INSTA STORY DALAM MEMBINGKAI SELF DISCLOSURE MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.53856/bcomm.v2i1.200Keywords:
Insta Story, Keunggulan, Self Disclosure, Bingkai, KepercayaanAbstract
Pengungkapan diri melalui media sosial sudah menjadi kebiasaan baru bagi mahasiswa. Melalui akun media sosial mereka, mereka menunjukkan identitas mereka yang memiliki kelebihan yang harus diketahui orang lain. Insta story dipilih oleh mahasiswa karena memiliki kelebihan yaitu dapat mengunggah video dan story. Kebebasan berekspresi melalui insta story bisa menjadi sarana pengungkapan diri mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa insta story dapat membingkai pengungkapan diri siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara dengan beberapa siswa yang aktif menggunakan Insta Stories di Instagramnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa menggunakan insta story di Instagram untuk menunjukkan eksistensinya. Melalui insta story siswa bebas berekspresi, menunjukkan aktivitasnya, menunjukkan kemampuannya yang mungkin tidak ditunjukkan dalam kehidupan sehari-hari. Melalui akun media sosialnya, siswa dapat lebih percaya diri dan menjadi dirinya sendiri.
Downloads
References
A Supratiknya. 2016. Tinjauan Psikologis Komunikasi Antar Pribadi. Jogjakarta: Pt. Kansius.
Bambang D Atmoko. 2012. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.
Bittner, John R. 1986. Mass Communication An Introduction. New Jersey: Prenticehall, Englewood Cliffs.
Caleb T Carr, Rebecca A Hayes. 2015. Social Media: Defining, Developing And Divining. Journal of Communication.
Hafied Cangara. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.
Eri Husna Permata. 2017. Instagram Dan Presentasi Diri. Skripsi. Banten: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Fifit Difika. 2016. Dakwah melalui Instagram (studi analisis materi dakwah dalam Instagram Yusuf Mansur, Felix Siauw, Aa Gym, Arifin Ilham). Undergraduate (S1) thesis. UIN Walisongo.
J. R. Raco. 2010. Metode Penelltlan Kualltatlf Jenis, Karakteristik, Dan Keunggulannya. Jakarta: Pt Gramedia Widiasarana Indonesia
Kozinets, R. V. 2002. The Field Behind the Screen: Using Netnography for Marketing Research in Online Communities. Journal of Marketing Research, 61-72.
Kaplan A M, Haenlein M. 2010. Users Of The World, Unite! The Chalangges And Opportunities of Social Media. Bussines Horizon. 53 (1), 59-68.
Kozinets, R. V. 2015. Netnography: Redifined. Los Angeles: SAGE Publications Inc.
Nurudin. 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Pt. Rajagrafindo Persada.
Mcquail, Denis. 2006. Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Alih Bahasa
Oleh Agus Dharma Dan Aminudin Ram. Jakarta: Erlangga.
Pearson J, Nelson P. Et All. 2011. Human Communication. New York: The Mcgraw-Hill Companies
Shiya A Sugiharto, Maulana R Ramadhana. 2018. Pengaruh Kredibilitas Influencer Terhadap Sikap Pada Merk. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi. Universitas Telkom
Steinberg, Lawrence. 2002. Adolescence.Sixth edition. New York: McGraw Hill.Inc
Littlejohn, Foss. 2009. Encyclopedia of Communication Theory. Sage Publications, Inc. 2455 Teller Road Thousand Oaks, California 91320
Muhammad, Ami. 2005. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara
Ni’matillah S. 2015. Self Disclosure Siswa Smp Negeri 19 Surabaya Ditinjau Dari Gender. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Raydista Febriantari. 2019. Instagram Story Sebagai Bentuk Self Disclosure Bagi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jember. Jurnal Ilmu Komunikasi. Jember: Universitas Muhammadiyah Jember.
R D Mahardika, Farida.2019. Pengungkapan Diri Pada Instagram Instastory. Jurnal Studi Komunikasi. Surabaya: Universitas Dr. Soetomo.
Https://M.Liputan6.Com/Tekno/Read/3906736/Instagram-Adlah-Platform- Berbagi-Foto-Dan-Video-Ini-Deretan-Fitur-Canggihnya Diakses Pada 28 Maret 2020 Pukul 00.35
Https://Www.Google.Co.Id/Amp/S/M.Bisnis.Com/Amp/Read/20190629/84/9393 05/Daftar-Pengguna-Instagram-Terbanyak-Di-Dunia-Indonesia-Di-Urutan-Berapa Diakses Pada 28 Maret 2020 Pukul 03.22 Http://Www.Digitalmarketer.Co.Id/Pertumbuhan-Media-Sosial/ Diakses Pada 28 Maret 2020 Pukul 02.01
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Edy Prihantoro, Artha Wiguna, Erny Pratiwi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.