PENGARUH KAMPANYE #BIJAKBERPLASTIK TERHADAP PERUBAHAN SIKAP MENGURANGI PENGGUNAAN PLASTIK (STUDI PADA PRODUK AQUA LIFE DI INSTAGRAM)

Authors

  • Rani Oktaviani Akademi Komunikasi Media Radio dan TV Jakarta
  • Dwi Agitashera Akademi Komunikasi Media Radio dan TV Jakarta
  • Wiji Sulestari Akademi Komunikasi Media Radio dan TV Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.53856/vhzvyg49

Keywords:

Kampanye, Perubahan Sikap, Komunikasi Lingkungan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh Kampanye #BijakBerplastik Terhadap Perubahan Sikap Mengurangi Penggunaan Plastik. Metode pada penelitian ini ialah kuantitaif dengan pendekatan desktiptif dan paradigma positivisme. Teori yang digunakan yaitu Uses and Effect. Hasil penelitian ini membuktikan adanya pengaruh signifikan variabel Kampanye #BijakBerplastik terhadap Perubahan Sikap. Hasil uji kolerasi diketahui memiliki hubungan yang kuat, artinya bahwa pengaruh yang terkandung dalam Kampanye #BijakBerplastik dapat di terima oleh followers instagram @sehataqua. Besarnya angka koefesien determinasi adalah 0,403 atau sama dengan 40,3%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Kampanye #BijakBerplastik berpengaruh terhadap Perubahan Sikap Mengurangi Penggunaan Plastik sebsar 40,3% pada Followers Instagram @sehataqua.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurahman, Muhidin, & Somantri. (2011). Dasar-Dasar Metode Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

Agus, E., Purwani , I., & Nuryani, T. (2017). Analisis Pengaruh Penggunaan Media Baru Terhadap Pola Interaksi Sosial Anak di Kabupaten Sukoharjo. Retrieved from https://journals.ums.ac.id/index.php/humaniora/article/view/5188

Ahmadi, & Hermawati. (2013). E-Business & E-Commerce. Yogyakarta: Andi.

Aidatus, Z. (2023). PENGARUH TERPAAN BERITA BEGAL MOTOR DI MEDIA ONLINE TERHADAP TINGKAT KECEMASAN MASYARAKAT DI BUARAN, DUREN SAWIT, JAKARTA TIMUR.

Alexander , F. (2011). Kitab Suci Web Programing. Yogyakarta: MediaKom.

Alfirahmi. (2019). FENOMENA KOPI KEKINIAN DI ERA 4.0 Ditinjau dari Marketing

0 dan Teori Uses and Effect. Retrieved from http://ojs.stiami.ac.id/index.php/lugas/article/view/410

Anjang, P., Krisyanti, K., & Ilona , V. (2020). Pengaruh Kampanye #PantangPlastik terhadap Sikap Ramah Lingkungan (Survei pada Pengikut Instagram @GreenpeaceID). Retrieved from https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/komunika/article/view/2387

Arief, K. (2021). PENGARUH KAMPANYE #DIET KANTONG PLASTIK TERHADAP SIKAP KHALAYAK MENGURANGI KETERGANTUNGAN TERHADAP

KANTONG PLASTIK ( Survey Pada Follow Akun Instagram IDDKP ). Retrieved from https://journals.upi- yai.ac.id/index.php/IKON/article/view/1213

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsya, Y., Yanuar , L., & Muhammad, B. (2022). Pengaruh Terpaan Kampanye No Plastic Straw dan Tingkat Kesadaran Lingkungan terhadap Perilaku Pengurangan Penggunaan Sedotan Plastik Pada Generasi Z. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi- online/article/view/36133

Asima, O. (2020). KONSTRUKSI MAKNA IKLAN AQUA EDISI ‘’AQUA LIFE’’

#BijakBerplastik, Inovasi pertama di Indonesia. Retrieved from https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/75

Astari, C., Rini, H., Reski, A., Hana, I., & Nurul, A. (2018). KOMUNIKASI DAN MEDIA SOSIAL.

Aulia, N. (2018). PENGARUH INTENSITAS MENGAKSES INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWA-SISWI SMA MUHAMMADIYAH 1 KOTA MAGELANG.

Brianti, N. (2019). Pengahrus Pesan Kampanye #BijakBerplastik terhadap perilaku Ramah Lingkungan (Survei Pada Followers Official Account Instagram @aqualestari).

Bungin, B. (2006). Sosiologi komunikasi: teori, paradigma dan diskursus teknologi komunikasi di masyarakat. Jakarta; kencana prenada media group.

Deborah, M., & Mochammad , K. (2020). Public Relations Strategy on Responding Environmental Issues to Sustain Corporate Image: A Descriptive Study of Danone AQUA's #BijakBerplastik. Retrieved from https://journal.bakrie.ac.id/index.php/Journal_Communication_spectrum/ article/view/1984

Effendy, & Onong, U. (2015). Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek.

