo.
Riandyani, R., & Tandiyo, P. (2019). Pengaruh Terpaan Berita Satwa Laut yang Mati Akibat Sampah Plastik dan Kampanye Zero Waste terhadap Perilaku Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi- online/article/view/24930
Robert, C. (2010). Environmental Communication and the Public Sphere. Sage Publication. US.
Sari, A., & Irwansyah. (2020). PERANAN INFLUENCER DALAM MENGKOMUNIKASIKAN PESAN DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM [THE ROLE OF SOCIAL MEDIA INFLUENCERS IN COMMUNICATING MESSAGES USING INSTAGRAM ]. Retrieved from
https://ojs.uph.edu/index.php/PJI/article/view/1929/1000
Sarwono, & Sarlito, W. (2012). Psikologi Remaja. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. Sarwono, S., & Meinarno, E. (2009). Jakarta: Salemba Humanika.
Septiana , P., Ichsan, W., & Rindana, I. (2023). Pengaruh Konten Instagram @petualanganmenujusesuatu Terhadap Sikap Dalam Menjaga Kesehatan mental. Retrieved from http://www.jurnal.minartis.com/index.php/jkomdis/article/view/1155
Siregar, S. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Siti, Q. (2019). Strategy Gerakan #BijakBerplastik PT Danone Aqua Dalam Merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2018. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/article/view/5182
Soehoet. (2002). Teori komunikasi 2. Jakarta; yayasan kampus tercinta - IISIP.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: PT Alfabet. Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: PT
Alfabet.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Alfabet. Sulianti, F. (2019). Keajaiban Sosial Media. PT Elex Media Komputindo.
Tan, E. (2022). PENGARUH KAMPANYE “KENDALIKAN SAMPAH PLASTIK” PADA UNGGAHAN INSTAGRAM @DIPTS.KLHK TERHADAP SIKAP PENGIKUTNYA DALAM MENGURANGI PENGGUNAAN PLASTIK.
Uud, W. (2017). Strategi Komunikasi Lingkungan Dalam Membangun Kepedulian Masyarakat Terhadap Lingkungan. Retrieved from https://ojs.unikom.ac.id/index.php/common/article/view/576
Vanessa, N. (2023). Pengaruh Kualitas Pesan Kampanye #BijakBerplastik terhadap Perubahan Sikap Penggunaan Plastik Sekali Pakai Masyarakat Generasi Z (Survei Kepada Followers Instagram @aqualestari). Retrieved from http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28554.
Vera , P. (2017). Strategi Public Relation PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta&Tangeang dalam Meningkatkan Citra melalui Surat Pembaca&SMS “Pungli dan Suap”.
Zera, E., & Lady, Y. (2023). Pengaruh Intensitas Menonton dan Pesan Kampanye Lingkungan Terhadap Perubahan Sikap (Studi Eksplanatif Followers @Kolling1622). Retrieved from http://journals.upi- yai.ac.id/index.php/IKRAITH- EKONOMIKA/article/download/2871/2107

Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rani Oktaviani, Dwi Agitashera, Wiji Sulestari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.