PENGARUH TERPAAN BERITA PERETASAN TOKOPEDIA TERHADAP REPUTASI PERUSAHAAN

Authors

  • Sendi Eka Nanda Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma
  • Winda Widyaningsih Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.53856/bcomm.v3i1.215

Keywords:

Hacks, Perusahaan, Reputasi, Paparan Berita, Tokopedia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh terpaan Tokopedia Hacking News terhadap reputasi perusahaan. Metode penelitian menggunakan metode survei, jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif melalui penyebaran kuesioner dengan purposive sampling. Unit analisis dalam penelitian ini adalah 350 responden yang menggunakan Tokopedia dari total populasi 2.330.000 penduduk Kota Depok dengan menggunakan rumus Slovin. Alat analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana menggunakan aplikasi IBM Statistics versi 25. Penelitian ini menggunakan teori uses and effect yang menjelaskan hubungan antara komunikasi massa yang disampaikan melalui media massa, sehingga menimbulkan efek bagi pengguna media massa. Konsep kegunaan (use) merupakan bagian yang sangat penting atau pokok dari pemikiran ini karena pengetahuan tentang penggunaan media yang menyebabkan atau memberikan cara untuk memahami dan memperkirakan tentang hasil dari suatu proses komunikasi massa. Begitu juga dalam berita peretasan Tokopedia yang tayang memberikan informasi peretasan data yang dialami Tokopedia kepada publik. Pengetahuan ini akan memungkinkan audiens untuk mengambil pelajaran dan informasi dari berita hacking Tokopedia dan secara otomatis menerima efeknya setelah membaca atau menonton berita. Hasil pengujian model regresi untuk seluruh variabel nilai thitung sebesar -7,365 > - 1,960, hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, artinya paparan Tokopedia Hacking News (X) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Reputasi Perusahaan (Y) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terpaan berita peretasan Tokopedia terhadap reputasi perusahaan sebesar 13,5%, sedangkan faktor lainnya dipengaruhi oleh faktor lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Effendi, M. W. (2018). Persepsi Masyarakat Tentang Citra Pemerintah Kota Medan Melalui Akun Media Sosial Instagram (Study Deskriptif Kualitatif Pada Masyarakat Kota Medan Yang Mengikuti Akun Media Sosial Instagram @Humas_Pemkomedan). Universitas Medan Area.

Indriani, M. (2017). Perlindungan Privasi dan Data Pribadi Konsumen Daring pada Online Marketplace System. Justitia Jurnal Hukum, 1(2).

Iswani, Y. (2019). Pengaruh Menonton Program “I Look “Di Net Tv Terhadap Pengetahuan Fashion Siswa Jurusan Tata Busana Smkn 04 Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Mooy, M. M., Warouw, D. M., & Kalangi, J. S. (2019). Pengaruh Terpaan Berita Tragedi Lion Air Terhadap Tingkat Kepercayaan Masyarakat Kelurahan Menembo-Nembo Atas Kec. Matuari Kota Bitung. Acta Diurna Komunikasi, 8(2).

Nugraha, S. (2018). Pengaruh Pemberitaan Transportasi Online Di Media Daring Terhadap Persepsi Mahasiswa Pengguna Go-Jek (Survei Terhadap Mahasiswa Pengguna Jasa Go-Jek Di Tangerang). Universitas Multimedia Nusantara).

Nurrafiqa. (2018). Pengaruh Peretasan Situs web Telkomsel Terhadap Reputasi Perusahaan Telkomsel (Studi Korelasional pada Mahasiswa Universitas Sumatera Utara). Universitas Sumatera Utara.

Rizki, M. A. (2017). Pengaruh Terpaan Media Sosial Instagram Terhadap Citra Destinasi Dan Dampaknya Pada Keputusan Berkunjung (Survei Pada Pengunjung Kampung Warna Warni Jodipan, Kota Malang) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Sakuma, P. (2014). eBay Tidak Beritahu Pelanggan Soal Peretasan. Tempo.Co. https://tekno.tempo.co/read/579790/ebay-tidak-beritahu-pelanggan-soal-peretasan

Sitindaon, J. R. (2017). Pengaruh Reputasi Perusahaan Dan Word Of Mouth Terhadap Niat Menggunakan Situs Online Bukalapak. Universitas Widyatama.

Warta, W. (2017). Manajemen Reputasi. Simbiosa Rekatama Media.

Downloads

Published

01-04-2021

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH TERPAAN BERITA PERETASAN TOKOPEDIA TERHADAP REPUTASI PERUSAHAAN. (2021). BroadComm, 3(1), 12-22. https://doi.org/10.53856/bcomm.v3i1.215