STRATEGI KOMUNIKASI PUBLIK KEBIJAKAN PPKPT DI PERGURUAN TINGGI LLDIKTI WILAYAH 3

Authors

  • Diah Pratiwi Magister Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
  • Tuti Widiastuti Magister Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
  • Yohanes Arie Kuncoroyakti Magister Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.53856/3d87xc46

Keywords:

Strategi Komunikasi, Satgas PPKPT, Informasi, Persuasif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menggambarkan secara mendalam strategi komunikasi publik yang diterapkan oleh Satuan Tugas PPKPT dalam mendiseminasikan informasi kebijakan pencegahan dan penanganan kekerasan di lingkungan perguruan tinggi pada wilayah LLDIKTI III. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini menggunakan Teori Elaboration Likelihood ModEL (ELM) sebagai bagian dari teori komunikasi persuasif. Peneliti melakukan wawancara kepada informan dari satgas PPKPT, dosen dan mahasiswa yang sesuai dengan kriteria penelitian. Penelitian ini menggunakkan metode kualitatif dengan paradigma konstruktivis. Pada penelitian ini menggunakkan tujuh informan yang tersebar di beberapa kampus yang berada di LLDIKTI Wilayah 3.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi persuasif melalui diseminasi informasi menjadi kunci dalam mengubah resistensi menjadi penerimaan. Diseminasi dilakukan dengan menyesuaikan bahasa, media, dan pendekatan sesuai karakteristik audiens, baik melalui jalur formal, hukum, religius, maupun kreatif. Peran mahasiswa sebagai agen perubahan juga terbukti signifikan dalam memperluas jangkauan pesan, baik melalui organisasi kemahasiswaan, peer education, hingga media kreatif seperti podcast dan radio kampus. Diseminasi memastikan kebijakan dipahami dan diterima, sedangkan evaluasi memastikan kebijakan berjalan efektif serta mampu menumbuhkan budaya kolektif anti kekerasan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gibran, R. A., Muhammad Athaya Primananda, Fabhian Halky Syahir, Muhammad Bintang Firdaus, & Handoyo Prasetyo. (2024). OPTIMALISASI SATGAS PPKS UPN “VETERAN” JAKARTA DALAM MENCIPTAKAN LINGKUNGAN PERGURUAN TINGGI YANG AMAN. Causa: Jurnal Hukum Dan Kewarganegaraan, 4(12), 71–80.

Hajar, I. (2023). Metodologi Penelitian Komunikasi Pendekatan Kualitatif. Rajawali Pers.

Littlejohn, S. W., Karen A. Foss, & John G. Oetzel. (2017). THEORIES OF HUMAN COMMUNICATION (Eleventh Edition). Waveland Press, Inc.

Medvi, A., & Syahminan, M. (2024). Strategi Komunikasi Dan Penanggulangan Pelecehan Seksual Dalam Media Sosial Tiktok. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 8(1), 85–97. https://doi.org/10.22437/jssh.v8i1.36526

Nasher, A., & Rahadian, F. (2021). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DI SCIENTIA SQUARE PARK DALAM MENARIK MINAT WISATAWAN REMAJA. BroadComm, 3(2), 39–48. https://doi.org/10.53856/bcomm.v3i2.225

Panjaitan, B. S., & Maimunah. (2022). ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN AKADEMI KOMUNIKASI MEDIA RADIO DAN TV JAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT. BroadComm, 4(1), 69–79. https://doi.org/10.53856/bcomm.v4i1.236

Purnamasica, A. M. (2024). Strategi Komunikasi Satgas PPKS Universitas Atma Jaya Yogyakarta untuk Menyuarakan Isu Gender dan Kekerasan Seksual di Lingkungan Kampus. Https://Ojs.Uajy.Ac.Id/Index.Php/SENAPAS/Article/View/9214.

Putri, S. Z., & Susanti, H. (2024). Strategi Komunikasi Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) Dalam Mensosialisasikan PERMENDIKBUDRISTEKNO 30 Tahun 2021 di Universitas Riau. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 11(2).

Syarif Maulana. (2023). Pengantar Ilmu Komunikasi. Yrama Widya.

Wulandari, H. D., Handayani, A., & Jamal, A. (2024). Keputusan Pembentukan Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) untuk Menangani Kasus Kekerasan Seksual (Studi Kasus Universitas Negeri Surabaya). Jurnal Psikologi, 1(3), 14. https://doi.org/10.47134/pjp.v1i3.2462

Downloads

Published

31-10-2025

Issue

Section

Articles

How to Cite

STRATEGI KOMUNIKASI PUBLIK KEBIJAKAN PPKPT DI PERGURUAN TINGGI LLDIKTI WILAYAH 3. (2025). BroadComm, 7(2), 108-117. https://doi.org/10.53856/3d87xc46

Similar Articles

11-20 of 102

You may also start an advanced similarity search for this article.