ANALISIS AKTOR DAN SENTIMEN JARINGAN KOMUNIKASI POPULARITAS TOKOH POLITIK PADA WEBSITE DRONE EMPRIT
DOI:
https://doi.org/10.53856/b7wnm302Keywords:
Drone Emprit, Level Aktor, Popularitas Tokoh Politik, SentimenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui level aktor pada jaringan komunikasi dan sentimen jaringan pada cuitan yang berkaitan dengan kata “Popularitas Tokoh Politik” di Twitter. Penelitian ini menggunakan Teori Agenda Setting dengan metode penelitian kualitatif dan paradigma konstruktivisme. Peneliti menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui level aktor dalam jaringan komunikasi terkait "Popularitas Tokoh Politik" di Twitter dan menganalisis jumlah penyebutan dan sentimen yang muncul dari cuitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tokoh dengan banyak mention dan sentimen positif, seperti Ridwan Kamil, menunjukkan pengaruh yang signifikan, sementara tokoh dengan sentimen negatif, seperti AHY, menghadapi tantangan dalam citra publik. Analisis sentimen membantu memahami bagaimana masyarakat merespons keberadaan tokoh politik, mencerminkan dinamika politik yang kompleks di masyarakat. Selain itu, implementasi dari analisis popularitas tokoh politik ini memungkinkan pemantauan real-time terhadap opini publik dan pengembangan strategi komunikasi yang efektif berdasarkan sentimen yang terungkap. Selain itu, penelitian ini berfungsi sebagai alat deteksi dini untuk potensi krisis reputasi dan membantu memahami ekspektasi publik terhadap tokoh-tokoh politik.
Downloads
References
Emprit, D. (2022). POPULARITAS TOKOH POLITIK DI INDONESIA. Drone Emprit. https://pers.droneemprit.id/popularitas-tokoh-politik-di-indonesia-3/
Erayani, A., & Arwani, M. (2020). PERANAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI PARTAI DEMOKRAT. Wacana: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Interdisiplin, 7(2), 173–178. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/Jwcn/article/view/3219
Eriyanto. (2014). Analisis Jaringan Komunikasi. Kencana.
Haryanto, A. T. (2024, January 31). APJII: Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang. Https://Inet.Detik.Com. https://inet.detik.com/cyberlife/d-7169749/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang
Katarzyna. (2024). How to Find Trending Hashtags on X (Twitter) in 2024? . BRAND24. https://brand24.com/blog/trending-hashtags-on-twitter/
Lipppmann, W. (1965). Public Opinion. Mc Millan Publishing Co.
Long, N. (1992). Communication Theories: Origins, Method, and Uses in The Mass Media (3th ed.). Longman Publishing Group.
Neuendorf, K. (2002). The Content Analysis Guidebook, Thousand Oaks. Sage Publications.
PWMU.CO. (2023). Asal-usul Nama Drone Emprit Diungkap Ismail Fahmi di Sini. Pwmu.Co. https://pwmu.co/313271/08/30/asal-usul-nama-drone-emprit-diungkap-ismail-fahmi-di-sini/
Rahman, A. (2022). Popularitas Tokoh Politik Di Indonesia. https://pers.droneemprit.id/popularitas-tokoh-politik-di-indonesia-3/
Taufik, M. (2024). Media Sosial Sebagai Alat Komunikasi dan Informasi Organisasi yang Efektif. Djpn.Kemenkeu.
trends24. (2024). Indonesia X (Twitter) Trends for last 24 hours. Trends24. https://trends24.in/indonesia/

Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Raihan Naufal Aeolia, Yanti Trianita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.