Endah, S., & Esty, S. (2019). Penelitian kuantitatif Metode dan Analisis. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Eunji, L., Jung-Ah, L., Jang, H., & Yongjun, S. (2015). Pictures Speak Louder than Words: Motivations for Using Instagram. Retrieved from https://www.liebertpub.com/doi/abs/10.1089/cyber.2015.0157

Ferdinand, & Augusty. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: BP Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Gunawan , W. (2017). Media Baru dan Nasionalisme Anak Muda: Pengaruh Penggunaan Media Sosial ‘Good News From Indonesia’ terhadap Perilaku Nasionalisme. Retrieved from https://journal.ugm.ac.id/jurnalpemuda/article/view/39264

Herutomo, C., & S. Bekti, I. (2021). KOMUNIKASI LINGKUNGAN DALAM MENGEMBANGKAN KELESTARIAN HUTAN. Retrieved from

https://mail.journal.moestopo.ac.id/index.php/wacana/article/view/1165 Ismail, N. (2015). Metodologi Penelitian Untuk Studi Islam. Yogyakarta: Samudra Biru. Mulyana, D. (2005). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar .

Nasehudin, Toto , S., & Nanang, G. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Natasha, E. (2018). STRATEGI KOMUNIKASI GURU DI SLB D YPAC BANDUNG DALAM MEMBERIKAN MOTIVASI BELAJAR KEPADA SISWA AUTIS.

Retrieved from https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/238/

Nuri, S., & Safira, P. (2020). Pengaruh Pesan Kampanye No Straw Movement Di Media Sosial Terhadap Perubahan Sikap Publik. Retrieved from http://ojs.stiami.ac.id/index.php/lugas/article/view/937

Prof. Dr. Hafied Cangra, M. S. (1998). Pengantar Ilmu Komunikasi.

Puji, L., Eko , T., Sari, B., & Kusumayudha, B. (2016). KOMUNIKASI LINGKUNGAN UNTUK MITIGASI BENCANA ERUPSI GUNUNG SINABUNG.

Retrieved from

https://jurnalaspikom.org/index.php/aspikom/article/view/98

Puntoadi, D. (2011). Menciptakan Penjualan melalui Sosial Media. Elex Media Komputindo.

Riandyani, R., & Tandiyo, P. (2019). Pengaruh Terpaan Berita Satwa Laut yang Mati Akibat Sampah Plastik dan Kampanye Zero Waste terhadap Perilaku Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi- online/article/view/24930

Robert, C. (2010). Environmental Communication and the Public Sphere. Sage Publication. US.

Sari, A., & Irwansyah. (2020). PERANAN INFLUENCER DALAM MENGKOMUNIKASIKAN PESAN DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM [THE ROLE OF SOCIAL MEDIA INFLUENCERS IN COMMUNICATING MESSAGES USING INSTAGRAM ]. Retrieved from

https://ojs.uph.edu/index.php/PJI/article/view/1929/1000

Sarwono, & Sarlito, W. (2012). Psikologi Remaja. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. Sarwono, S., & Meinarno, E. (2009). Jakarta: Salemba Humanika.

Septiana , P., Ichsan, W., & Rindana, I. (2023). Pengaruh Konten Instagram @petualanganmenujusesuatu Terhadap Sikap Dalam Menjaga Kesehatan mental. Retrieved from http://www.jurnal.minartis.com/index.php/jkomdis/article/view/1155

Siregar, S. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Siti, Q. (2019). Strategy Gerakan #BijakBerplastik PT Danone Aqua Dalam Merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2018. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/article/view/5182

Soehoet. (2002). Teori komunikasi 2. Jakarta; yayasan kampus tercinta - IISIP.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: PT Alfabet. Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: PT

Alfabet.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Alfabet. Sulianti, F. (2019). Keajaiban Sosial Media. PT Elex Media Komputindo.

Tan, E. (2022). PENGARUH KAMPANYE “KENDALIKAN SAMPAH PLASTIK” PADA UNGGAHAN INSTAGRAM @DIPTS.KLHK TERHADAP SIKAP PENGIKUTNYA DALAM MENGURANGI PENGGUNAAN PLASTIK.

Uud, W. (2017). Strategi Komunikasi Lingkungan Dalam Membangun Kepedulian Masyarakat Terhadap Lingkungan. Retrieved from https://ojs.unikom.ac.id/index.php/common/article/view/576

Vanessa, N. (2023). Pengaruh Kualitas Pesan Kampanye #BijakBerplastik terhadap Perubahan Sikap Penggunaan Plastik Sekali Pakai Masyarakat Generasi Z (Survei Kepada Followers Instagram @aqualestari). Retrieved from http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28554.

Vera , P. (2017). Strategi Public Relation PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta&Tangeang dalam Meningkatkan Citra melalui Surat Pembaca&SMS “Pungli dan Suap”.

Zera, E., & Lady, Y. (2023). Pengaruh Intensitas Menonton dan Pesan Kampanye Lingkungan Terhadap Perubahan Sikap (Studi Eksplanatif Followers @Kolling1622). Retrieved from http://journals.upi- yai.ac.id/index.php/IKRAITH- EKONOMIKA/article/download/2871/2107

Downloads

Published

30-04-2025

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH KAMPANYE #BIJAKBERPLASTIK TERHADAP PERUBAHAN SIKAP MENGURANGI PENGGUNAAN PLASTIK (STUDI PADA PRODUK AQUA LIFE DI INSTAGRAM). (2025). BroadComm, 7(1), 74-84. https://doi.org/10.53856/vhzvyg49

Similar Articles

11-20 of 92

You may also start an advanced similarity search for this article.